BAGIKAN
agate
Arief Widhiyasa (Founder & CEO Agate), Joddy Hernady (SVP Media & Digital Business and EGM Digital Business PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk) dan Dedi Suherman(President Director & CEO PT. Melon Indone

Menurut analisa Newzoo pada tahun 2017, besar pasar industri gim Indonesia  mencapai 879.7 juta dolar AS dan pada tahun 2019 diprediksi akan mencapai 1 miliar dolar AS. Meski demikian, menurut data Asosiasi Game Indonesia (AGI), diketahui hanya 8% pendapatan gim yang beredar di Indonesia yang masuk ke perusahaan Indonesia, bahkan hanya sekitar 0,4% yang masuk kantong developer dalam negeri.

Berangkat dari sana, Melon dan Agate melihat peluang mengembangkan industri gim di Indonesia dan melahirkan Oolean. Oolean (baca: ulin) berasal dari bahasa sunda ulin, yang berarti “main”.

Advertisement Inline

Oolean nantinya akan melingkupi pengembangan platform gim untuk user, pembuatan IP orisinil yang fokus memproduks gim lokal, bekerja sama dengan developer game lokal lain untuk membuat gim yang bisa mendunia, serta mengembangkan platform pendistribusi gim tanah air maupun manca negara yang akan dirancang dan dibangun oleh Melon.

Menyasar pasar kasual, gim-gim buatan Agate juga nantinya akan dibawa oleh Oolean, seperti Onet Asli, Botol Ngegas, dan Teka Teki Santai. Hal ini dirasakan oleh mereka sudah tepat sasaran di mana pangsa pasar penikmat gim kasual masih cukup besar di Indonesia, tapi tenang saja Oolean juga nanti akan menghadirkan gim seperti Valthirian Arc: Hero School Story.

Dengan adanya user platform sendiri, nantinya para pemain dapat membagikan pencapaian mereka dalam gim dengan teman maupun kerabat. Menurut penuturan Presiden Direktur & CEO PT. Melon Indonesia, hal ini akan berdampak positif pada gim dan platform itu sendiri, melihat perilaku penikmat gim di Indonesia yang sering membagikan pencapaian mereka di dalam gim.

“Kami dari Melon melihat fenomena kekalahan perusahaan lokal dalam persaingan pasar, sementara potensi pasarnya sangat tinggi. Didasari oleh hal tersebut, kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang hiburan digital merasa perlu untuk membantu agar perusahaan gim lokal dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri dalam waktu 5 tahun ke depan, dibantu perusahaan game lokal seperti Agate,” ucap Dedi Suherman, President Director & CEO PT Melon Indonesia.

Kerja sama antara Melon dan Agate ini melingkupi pengembangan platform gim untuk user, pembuatan properti intelektual orisinil yang fokus memproduksi gim lokal, bekerja sama dengan pengembang gim lokal lainnya untuk membuat gim yang bisa mendunia, serta mengembangkan platform untuk mendistribusikan gim dari perusahaan lokal maupun internasional yang dirancang dan dibangun oleh Melon.

“Potensi pendapatan gim di Indonesia sangat besar, tetapi hanya 8% yang masuk ke perusahaan Indonesia, yaitu 0.4% untuk gim karya developer Indonesia, sementara sisanya, 7.6%, ke publisher Indonesia yang mempublikasikan gim karya developer asing. Untuk itu, Oolean dibentuk dengan tujuan membangun ekosistem gim yang memadai di Indonesia, antara lain mengembangkan market share dan pertumbuhan developer gim lokal Indonesia. Kontribusi Agate dalam kerja sama strategis ini adalah mengembangkan gim, publishing gim, pengembangan teknologi, serta membantu pembentukan dan berjalannya inkubator yang dibutuhkan untuk mengembangkan market share perusahaan game lokal. Hingga saat ini, kami telah meluncurkan tiga gim casual yaitu Onet Asli, Botol Ngegas, dan Teka Teki Santai,” kata Arief Widhiyasa, CEO Agate.

Dengan resminya Oolean, diharapkan kesempatan untuk mengembangkan dan memasarkan gim di dalam negeri makin terbuka lebar untuk semua kalangan. Para peminat gim, profesional di bidang gim, bahkan para studio developer bisa mendapatkan informasi lebih lanjut serta berinteraksi langsung dengan Oolean di Game Prime 2019, sebuah event gim terbesar di Indonesia yang akan diadakan di tanggal 13-14 Juli 2019 di Balai Kartini, DKI Jakarta.

Tidak hanya berhenti di sana. Bagi kalian para developer game, dengan bernaung di bawah brand Indigo, Melon dan Agate juga akan mengembangkan ekosistem pengembangan gim lokal lewat inkubator, institusi pendidikan, dan komunitas pengembangan gim. Kerjasama ini akan meluncurkan Indigo Game Startup Incubation.

Kalian bisa daftarkan proyek maupun tim kalian di bit.ly/indigo-game-incubation atau cek oolean.id. Mereka juga akan datang ke Gameprime 2019, ‘loh! Tepatnya tanggal 13 & 14 Juli!

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.