BAGIKAN

Daisuki Japan Festival merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Japan Culture Daisuki sejak tahun 2011. Pada tahun ini, mereka sukses menggelar event bersama dengan kompetisi cosplay nasional ICGP (Indonesian Cosplay Grand Prix).

Pada Minggu 3 Maret lalu, Daisuki Japan Festival 2019 yang diadakan di UMM Dome Malang telah sukses membuat penenggemar anime Jawa Timur, terutama Malang berdetak kagum. Dengan mendatangkan para cosplayer ternama yang beberapa di antaranya menjadi juara ajang cosplay internasional World Cosplay Summit (WCS) seperti Shinku, Jasper Z, Dova, dan Zhuge Kamiya. Dengan kehadiran mereka, diharapkan para penggiat cosplay Jawa Timur dapat terpancing untuk berpartisipasi di ajang cosplay tingkat dunia.

Daisuki japan festival 2019
Dari kiri: Zhuge, Yumaki, Dova, Shinku, Jasper Z .

Dengan tiket masuk seharga 30 ribu rupiah untuk kelas reguler dan 80 ribu ruoiah untuk tiket SP, kita sudah bisa masuk ke acara tersebut. Setelah kita melewati pintu masuk, kita disambut oleh beberapa penjual makanan dan merchendise. Pengunjung dapat langsung khilaf di tempat tersebut. Panggung Daisuki Japan Festival dibagi menjadi 2 tempat, yaitu Main Stage dan Regalia Stage.

Advertisement Inline

Regalia Stage menempati ruangan outdoor di samping area itasha. Saat memasuki UMM Dome, kita langsung disuguhi oleh beberapa komunitas yang ikut berpartisipasi meramaikan acara tersebut. Daisuki Japan Festival juga turut serta membuka booth untuk game baru yang mereka rilis yang berjudul Love Convention. Main Stage dibuka pukul 11.15 WIB dengan penampilan langsung dari Girls Ocean yang kawaii, sedangkan Regalia Stage dibuka pukul 11.00 WIB dengan di buka oleh MC dari Regalia sendiri. Pada saat pukul 12.00 WIB, hujan turun dengan lebat . Meskipun begitu, hal ini tidak bisa menghambat jalannya acara dan antusiasme pengunjung. Di samping itu pengunjung dan cosplayer yang datang saling berswafoto di area acaranya.

Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB, ini saatnya para cosplayer unjuk gigi di acara babak penyisihan ICGP Malang. Para cosplayer saling memamerkan bakatnya agar bisa lolos mengikuti babak final ICGP yang digelar di Jakarta.

Hingga akhirnya pukul 18.30 WIB, juri langsung mengumumkan pemenangnya, di mana tim MASO PRO dan Firdaus Brother yang masing-masing bercosplay menjadi karakter anime Magi: Labyrinth of Magic dan Neon Genesis Evangelion berhasil menjadi juara dan berhak mewakili kota Malang pada babak Grand Final ICGP yang digelar di Jakarta pada Juni 2019 mendatang. Setelah itu para kontestan langsung berfoto bersama. Penonton saling meneriakkan “Jatim Iso, Jatim Iso, Jatim Iso!” untuk menunjukkan bahwa Jawa Timur bisa membawa Indonesia menuju WCS.

Setelah itu acara Daisuki Japan Festival 2019 ditutup oleh penampilan DJ Dyolow untuk Main Stage dan Re:alive untuk Regalia Stage.

Acara Daisuki Japan Festival yang digelar pada tahun ini sukses menarik perhatian para penggemar jejepangan dan para penggiat cosplay di kota Malang dan wilayah Jawa Timur. Tentunya ada harapan gelaran event ini di tahun mendatang akan semakin baik lagu. See you in the next event!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.