BAGIKAN
sao
©KADOKAWA CORPORATION 2019

Pada tanggal 10 April 2019 lalu, serial novel ringan Sword Art Online atau SAO telah berumur 10 tahun. Dalam merayakan ulang tahun novel yang diterbitkan pertamakali di Jepang pada 10 April 2009 lalu tersebut, Dengeki Bunko telah membuka sebuah situs spesial dengan ilustrasi yang digambar langsung oleh abec selaku ilustrator novel Sowrd Art Online.

Melalui situs tersebut, Reki Kawahara selaku penulis dari novel SAO turut membagikan refleksi atas SAO yang sudah berumur 10 tahun. Dalam refleksinya, Kawahara berjuar bahwa targetnya dalam menulis SAO adalah bisa bertahan selama 10 tahun, dan kini target tersebut sudah tercapai. Karenanya ia merasa puas, namun juga merasa kehilangan sesuatu. Dan selama 10 tahun dirinya menulis SAO, rupanya tidak selalu berjalan lancar, di mana pernah ada masanya ia ingin berhenti saja. Namun pada akhirnya, SAO kini telah berusia 10 tahun, dan ia merasa pencapaian ini juga adalah berkat dukungan dari banyak orang. Karenanya Kawahara mengucapkan terima kasih kepada para pembaca, dan pihak-pihak lain yang telah mendukungnya selama ini. Untuk saat ini ia masih belum memiliki target baru yang spesifik, namun ia ingin bisa terus menulis novel selama 15 hingga 20 tahun ke depan.

Sword Art Online merupakan seri novel ringan karya Reki Kawahara (penulis cerita) dan abec (ilustrasi). Dua musim seri anime ini yang diproduksi oleh studio A-1 Pictures telah tayang masing-masing pada tahun 2012 serta 2014. Selain itu seri novel ini juga telah diadaptasi menjadi beberapa judul game. Adaptasi film dari seri ini yang berjudul SAO The Movie: Ordinal Scale telah diputar di Jepang dan Indonesia pada awal 2017 lalu. Adapun serial terbarunya, yaitu Alicization akan tayang kembali pada bulan Oktober 2019 mendatang, setelah sebelumnya sempat rehat sejenak.

Advertisement Inline

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.