Selasa (13/6), menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi salah satu perusahaan operator Kereta Api Inggris, Great Western Railway serta perusahaan manufaktur Kereta Api (KA) kenamaan Jepang, Hitachi. Pasalnya, pada hari tersebut Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II memutuskan untuk mencoba salah satu rangkaian terbaru milik Great Western Railway buatan Hitachi yaitu rangkaian kereta rel diesel (KRD) Hybrid Class 800.

Pengenalan rangkaian Class 800 ini juga bertepatan dengan 175 tahun beroperasinya Great Western Railway. Rangkaian KA seremonial yang dinaiki Ratu Elizabeth II ini berjalan selama 20 menit dengan rute London – Paddington.

Ratu Elizabeth II didepan rangkaian Class 800

Wakil Presiden Hitachi, Kentaro Masai mengungkapkan bahwa selama di perjalanan, Ratu Elizabeth II sangat senang dan sangat menikmati perjalanan serta fasilitas yang disuguhkan oleh pihak Great Western Railway serta Hitachi. Pada upacara peresmian tersebut, Ratu Elizabeth II menganugerahkan nama pada rangkaian pertama dari Class 800 ini dengan nama Queen Elizabeth II yang dituliskan pada sisi kiri dan kanan rangkaian.

Rangkaian KRD Hybrid Class 800 ini merupakan bagian dari megaproyek perkeretaapian terbesar di Inggris yaitu Intercity Express Programme yang lelang pengadaan sarana keretanya dimenangkan oleh Hitachi. Great Western Railway rencananya akan segera mengoperasikan rangkaian terbaru ini mulai tahun 2017. Class 800 sendiri juga merupakan rangkaian KA terbaru buatan Hitachi dengan konsep A-Train yang masih diusung pabrikan asal Jepang ini. Oleh karena itu, mereka saat ini sedang bekerja untuk merampungkan pesanan dengan jumlah sekitar 369 unit kereta untuk memenuhi program tersebut.

Cemplus Newsline by KAORI | Muhammad Diva Faundra

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.