BAGIKAN
© Okushou & Shizumu Watanabe / Kodansha / PT Elex Media Komputindo

SNS (Social Network Service) atau yang sering kita kenal sebagai media sosial tentunya merupakan aplikasi yang populer pada era modern kini. Seperti Twitter, Facebook, Line dan sejenisnya yang mengizinkan pengguna untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Berbagai macam alasan dapat menjadikan seseorang kecanduan beberapa aplikasi ini dan bahkan hampir mustahil untuk orang-orang yang hidup di era digital untuk meninggalkan SNS. Selain sebagai media komunikasi, beberapa orang khususnya yang sulit berkomunikasi di dunia nyata, bisa melampiaskan keresahannya dan kesepiannya ke dunia maya dan mencari teman-teman yang memiliki ketertarikan yang sama. Bagi sebagian orang, SNS juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjukan daya tarik dan ajang promosi sosial. Tidak jarang beberapa orang menganggap dunia maya sebagai rumah kedua mereka dan menganggap follower-follower mereka sebagai teman sejati mereka. Namun benarkah mereka adalah teman sejati kita?

Kira-kira hal inilah yang menjadi ide dasar dari komik Real Account, sebuah manga karangan Okushou dan digambar oleh Shimizu Watanabe. Sebuah manga bertema Survival dengan latar jagad media sosial ini terbit pertama kali pada tanggal 09 Januari 2014 di bawah penerbit Kodansha. Serial komiknya masih berjalan hingga sekarang pada chapter 187 dan sudah mencapai Arc terakhirnya.

© Okushou & Shizumu Watanabe / Kodansha / PT Elex Media Komputindo

Awalnya, komik ini diserialisasikan pada majalah Bessatsu Shōnen Magazine yang terbit secara bulanan. Kemudian setelah terbit sebanyak 10 chapter, pada tanggal 24 Desember 2014 komik ini pindah serialisasi ke Weekly Shōnen Magazine yang kemudian ceritanya dimulai dari awal lagi dengan sudut pandang dan tokoh utama yang berbeda. Seri Real Account yang diserialisasi pada Weekly Shōnen Magazine juga dikenal dengan nama Real Account 2. Meskipun dengan karakter yang berbeda, seri ini masih berkaitan dengan komik Real Account  pertama dan menjadi sekuel resmi dari seri pertamanya.

© Okushou & Shizumu Watanabe / Kodansha / PT Elex Media Komputindo
Advertisement Inline

Real Account menceritakan tentang aplikasi SNS (mirip Twitter) terbesar di Jepang yang bernama Real Account atau yang biasa dipanggil dengan REACA dan memiliki 50 juta pengguna dan sangat populer bagi semua kalangan. Sang tokoh utama, Ataru Kashiwagi adalah seorang siswa SMA yang kurang terbuka dengan orang lain. Dia tinggal berdua saja dengan adik perempuannya, Yuri Kashiwagi dan hidup miskin. Ataru menutupi kondisi kehidupan dia yang sebenarnya dan terlarut ke dalam linimasa REACA. Di REACA, dia membual mengenai informasi pribadinya dan memiliki banyak follower (1540 orang). Di sana dia merasa memiliki banyak teman yang peduli padanya dan dia pun dapat terbuka kepada mereka. Ikatan di dunia maya adalah segalanya baginya.

Pada suatu ketika, Ataru dan 10 ribu orang lainnya yang kecanduan bermain Real Account, mendadak terhisap ke dunia Real Account. Sederhananya, kesadaran Ataru dan yang lainnya terkurung di dalam REACA. Tujuannya adalah untuk langkah uji coba hubungan manusia yang dianggap palsu di dunia maya. Di sana, mereka dipaksa oleh Marble (karakter maskot REACA) untuk memainkan berbagai permainan kematian yang akan menguji relasi antara pemain dengan followernya. Para pemain harus bisa menjaga jumlah followernya dan bila mereka mati di dunia tersebut, maka dirinya di dunia nyata berserta semua followernya akan mati. Apabila pemain kehilangan semua followernya, pemain tersebut otomatis akan mati. Apakah mereka semua benar-benar dianggap penting oleh follower-followernya? Bagaimana Ataru Kashiwagi akan bertahan hidup dan pulang ke dunia nyata? Kisah tentang ikatan sejati yang terjalin di era smartphone pun di mulai.

© Okushou & Shizumu Watanabe / Kodansha / PT Elex Media Komputindo
© Okushou & Shizumu Watanabe / Kodansha / PT Elex Media Komputindo

Komik ini benar-benar menyentil kondisi generasi masa kini, terutama untuk orang-orang yang sering menghabiskan waktunya di dunia maya. Melarikan diri dari dunia nyata dan bergantung di dunia maya, menganggap ikatan di dunia maya adalah pertemanan sejati. Namun, bila dihadapkan pada kondisi yang mempertaruhkan nyawa, apakah para follower-follower tersebut akan tetap setia mendukung teman onlinenya? Saya rasa sebagian besar tidak. Bahkan ada teman dunia nyata, pacar, dan keluarga mereka yang meng-unfollow karena tidak mau ikut mati. Yang tersisa hanya follower setia yang benar-benar peduli dan rela mati bersama mereka.

Pada pembukaannya, seri ini memiliki nuansa yang mirip dengan SAO di mana para pemainnya masuk ke dunia virtual, dikumpulkan di sebuah plaza, dan dipaksa untuk menyelesaikan game kematian agar bisa kembali ke dunia asal mereka. Tapi hanya sebatas itu saja kemiripannya dengan seri SAO. Selain tema cerita yang berbeda, para pemain di dunia REACA masih dapat berkomunikasi menggunakan smartphone-nya dengan orang-orang di dunia nyata dan seluruh kejadian di dunia REACA ini disiarkan secara langsung di seluruh Jepang secara real time. Para penonton di dunia nyata sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup pemain REACA dan dapat melakukan follow dan unfollow kapanpun berdasarkan tindakan yang dilakukan pemain di dalam REACA.

Macam-macam permainan yang ditawarkan pada seri ini cukup menarik, mulai dari permainan kuis, mendapatkan retweet dalam waktu singkat dari para penonton di dunia nyata, like atau dislike postingan foto, mendapatkan 100 viewer saat BigoLive, me-reply random chat dalam waktu 30 detik, mengungkap masa lalu dan kenyataan kelam pemain lain untuk mengurangi jumlah follower pemain lain, dan sebagainya. Semua permainannya membutuhkan tanggapan dari orang lain di dunia nyata, dan pemain harus tetap memberikan kesan yang baik agar tidak mengurangi jumlah follower mereka.

Seri ini memiliki sebuah premis cerita yang sangat menarik dengan mengambil tema dari permasalahan realita kita saat ini. Seri ini memberikan tokoh-tokohnya ke dalam situasi yang abu-abu, di mana logika dan moral bertabrakan dan sama-sama terlihat benar. Situasi tersebut memaksa tokoh-tokohnya untuk selalu berpikir sebelum bertindak, dan tentunya akan selalu ada korban dalam setiap pilihan yang diambil.

Ke depannya, Anda akan banyak menemui plot-plot twist mengenai masa lalu tokoh utama, apalagi pada seri part 2-nya akan ada pergantian tokoh utama berserta sidekick-nya. Tentunya akan ada banyak karakter yang dikembangkan di sini, dan juga antar kedua tokoh utama kita. Kita akan terus dibuat penasaran dan terkejut saat membaca setiap chapternya. Karena komik ini merupakan sebuah seri bertema Survival, tentunya akan ada banyak tokoh-tokoh penting yang mati di sepanjang chapternya, jadi persiapkanlah kokoro Anda agar tidak shock di kemudian hari.

Ulasan komik Real Account berlanjut ke halaman kedua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.