BAGIKAN

Pada tahun 2000, Kamen Rider Kuuga menjadi seri Kamen Rider pertama yang tayang di televisi sejak berakhirnya seri Kamen Rider BLACK RX pada tahun 1989. Kembalinya seri Kamen Rider di layar kaca setelah jeda lebih dari 10 tahun itu ternyata dapat terus berlanjut. Hingga ketika era Heisei akan berakhir di akhir April 2019, telah ada 20 seri utama Kamen Rider yang tayang silih berganti setiap tahun.

Untuk memperingati peralihan era tersebut, KAORI telah mengadakan polling bagi pembaca mengenai seri Kamen Rider di era Heisei. Walaupun belum tentu akan ada perubahan drastis pada seri Kamen Rider setelah pergantian era nanti, tetapi kami ingin mengenang dan merayakan perjalanan seri Kamen Rider sejauh ini. Polling ini tidak dimaksudkan untuk menggambarkan keseluruhan penggemar Kamen Rider di Indonesia, tetapi hanya untuk mengumpulkan pendapat pembaca KAORI mengenai kenangan-kenangan paling menarik dan berkesan dari seri Kamen Rider sepanjang era Heisei.

Pengumpulan Data dan Profil Responden

Polling ini diadakan selama hari enam hari dari tanggal 31 Maret hingga tanggal 5 April melalui Google Form. Responden dapat mengisi form tersebut melalui link yang disebar melalui akun-akun media sosial KAORI Nusantara dari tanggal 31 Maret hingga tanggal 4 April. Selain mengisi pertanyaan-pertanyaan mengenai seri Kamen Rider era Heisei, responden juga mengisi informasi mengenai usia dan jenis kelamin mereka. Responden tidak wajib memberikan informasi mengenai nama, dan dapat mengisi nama dengan nama samaran.

Advertisement Inline

Dari polling tersebut, didapatkan 506 responden. Dari jumlah tersebut, hanya 18 responden atau 3,6% yang mengaku perempuan, sedangkan sisanya mengaku laki-laki. Sebanyak 48,4% dari responden mengaku berusia 19-24 tahun atau sekitar usia kuliah. Kelompok usia terbesar kedua adalah yang mengaku berusia 16-18 tahun sebanyak 19,4%, disusul oleh kelompok yang mengaku berusia 24-28 tahun sebanyak 18,4%. Secara keseluruhan, tiga per empat dari responden lahir sebelum atau di tahun yang sama dengan kemunculan Kuuga.

Seri Favorit

Kamen Rider Build © Ishimori Pro/Toei

Shouri no housoku wa kimatta! Dari seri-seri Kamen Rider yang yang tampil di era Heisei, ternyata yang paling banyak dipilih oleh pembaca KAORI sebagai seri favorit adalah Kamen Rider Build yang tayang dari tahun 2017 hingga 2018 dengan mendapat 99 suara atau 19,6% dari pemilih. Membawakan tema sains dengan tokoh utama seorang jenius fisika yang mengalami hilang ingatan, seri Build juga menampilkan setting yang unik di mana Jepang terbagi menjadi tiga negara yang terpisahkan oleh dinding-dinding raksasa akibat sebuah artefak misterius yang ditemukan di planet Mars. Cerita yang seru dan plot yang membuat penasaran banyak disebut sebagai alasan mengapa para responden memilih seri ini ditambah dengan form-form yang bagus dan penggambaran tokoh-tokoh dan hubungan mereka yang menarik. Beberapa pemilih bahkan menyebutkan Build sebagai seri yang berhasil membuat mereka tertarik kembali mengikuti seri Kamen Rider. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Kamen Rider Build:

  • “Karena seri Kamen Rider Build memberikan kesan yang segar dan baru setelah 2 tahun seri Kamen Rider di-judge oleh para penontonnya. Seri ini menampilkan adegan lucu khas dan mudah dimengerti di samping cerita yg memukau dan keren (dan bernuansa politik sekali)” – Ilman Mashuriaji (L,19-24 tahun)
  • “Karena Memiliki cerita yang unik, dan alur yang asik dan tak trerduga. Dan juga seperti mengangkat kembali alur KR jadul seperti MC adalah manusia percobaan. Dan yang paling ku suka ya pasti form nya keren dan banyak, dan juga bentuk armor/kostum nya keren beed” – HuntTo (L, 16-18 tahun)
  • “Seri yang kembali membuat saya semangat untuk menonton seri Kamen Rider” –Michal Milan (L, 16-18 tahun)
Kamen Rider Decade © Ishimori Pro/Toei

Di posisi kedua terdapat seri Kamen Rider Decade yang tayang di tahun 2009 dengan 71 suara atau 14% responden. Seri yang memperingati 10 tahun seri Kamen Rider di era Heisei ini menghadirkan tokoh utama yang bisa berubah menjadi Kamen Rider dari seri-seri sebelumnya. Kekuatan tersebut dan karakterisasi Tsukasa Kadoya sang tokoh utama ternyata cukup untuk menjadikannya salah satu seri Kamen Rider pilihan pembaca KAORI dari era Heisei. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Kamen Rider Decade:

  • Onore Dikeido” –Rafly Frizki (L, 16-18 tahun), Fauzi (L, 19-24 tahun), Wahyudi Sucipta (L, >28 tahun)
  • “Karena beda dari yang lain, bisa menjelajahi dunia Kamen Rider yang berbeda dan meminjam kekuatan Kamen Rider tersebut” –Sandy Yudha (L, 19-24 tahun)
  • “Paling berkesan. sebelumnya cuma pernah nonton seri Kuuga dan Ryuki, berkat Decade jadi tau Rider Heisei lainnya yang sempat kelewatan.” –Dani Harjisito (L, 19-24 tahun)
Kamen Rider 555 © Ishimori Pro/Toei

Seri yang mendapatkan posisi ketiga adalah Kamen Rider 555 yang tayang antara tahun 2003-2004 dengan 49 suara atau 9,7% responden. Drama dalam ceritanya yang terbilang cukup “gelap” serta desain dan peralatan yang futuristik menjadi beberapa alasan yang disbutkan oleh penggemar seri ini untuk memilihnya sebagai seri favorit. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Kamen Rider 555:

  • “Rider paling realistis, segala macam jurusnya. Contoh: rider kick, punch menggunakan alat. Tidak banyak form tapi sekalinya ganti form, musuh kocar kacir dan form tersebut gak selalu digunakan. Itulah mengapa rider ini paling keren menurut saya” –Andi Kusuma (L, 19-24 tahun)
  • “Karena seri ini cerita dark, menarik dan merupakan serial rider pertama yang berkesan bagi saya sekaligus seri Rider pertama yang saya lihat sampai tamat di tv dulu” –Arifuni (L, 19-24 tahun)
  • “Kamen Rider dan monster keren. Second rider yang kurang ajar. Side story yang gak bikin bosen” –Z-kun (L, 16-18 tahun)
Kamen Rider Ryuki © Ishimori Pro/Toei

Selanjutnya, posisi keempat dan kelima diisi oleh dua seri bermuatan sabaibu-kei, yaitu Kamen Rider Ryuki dengan 40 suara (7,9%) dan Kamen Rider Gaim dengan 34 suara (6,7%). Persaingan dan pertarungan antar Kamen Rider menjadi daya tarik seri-seri ini.

  • “(Ryuki) Membawa hal baru, pertarungan antar Kamen Rider” –Oke (L, 24-28 tahun)
  • “Karena menggunakan tema buah dan keserakahan manusia membuat plot ceritanya yang hepi menjadi dark, membuat seri ini menjadi keren. Dan juga rivalitas antara Baron dan Gaim yg berasa banget dari awal episode hingga seri ini tamat.” –Tasyahud Padandi (L, 16-18 tahun)

Film Favorit

Kamen Rider Heisei Generations FOREVER
© Ishimori Pro/Toei

Tidak hanya tayang di TV, Kamen Rider juga tampil di layar bioskop, dan jumlah filmnya semakin banyak sejak adanya berbagai film crossover. Film  yang paling banyak terpilih sebagai film favorit pun adalah sebuah film crossover, yaitu Kamen Rider Heisei Generations Forever sebagai film Kamen Rider terakhir yang tayang di era Heisei. Film ini memperoleh 84 suara atau 16,6% dari responden. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Heisei Generations Forever:

  • “Meskipun dalam ceritanya Kamen Rider hanya sebuah tayangan, Kamen Rider ngajarin juga juga soal keadilan dan kebenaran” –Sebastian Riko (L, 16-18 tahun)
  • “Alasan pertama karena tema yang diusung menggunakan sudut pandang penonton. Hal ini tentunya seolah-olah saya berada di film tersebut. Alasan kedua, karena ini movie terakhir di era Heisei, banyak aspek yang dibuat secara totalitas. Baik dari sisi sinematografi, cerita, maupun akting. Saya merasa film ini hampir sempurna di semua aspek.” –Elang Hendy Subrata (L, 24-28 tahun)
  • “Nonton di bioskop Indonesia jadi sangat berkesan” –Eric Varian (L, >28 tahun)

Menempati posisi kedua adalah film dari salah satu seri awal di era Heisei, yaitu Kamen Rider 555: Paradise Lost dengan 56 suara atau 11,1% responden. Menampilkan setting alternatif di mana dunia sudah dikuasai oleh Orphnoch dan keberadaan manusia semakin terancam menjadi kekuatan cerita film ini. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Paradise Lost:

  • “Movie ini merupakan movie Rider pertama yang saya tonton. Kualitas story yang padat tanpa mengikuti alur story TV, bahkan sukses membuat recap bagi para orang yang cukup awam dengan TV serinya. Di antara semua movie Rider, hanya movie ini yang menunjukkan bagaimana Rider adalah seorang pahlawan di mana dia melawan dunia yang dipenuhi Orphenoch. Salah satu scene yang membuat saya sampai sekarang menyukai movie ini adalah disaat Faiz harus bertarung di stadium yang dipenuhi Orphenoch untuk menyelamatkan Mari.” –Wisnu Andries (L, 24-28 tahun)
  • “Cerita yang disuguhkan bagus banget. Meskipun alternate dari seriesnya, tapi tetep bagus, ditambah yang ngeship Takumi sama Mari di movie ini kerasa romancenya. Dan adegan Faiz Blaster Form vs Orga epic banget” –Hidayat Taufik Akbar (L, 19-24 tahun)
  • “Karena film itu keren banget penuh adegan keren” –Putra (L, >28 tahun)
© Ishimori Pro/Toei

Film yang meraih posisi ketiga adalah Kamen Rider Build: Be the One dengan 42 suara atau 8,3% responden. Bagaimana film ini menampilkan persahabatan antara Sento Kiryu sebagai rider utama dan Ryuga Banjo sebagai rider kedua menjadi daya tarik film ini. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Be the One:

  • “Rider utama sama second ridernya bisa melengkapi satu sama lain, gak kayak yang lain bisanya gelut aja gak di series maupun di movie” –Kimakuru001 (L, 16-18 tahun)
  • “Wujud persatuan dari Rider utama dan Rider kedua menjadi satu Rider” –Isra Al Aqsha (L, 19-24 tahun)
  • “Seru, adegan kejar-kejaran seru, asik, dan lucu. Pokoknya asik ditonton” –Fendi Fuza (L, 24-28 tahun)

Posisi keempat dan kelima kembali diisi film-film crossover, yaitu Kamen Rider x Super Sentai: Super Hero Taisen dengan 39 suara (7,7%) dan Kamen Rider Decade: All Riders vs. Dai-Shocker dengan 38 suara (7,5%). Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih film-film tersebut:

  • “Tsukasa dan Marvelous bisa beradu akting dan akhir yang sangat bagus” – Teguh long (>28 tahun)
  • “Untuk pertama kalinya semua rider dari era Showa dan Heisei bersatu” –Ritosai (L, 19-24 tahun)

Tokoh Rider Favorit

Tsukasa Kadoya sang penghancur dunia © Ishimori Pro/Toei

Onore Decade! Seri-seri Kamen Rider di era Heisei menampilkan begitu banyak rider karena di setiap seri kecuali Kuuga selalu ada lebih dari satu tokoh yang dapat berubah menjadi rider. Dan di antara begitu banyaknya tokoh rider tersebut, ternyata sang Penghancur Dunia, Kamen Rider yang cuma numpang lewat Tsukasa Kadoya alias Kamen Rider Decade menjadi tokoh yang paling banyak dipilih responden sebagai tokoh rider kesukaan mereka dengan 89 suara (17,6%). Sifatnya yang angkuh memberinya karakter yang unik sebagai tokoh utama dan akting Masahiro Inoue mampu membawakan karakternya dengan keren. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Tsukasa Kadoya:

  • “Meski cerita Decade terbilang absurd karena kekuatannya yang bisa akses all rider yang membuatnya jadi istimewa, karakter Tsukasa yang songong-lah yang paling mendukung.” –Abekabaka (L, 19-24 tahun)
  • “Keren, Cool, Songong songong lucu gituu” –Satria (L, 19-24 tahun)
  • “Personality seorang Tsukasa Kadoya (Masahiro Inoue) seperti berlagak sombong, ketus, dan dapat memahami orang lain membuat cerita dalam seri Kamen Rider Decade sedikit lebih berwarna meski secara pribadi tidak menyukai cerita dalam serial Kamen Rider Decade ini” –Wahid Jasmine Dzaki (L, 19-24 tahun)
“Ayo kita mulai eksperimennya” © Ishimori Pro/Toei

Menempati posisi kedua adalah si jenius Sento Kiryu alias Kamen Rider Build dengan 52 suara (10,3%). Kemampuannya untuk mengembangkan Rider System sendiri (bukan dibuatkan orang lain) dengan kecerdasannya menjadi salah satu poin menarik tokoh ini. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Sento Kiryu:

  • ‘Ahli fisika yang amnesia dan narsis, tapi sedikit geblek. Saya suka gebleknya dia. Selain itu, dia dapet final form dari hasil penelitiannya, dan dia mengetahui resiko di balik final form yang dia dapat. Biasanya rider dapar final form dari hasil kemampuan pertarungan semacam upgrade gitu atau pemberian dari orang lain.” –Tika Wahyu (P, 24-28 tahun)
  • “Pengembangan karakternya menarik. Berawal dari seorang jenius yang hilang ingatan dan ternyata memakai muka orang lain, hingga akhirnya menjadi orang yang baru dengan menggabungkan persona Katsuragi Takumi yang terkenal sebagai Devil Scientist dan Sato Tarou yang konyol. Sento yang berani bertanggungjawab dan mengorbankan diri demi teman-temannya walaupun pada akhirnya ia tidak sendiri dalam berkorban demi membela kedamaian.” –AGPS (L, 19-24 tahun)
  • “Alasan saya menyukai Sento adalah karena ia merupakan salah satu tokoh yang memiliki tujuan akhir dan motto hidup yang cukup simple, Love and Peace. Dengan kepribadiannya yang mampu memotivasi karakter lainnya, Sento mampu ‘menularkan’ motto hidup miliknya ke Kamen Rider lainnya dalam Build, mengubah yang tadinya lawan seperti Grease dan Rogue menjadi kawan hingga akhir. Konflik batin yang ia alami dengan Takumi Katsuragi yang cenderung dingin dan memiliki pandangan sinis terhadap sekelilingnya menjelang akhir Build juga cukup unik, membuat perkembangan karakter Sento semakin unik untuk diikuti.” –Saku (L, 24-28 tahun)
Souji Tendou di jalan surga © Ishimori Pro/Toei

Di posisi ketiga terdapat si lelaki yang berjalan di jalan surga, Souji Tendou alias Kamen Rider Kabuto dengan 40 suara (7,9%). Gayanya yang keren dengan kata-kata mutiara dari sang nenek merupakan hal-hal yang menarik dari tokoh ini. Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih Souji Tendo:

  • “Saya suka dengan pembawaan karakter dia yang begitu jumawa namun keren. Apalagi dia selalu ingat dengan wejangan dari sang nenek jadi itu yang membuat saya jadi tertarik.” –Irudare (L, 19-24 tahun)
  • “Memiliki kepribadian yang kuat, tenang, penuh perhitungan, cerdas, serba bisa” –Anonim (L, >28 tahun)
  • “Nggak kalah-kalah” –Saccerdo (L, 24-28 tahun)
© Ishimori Pro/Toei

Selanjutnya di posisi keempat dan kelima secara berurutan adalah Takumi Inui alias Kamen Rider Faiz dengan 31 suara (6,1%) dan Yusuke Godai alias Kamen Rider Kuuga dengan 28 suara (5,5%). Berikut adalah beberapa komentar pilihan dari responden yang memilih mereka:

  • “Karena pantang menyerah, (Takumi) kelihatan kasar tapi sebenarnya lembut” –Arifuni (L, 19-24 tahun)
  • “(Godai) Tokoh yang realistis, terlihat selalu optimis dan mau berkembang, walau memang pada saat titik jenuhnya dia tetap menunjukkan sisi manusianya.” –Dan (L, >28 tahun)
“Daijobu” © Ishimori Pro/Toei

Hasil polling Final Form terfavorit dan kategori lainnya dapat dibaca di halaman selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.