BAGIKAN
Tampilan Eksterior dari "Laview" di Depo Kotesashi (Railway Gazette/Akihiro Nakamura)

Pada Kamis (14/2), operator kereta api (KA) swasta Jepang, Seibu Railway, akhirnya menampilkan kereta luxury-nya bernama “Laview” ke media. KRL ini merupakan rangkaian pertama dari tujuh rangkaian yang akan diproduksi. Rencananya, kereta ini akan beroperasi dari Stasiun Ikebukuro ke Stasiun Seibu-Chichibu mulai pada 16 Maret mendatang. Sebelum itu, KRL ini ditampilkan secara langsung di Depo Kotesashi milik Seibu.

Sebagai kereta flagship baru dari operator Seibu Railway, KRL dengan kode seri 001 ini akan menggantikan KRL seri 1000 “New Red Arrow” yang berjalan di jalur Seibu Shinjuku. Dengan beroperasinya KRL ini, perjalanan layanan tercepat dengan jarak 76,8 km antara Ikebukuro dan Seibu-Chichibu akan ditempuh dalam waktu 80 menit.

Didesain oleh arsitek Kazuyo Sejima dan diproduksi oleh Hitachi, KRL Laview ini akan “berjalan menyatu dengan lingkungan perkotaan dan pedesaan”. Seperti pengumumannya pada Oktober lalu, Seibu menjelaskan arti nama Laview, yaitu L untuk Luxury, A untuk Arrow dan view untuk tampilan jendela ekstra besar yang menawarkan penumpang pemandangan indah yang dilewati. Ujung depan bundar dan kaca depan oval menambah tampilan khas dari KRL ini.

Interior dari Luxury Train “Laview” (Railway Gazette/Kazumiki Miura)
Advertisement Inline

Interiornya diisi oleh kursi kuning dengan konfigurasi 2+2 untuk menambah rasa mewahnya. Meja disediakan di belakang kursi, tetapi kursi dapat diputar berhadap-hadapan (revolving seat). Wi-Fi juga tersedia di dalam kereta dan disetiap kursi terdapat soket pengisian daya. Layar LCD juga ada di setiap kereta yang menunjukkan informasi, berita dan ramalan cuaca, serta menampilkan pemandangan dari depan kereta.

Di kereta ini juga tersedia area kursi roda dan toilet multi-fungsi, bersama dengan ruang khusus wanita yang ada dalam satu kereta.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.