Ulasan Novel : Leena’s World Map

1

 

leena's world map

Bagi kalian penggemar Novel Ringan, beberapa bulan belakangan ini telah terbit berbagai judul novel ringan di Indonesia. Salah satunya adalah Leena’s World Map (Seizuyomi no Leena pada penamaan Jepang nya) yang diterbitkan oleh Shinning Rose Media yang sebelumnya juga telah menerbitkan novel ringan Penguin Summer dan Candid.

Leena’s World Map merupakan novel Mapping Fantasy yang ditulis oleh Kawaguchi Tsukasa pada tahun 2009 yang juga menulis Madan no Ou to Vanadis yang akan segera mendapat adaptasi anime nya pada musim gugur mendatang. Kawaguchi Tsukasa telah menulis beberapa karya novel lainnya. Debut menulisnya dimulai dengan novel berjudul Ikusa dni yang berhasil memenangkan Fantasia Novel Award ke-18 untuk kategori novel panjang.

Selain itu, karya lain yang berjudul Stereotype Powerplay berhasil memenangkan Square Enix Novel Award ke-3. Kawaguchi Tsukasa diakui telah berpengalaman menulis berbagai novel fantasi dengan karya lainnya yang berjudul Reiter Cross.

Ilustrasi novel ringan ini dikerjakan oleh Minamino Kanata. Minamino Kanata sendiri sudah berpengalaman membuat berbagai ilustrasi dan desain untuk game PC serta konsol. Selain itu, ia juga dikenal sebagai seorang mangaka dengan nama pena Tanaka Kouji.

Sinopsis

Leena’s World Map mengisahkan perjalanan Leena, sang putri kelima dari raja penguasa kerajaan Eden, Raja Oltra. Meskipun seorang putri raja,namun tingkah laku Leena tidak menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang anggota keluarga istana. Alih-alih menggunakan gaun bagus dan hidup dalam kemewahan, Leena lebih suka memakai pakaian biasa dan berkeliaran keluar istana untuk berjalan menyusuri jalanan ibukota. Tak jarang ia mampir ke bar untuk mendengarkan kisah-kisah para petualang dan berbincang dengan penduduk sekitar.

Hobi kabur dari istana tersebut tidak semata-mata karena ia tidak menyukai kehidupan istana. Meski seorang putri raja, Leena memiliki hobi yang cukup unik, yaitu membuat peta. Kebiasaan membuat peta itu ia wariskan dari sang Ibu yang merupakan selir di kerajaan Eden. Ibu Leena merupakan orang yang telah berhasil membuat peta dunia. Leena pun sering diajari bagaimana cara membuat peta oleh sang ibu.

Karena hobi membuat peta tersebut, suatu hari Raja Oltra memberikan titah kepada Leena. Isi titah tersebut adalah untuk membuat peta dari kota pelabuhan yang bernama Magek. Magek merupakan kota yang terletak di perbatasan kerajaan Eden dan Vicrad, namun masih dalam wilayah kerajaan Eden. Kerajaan Eden sendiri merupakan kerajaan terbesar yang memiliki daerah yang luas.

Namun dalam perjalanannya menuju Magek, rombongan kereta kuda yang dinaiki Leena diserang oleh sekelompok bandit. Satu per satu tentara pengawal yang diutus Oltra untuk melindungi sang anak mulai tumbang akibat serangan bandit tersebut. Dalam keadaan yang terdesak, tiba-tiba muncul sesosok pemuda yang menghampiri kereta kuda yang sedang diserang tersebut.

Pertemuan rombongan Leena, Sarah sang pelayan pribadinya, dan Talv sang pengawal pribadinya dengan pemuda misterius tersebut merupakan pertalian takdir. Pemuda bernama Dahl yang merupakan tentara bayaran tersebut berhasil menolong rombongan Leena dan menjadi pengawal pribadi Leena untuk sampai ke kota Magek.

Perjalanan Leena, Sarah, Talv, dan Dahl menuju kota Magek pun dimulai. Dengan melukiskan setiap jalan yang ia lewati, Leena berharap bisa secepatnya sampai di kota Magek.

Begitu sampai di Magek, Leena menyadari ada yang tidak beres dengan kota pelabuhan tersebut. Dengan pekerjaan pembuatan peta yang dilakukan Leena, perlahan ia mengetahui konspirasi yang ada dalam pemerintahan kota tersebut. Ancaman pun datang untuk menghalangi Leena menyelesaikan pembuatan peta kota Magek. Akan tetapi, disaat yang sama, sesuatu yang tengah tertidur jauh di dalam labirin terpencil mulai terbangun dari tidurnya….

Ulasan

Menawarkan kisah Mapping Fantasy, Leena’s World Map menyajikan cerita fantasi yang beda dengan yang biasanya. Bila novel, anime, maupun manga bertema fantasi biasanya menceritakan seseorang yang berkelana untuk melawan monster raksasa, Leena’s World Map menceritakan mengenai usaha pembuatan peta yang dilakukan Leena. Kisah pembuatan peta ini menjadikan Leena’s World Map sedikit berbeda dan unik dari cerita-cerita fantasi ala game RPG lainnya.

Pengenalan karakter yang ada dijelaskan dengan cukup informatif dan mudah untuk dicerna. Satu per satu karakter yang muncul dijelaskan dengan alur yang tidak terlalu cepat, sehingga mudah bagi para pembaca untuk mengetahui berbagai karakter yang ada.

Berbicara mengenai karakter, sosok Leena merupakan karakter yang cukup unik. Seorang putri raja yang hampir tidak menunjukkan tingkah laku kebangsawanan nya menjadikan Leena sosok yang merakyat. Karakter Leena ini mengingatkan kita pada sosok Nike Lemercier dalam seri anime Soredemo Sekai wa Utsukushii yang juga kerap kabur dari istana untuk ngobrol santai bersama rakyat biasa.

Kualitas ilustrasi yang disajikan oleh Minamino Kanata cukup memukau mata. Sosok Leena dan yang lainnya digambarkan dengan lumayan apik.

Namun seperti kisah fantasi lainnya, banyak ditemukan penggunaan berbagai istilah-istilah khas fantasi yang muncul. Banyaknya penggunaan istilah ini terkadang dapat menyulitkan bagi pembaca yang kurang terbiasa dengan kisah fantasi. Dalam novel ini, bahkan terdapat istilah tersendiri untuk melambangkan pengukuran panjang, yakni leybe dan belsta. Karena mengisahkan pembuatan peta yang akrab dengan pengukuran jarak, istilah ini terkadang menyulitkan pembaca untuk membayangkan berapa ukuran tempat yang sedang digambar oleh Leena. Meski di awal telah dijelaskan bahwa satuan 1 leybe = 70 cm dan 1 belsta = 1000 leybe, namun tetap saja terkadang terkesan sedikit menyulitkan dalam membaca novel ini.

Karena merupakan novel one-shot story, terkadang beberapa cerita dalam novel ini mengalir dengan begitu cepat. Dalam 1 bab, bisa ada lebih dari 2 inti cerita yang disajikan karena alur cerita yang terkadang mengalir dengan cepat.

Meski banyak disebut berbagai kota dan tempat dalam novel ini, namun kisah yang terjadi mayoritas hanya berlangsung dalam sekitar kota Magek. Begitu juga dengan sistem ras, meskipun disebutkan bahwa dalam universe kisah Leena’s World Map terdapat ras manusia, elf, orcs, dan yang lainnya, namun cerita yang terjadi hanya berkutat pada ras manusia saja, meski dijelaskan sedikit mengenai bangsa orcs. Menyajikan universe yang cukup luas, namun kisah yang terjadi hanya dalam tempat yang tidak terlalu luas.

Kesimpulan

Bagi para penggemar novel ringan, terlebih lagi penggemar kisah fantasi, Leena’s World Map cocok untuk menempati ruang di lemari buku kalian. Menyajikan kisah Mapping Fantasy dan karakter yang terbilang unik, menjadikan novel ini tidak ada salahnya untuk dimiliki.

Namun meski membawa kisah fantasi dengan universe yang cukup luas, namun kisah yang ditampilkan hanya terjadi dalam lingkup yang tidak terlalu luas. Cerita yang dibawakan pun terkadang berlangsung dengan cukup cepat dalam beberapa bagian tertentu.

Nilai moral yang dapat dipetik dari novel ini adalah mengenai kerendahan hati. Setinggi apapun posisi kita, apapun status sosial yang dimiliki, kita harus dapat tetap bergaul dengan siapapun tanpa memandang rendah orang lain. Selain itu, keberanian untuk menghadapi berbagai persoalan juga menjadi nilai moral yang disampaikan novel ini. Kejujuran, dan ketulusan dalam bertindak harus menjadi motivasi utama dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.

“Aku akan menggambar tiap jalan yang kulalui, juga tiap pemandangan yang kulihat. Inilah yang akan menjadi petaku.”

KAORI Newsline | Oleh Rafly Nugroho

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.