BAGIKAN

Perusahaan operator kereta api (KA) di Jepang, East Japan Railway Company (JR East) tengah mempersiapkan sebuah layanan perjalanan KA super mewah. Layanan baru kereta ini direncanakan beroperasi pada tahun depan. Nantinya, layanan ini menjadi layanan perjalanan KA dengan tarif tertinggi di Jepang.

Rangkaian KA super mewah yang diberi nama The Train Suite Shiki-Shima (Pulau dengan 4 Musim) ini merupakan rangkaian kereta tidur dengan layanan dan fasilitas setara hotel bintang 5. Satu rangkaian dari kereta berformasi 10 kereta dengan 6 kereta tidur, 1 kereta lounge, satu kereta restorasi, dan 2 kereta observasi yang terletak di kedua ujung rangkaian kereta. 1 dari 6 kereta tidur ini merupakan kereta dengan fasilitas yang lebih mewah dari 5 kereta lainnya. Berikut ini merupakan urutan dari rangkaian kereta mewah ini:

Kereta12345678910
TipeKereta ObservasiKereta TidurKereta TidurKereta TidurLoungeKereta RestorasiKereta TidurKereta TidurKereta TidurKereta Observasi
FasilitasGenerator Diesel3 suites3 suites3 suites 2 Deluxe Suites3 Suites3 suitesGenerator Diesel
Stamformasi dari The Train Suite Shiki-Shima | Sumber: JR East
Stamformasi dari The Train Suite Shiki-Shima | Sumber: JR East

Desain futuristik dari kereta super mewah ini tidak lepas dari campur tangan seorang desainer industri terkenal Jepang, Ken Okuyama. Selain itu, sisi futuristiknya juga ditunjukkan dari sistem penggerak kereta ini. Dengan menggunakan sistem propulsi Hybrid terbaru, kereta ini dapat dioperasikan dengan menggunakan dua sumber tenaga penggerak yang berbeda yaitu dengan menggunakan listrik aliran atas (LAA) atau menggunakan 2 generator diesel yang terletak pada kedua ujung kereta. Sehingga kereta ini dapat berjalan di lintas yang tidak menggunakan LAA.

Advertisement Inline

JR East menawarkan 3 jenis perjalanan dengan kereta ini yaitu perjalanan 2 hari 1 malam dan juga 4 hari 3 malam pada musim semi hingga musim gugur dan perjalanan  3 hari 2 malam pada musim dingin. Harga tiket perjalanan ini akan berkisar ¥320,000 (sekitar Rp40.000.000,00) hingga ¥950,000 (sekitar Rp116.000.000,00). Hal ini membuat kereta Shiki-Shima menjadi perjalanan kereta domestik dengan tarif termahal di Jepang mengalahkan kereta mewah milik Kyushu Railway Company (JR Kyushu), The Seven Stars of Kyushu.

Pemandangan dari dalam kereta observasi | Sumber: jp-rail-sg.com
Pemandangan dari dalam kereta observasi | Sumber: jp-rail-sg.com

Kereta ini akan diberangkatkan dari Stasiun Ueno di Tokyo menuju bagian utara Jepang, seperti daerah Tohoku dan Hokkaido dan akan kembali ke Stasiun Ueno. Apabila memilih tur 4 hari 3 malam, penumpang akan dibawa menuju ke tempat wisata seperti di Stasiun Nikko yang terletak di Prefektur Tochigi dan Stasiun Hakodate di Hokkaido. Di tempat-tempat wisata tersebut, penumpang yang berwisata dengan kereta mewah ini akan disuguhkan budaya Ainu dan juga dapat bersantai di sebuah pemandian air panas yang khas. Selain itu, penumpang juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam saat kereta ini melewati Jalur Gono yang terletak di Prefektur Aomori.

Ilustrasi Interior Kereta Restorasi | Sumber: JR East
Ilustrasi Interior Kereta Restorasi | Sumber: JR East

“Kami menginginkan tur ini dapat berkembang menjadi sebuah produk yang dapat membantu revitalisasi daerah,” Ujar Direktur JR East, Tetsuro Tomita.

Ilustrasi Interior dari kereta tidur termewah dalam rangkaian The Train Suite Shiki-Shima | Sumber: JR East
Ilustrasi Interior dari kereta tidur termewah dalam rangkaian The Train Suite Shiki-Shima | Sumber: JR East

Pemesanan kereta ini untuk tahun depan sudah dapat dilakukan mulai dari tanggal 30 Juni 2016. Untuk rute lengkapnya anda bisa melihat informasinya disini.

Berikut video mengenai kereta super mewah milik JR East ini:

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.