BAGIKAN
one piece
© TOEI

Beberapa waktu yang lalu, Mayumi Tanaka, seiyuu yang dikenal dalam peran Monkey D. Luffy dalam serial anime One Piece sempat sesumbar mengangkat isu mengenai siapa yang akan menggantikannya sebagai seiyuu dari Luffy. Hal ini  bukan tanpa alasan. Mayumi Tanaka kini tidak lagi muda, di mana ia sudah berumur 64 tahun terhitung sejak 15 Januari 2019. Sementara itu serial One Piece masih terus berlanjut tanpa ada kejelasan kapan akan berakhir. Karenanya ia berpikir mungkin saja One Piece akan terus berlanjut, bahkan di saat dirinya sudah tidak ada lagi.

Siapakan Mayumi Tanaka? Mayumi Tanaka, atau dikenal juga dengan panggilan Hamayoshi adalah seorang seiyuu asal Jepang yang telah malang melintang dalam dunia pengisian suara di Jepang sejak tahun 1978. Wanita kelahiran 15 Januari 1955 ini memulai debutnya sebagai seiyuu anime dalam serial anime Gekiso! Ruben Kaiser, dengan berperan sebagai karakter bernama Ryoko Takagi. Sejak saat itu, seiyuu yang bernaung di bawah Aoni Production, sebuah agensi yang banyak menaungi para seiyuu sejak tahun 1969 ini telah banyak mengisi suara di sejumlah proyek-proyek seperti anime, drama suara, iklan, hingga mendubbing film asing ke dalam bahasa Jepang.

Contoh suara Mayumi Tanaka

Advertisement Inline

Mayumi Tanaka sendiri adalah seorang seiyuu yang bermukim di Tokyo. Selama berkarir sebagai seiyuu, ia telah menyuarakan berbagai karakter dalam anime-anime terkenal seperti Dragon Ball di mana dirinya berperan sebagai Krilin, Yajirobe, dan Baba si Peramal. Beberapa karakter-karakter yang juga turut disuarakan olehnya, di antaranya adalah Koenma di Yu Yu Hakusho, Pazu di Laputa: Castle in the Sky, Kanna Kirishima di the Sakura Wars, Kirimaru dalam Ninja Boy, Jean dalam Three Musketeers, Much dalam Robin Hood Adventure, Mao dalam Cooking Master Boy, Daiya dalam Gaiking: Legend of Daiku-Maryu, dan tentunya sebagai Luffy dalam anime One Piece. Selain itu dirinya juga mendubbing film Babe ke dalam bahasa Jepang, di mana ia mendubbing suara sosok Babe yang diperankan oleh Christine Cavanaugh, termasuk menyumbangkan suaranya dalam sejumlah lagu tema di beberapa anime yang turut ia perankan, seperti Sakura Wars hingga Dragon Ball. Seiyuu yang juga memiliki hobi teater ini juga telah mendapatkan sejumlah pernghargaan seperti 9th Anime Grand Prix 1986 sebagai seiyuu wanita terbaik, Kazue Takahashi Memorial Award di 5th Seiyu Awards 2011, hingga Kids Family Award di 7th Seiyu Awards 2013.

Dengan pengalaman dan jam terbangnya yang sudah sangat banyak tersebut, sosok Mayumi Tanaka telah menjadi salah seorang seiyuu papan atas yang cukup dihormati dan disegani dalam belantika industri pelaku suara di Jepang. Dan kiprahnya sebagai Luffy selama 20 tahun tentu membuat dirinya akan menjadi sosok yang sulit tergantikan bagi para penggemar One Piece di seluruh dunia. Meskipun begitu, Mayumi Tanaka berharap para fans akan bersedia menerima siapapun yang menjadi seiyuu Luffy menggantikan dirinya, “bila saatnya tiba”.

Oh ya, Mayumi Tanaka alias Hamayoshi sendiri memiliki sebuah blog maupun fansite yang dikelola oleh para fansnya. Meskipun begitu, sayangnya baik blog maupun fansitenya sendiri cukup jarang update. Bahkan blognya tidak pernah update lagi sejak tahun 2012. Meskipun begitu, Mayumi Tanaka akan selalu menjadi seorang seiyuu, aktris, dan selebriti yang akan dicintai oleh para fansnya di seluruh dunia.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.