Bahas Kartu Shadowverse: 3 Protagonis dari Steel Rebellion

0
steel rebellion
© Cygames

Card pack terbaru dari gim Shadowverse selalu dihadirkan setiap 3 bulan sekali. Kali ini, Shadowverse kembali dengan expansi terbaru bernama “Steel Rebellion”. Dalam ekspansi yang mengusung tema steampunk ini dihadirkan 3 protagonis utama dari cerita Steel Rebellion yang juga menjadi lanjutan cerita utama dari gim Shadowverse. Bagaimana kemampuan mereka jika menjadi kartu yang bisa dimainkan dalam gim ini? Mari simak pembahasan card pack terbaru Shadowverse ini sebagai berikut.

Nama Tetra, Sapphire Rebel
Craft Runecraft
Type Follower (Machina)
Rarity Legendary
Cost 4
Set Steel of Rebellion
Unevolved, Stats 3/4
Unevolved, Effect Fanfare: Put a Repair Mode into your hand.
Whenever this follower attacks, recover 1 play point.
Evolved, Stats 6/6
Evolved,Effect Evolve: Put a Delta Cannon into your hand.
Whenever this follower attacks, recover 1 play point.
Pengisi Suara Jepang Aoi Yuuki

 

Nama Repair Mode
Craft Neutral
Type Spell (Machina)(Token)
Rarity Bronze
Cost 1
Effect Restore 1 defense to an ally.
If it’s a Machina follower, restore 3 defense instead

 

Nama Delta Cannon
Craft Runecraft
Type Spell (Machina)(Token)
Rarity Legendary
Cost 1
Effect Deal 2 damage to an enemy.
Give your leader the following effect: At the end of this turn, if at least 4 Machina cards were played this turn, put a Delta Cannon into your hand. (This effect is not stackable.)

 

Advertisement Inline

Tetra, Sapphire Rebel, adalah kartu kelas Runecraft yang memiliki trait Machina yang merupakan salah satu protagonist dalam cerita Gears of Rebellion. Selain dipadukan dengan deck yang berkomposisikan machina, Tetra juga mampu berbaur dengan deck spellboost, seperti mengisi kekosongan pada deck Prophetess of Creation dan Raio, Omen of Truth.

Ketika Tetra dimainkan, pemain mendapatkan kartu token spell yaitu “Repair Mode” yang memberi efek menyembuhkan sebesar 3 poin terhadap Tetra sendiri atau Follower dengan trait Machina. Jika diberikan terhadap Follower lain atau Leader sendiri hanya akan memberikan 1 poin. Dengan menggunakan 1 evolve point, Tetra mendapatkan kartu token spell berupa “Delta Canon” yang mampu memberikan 2 damage ke lawan, entah itu menembakkan ke follower lawan atau menembakkan ke leader musuh untuk memberikan pressure pada turn tersebut. Efek Tetra sendiri adalah “jika menyerang, akan memulihkan 1 play point,” jadi Anda bisa langsung menggunakan kedua token tersebut setelah Tetra menyerang salah satu Follower musuh.

Tetra juga mempunyai pertahanan yang cukup tinggi untuk efek yang dimilikinya dan juga efek menyembuhkan dari token tersebut, membuat Tetra sulit dibersihkan dari Arena. Akan tetapi, Tetra juga mempunyai kelemahan yang membuat kartu ini tidak begitu menyeramkan ketika dimainkan musuh. Tetra sendiri harus menyerang musuh terlebih dahulu, untuk mengembalikan 1 playpoint, maka dari itu cara yang lebih mudah untuk menanganinya adalah memperkirakan musuh akan memainkan Tetra pada giliran selanjutnya atau tidak. Jika iya, Anda harus menyiapkan Follower dengan efek Ambush, atau Follower yang tidak bisa diserang agar Tetra tidak bisa mengembalikan 1 play point-nya. Setelah itu Anda bisa menggunakan spell yang bisa memberikan damage atau menghancurkan musuh terhadap Tetra.

Nama Aenea, Amethyst Rebel
Craft Shadowcraft
Type Follower (Machina)
Rarity Legendary
Cost 6
Set Steel of Rebellion
Unevolved, Stats 3/3
Unevolved, Effect Fanfare: If there are no allied Roly-Poly Mk I Is in play, summon a Roly-Poly Mk I. If one is in play, put a Fleeting Joy into your hand.
At the end of your turn, if there are no allied Roly-Poly Mk Is in play, summon a Roly-Poly Mk I. If one is in play, put a Fleeting Joy into your hand.
Evolved, Stats 5/5
Evolved,
Effect
At the end of your turn, if there are no allied Roly-Poly Mk Is in play, summon a Roly-Poly Mk I. If one is in play, put a Fleeting Joy into your hand.
Pengisi Suara Jepang Inori Minase

 

Nama Roly-Poly Mk I
Craft Shadowcraft
Type Follower (Machina)(Token)
Rarity Legendary
Cost 4
Set Steel of Rebellion
Unevolved, Stats 2/2
Unevolved, Effect Ward.
Can’t take more than 1 damage at a time.
Evolved, Stats 3/3
Evolved,
Effect
(Same as the unevolved form.)
Pengisi Suara Jepang Sachi Kokuryu

 

Nama Fleeting Joy
Craft Shadowcraft
Type Spell (Machina)(Token)
Rarity Legendary
Cost 1
Effect Until the start of your next turn, your leader can’t take more than 5 damage at a time.
Enhance (9): Randomly put 4 different Machina followers (excluding Aenea, Amethyst Rebel) from your deck into play.

 

Aenea, Amethyst Rebel adalah kartu kelas Shadowcraft yang memiliki trait Machina yang merupakan salah satu protagonist dalam cerita Gears of Rebellion. Aenea sendiri lebih cocok dimainkan dengan kartu yang memiliki trait Machina lainnya untuk mendapatkan efek yang maksimal pada permainannya. Biasanya disisipi kartu Support yang bukan trait Machina, seperti Gilnelise, Omen of Craving dan Ferry, Spirit Maiden untuk memberikan kesempatan menang yang lebih besar.

Aenea sendiri ketika dimainkan akan men-summon 1 token follower berupa Roly-Poly Mk I. Jika token tersebut belum ada di Arena, dan jika ada token tersebut di Arena, pemain akan mendapatkan 1 token spell berupa “Fleeting Joy” ke tangan. Aenea juga mempunyai efek lanjutan ketika di akhir turn, yaitu mensummon 1 token follower berupa Roly-Poly Mk I, Jika token tersebut belum ada di Arena, dan jika ada token tersebut di Arena, pemain akan mendapatkan 1 token spell berupa “Fleeting Joy” ke tangan.

Kedua Tokennya sendiri sangat berguna di dalam permainan, terutama untuk Roly-Poly Mk I yang mempunyai efek ward dan tidak bisa menerima damage lebih dari 1. Dengan statnya yang 2/2, Anda harus menyerang Roly Poly sebanyak 2x untuk menghancurkannya. Jika di-evolve, statnya akan bertambah menjadi 3/3 yang artinya Anda harus menyerangnya sebanyak 3x juga. Token yang kedua adalah “Fleeting Joy”, efeknya sendiri membuat leadermu tidak bisa menerima damage lebih dari 5 sampai giliran berikutnya. Untuk efek enchance-nya yaitu mensummon 4 kartu yang memiliki trait Machina yang berbeda dari dalam deck ke Arena (kecuali Aenea, Amethyst Rebel). Dengan efek enchance-nya ini, Anda bisa mengisi arenanya kembali sampai 4 Follower, Karena stat yang disummon juga terbilang lumayan tinggi dan sulit dibersihkan, Anda bisa melanjutkan kombonya dengan Gilneise ataupun Ferry. Tentu saja tidak lupa dengan efek Fleeting Joy yang pertama, yang membuat leadermu tidak bisa menerima damage lebih dari 5, efek tersebut sangat berguna untuk menangkal kartu yang memiliki kemampuan One Turn Kill, seperti Astaroth’s Reckoning, Dark Feast Bat, ataupun Maisha, Hero of Purgation dengan Spell token-nya.

Tetap Aenea bukan ancaman yang begitu besar ketika melawannya. Tentu saja ada beberapa kartu counter yang harus Anda persiapkan, seperti Corpsewyrm Fafnir atau deck yang yang memiliki trait Machina juga, agar sulit dibersihkan oleh efek kartu dari Colossal Skull Lord. Ketika melawan Roly-Poly Mk I, Anda bisa membersihkannya dengan efek kartu destroy, banish ataupun follower yang mempunyai efek bane. Harus diingat, Anda harus menghancurkan Aenea juga agar tidak memproduksi Roly-Poly Mk I kembali ke Arena. Dan juga untuk memainkan Aenea beserta spell tokennya itu cukup lama, Anda bisa menggunakan Deck Aggro yang mempush lawan di awal permainan.

Artikel Bahas Kartu Shadowverse: 3 Protagonis Steel Rebellion berlanjut ke halaman selanjutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.