BAGIKAN

10391420_10202390743555221_1655191811237281090_n

Perkembangan industri kreatif di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan progress nya. Satu per satu judul komik dan animasi lokal sudah bermunculan di tengah-tengah hingar bingar komik dan animasi dari luar negeri.

Satu lagi judul animasi karya kreator lokal akan tayang menghiasi layar televisi Indonesia. Animasi besutan Digital Global Maxinema ini berjudul Kukurockyou. Rencananya, seri animasi ini akan tayang pada tanggal 17 Agustus 2014 nanti.

Advertisement Inline

Mengusung semangat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69, KukuRockYou menyajikan kisah seekor ayam bernama Jagur yang terobsesi sebagai penyanyi rock.

Pada acara Press Conference yang diselenggarakan di gedung Gramedia Matraman pada hari Rabu, 13 Agustus 2014, Achmad Rofiq selaku sutradara seri KukuRockYou ini menyatakan bahwa pemilihan karakter ayam karena ayam-lah sosok yang dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia.

KukuRockYou ini nanti nya akan ditayangkan di stasiun TV Indosiar. Dengan slogan “Bukan Sekedar Jago Kandang”, seri animasi ini tidak semata-mata menyuguhkan hiburan, namun banyak memberikan sentuhan edukasi dengan kemasan ayam rock n roll. Tema cerita yang diangkat akan sangat erat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga akan mudah dicerna untuk penonton, terutama anak-anak Indonesia.

Digital Global Maxinema sendiri merupakan perusahaan kreatif berbasis ide yang berkonsentrasi mengembangkan produk-produk kreatif berkualitas seperti film animasi dan produk kreatif berbasis IP (Intelectual Property) Licensing.

10330407_10202390743755226_1338243736075505311_n

Berhubungan dengan IP Licensing, pihak Gramedia dan Elex Media Komputindo bekerjasama dengan KukuRockYou untuk memproduksi dan mendistribusi berbagai merchandise yang bersifat edukasi dengan menggunakan karakter ayam rocker ini.

Pengerjaan serialisasi KukuRockYou ini rencananya akan dibuat sepanjang 1-cour (13 episode). Namun ada kemungkinan akan dilanjutkan dalam beberapa musim tambahan jika seri KukuRockYou ini digemari oleh masyarakat nantinya.

Untuk animasi nya sendiri, KukuRockYou dibuat menggunakan Blender Engine dan total waktu pengerjaan nya memakan waktu 3 tahun. Pemilihan judul KukuRockYou sendiri merupakan hasil saran dari Menteri Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Mari Elka Pangestu yang juga turut hadir dalam Press Conference di Gramedia Matraman Rabu sore.

11297_10202390743915230_2603013709101972913_n

Pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan akan mendukung penuh KukuRockYou dan diyakini dapat mencuri hati anak-anak Indonesia dan pastinya akan menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu. Mari Elka Pangestu mengatakan pihaknya akan terus mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia. Menurutnya, masyarakat sudah harus dapat mengubah persepsi, “Kita harus dapat meningkatkan apresiasi bahwa produk buatan anak bangsa itu tidak kalah dengan produk buatan impor” ucapnya.

KukuRockYou sendiri bercerita mengenai Jagur, seekor rocker pemula yang membutuhkan waktu untuk menjadi rocker sejati dan perlu pengalaman pula untuk diakui. Tapi jagur bukan rocker yang pantang menyerah. Ia ingin membuktikan kalau ia “Bukan sekedar Jago Kandang”. Bersama Siyap, pengelana gembel kawan setianya Jagur semakin percaya diri untuk mengukuhkan dirinya sebagai rockstar. Namun masalah sering kali muncul. Pesaing bertebaran dimana-mana. Bersama Heni, Pak Kate, Bu Kate, dan anak-anak – Blap,Blip,Blup,Blep,Blob, mereka ingin menunjukkan rock sejati ada disini, yaitu di Apartemen Kandang Menang.

Simak trailer seri KukuRockYou berikut ini :

Dibalik pengerjaan seri KukuRockYou ini, semua pengerjaan nya dilakukan oleh komunitas. Untuk pengisi suara, meskipun dikabarkan ada beberapa artis yang mengajukan diri, namun karakter dalam KukuRockYou disuarakan oleh komunitas pengisi suara (Seiyuu). Begitu juga dengan animasi yang dikerjakan oleh komunitas. Adapun pengisian suara diserahkan kepada PT BOZZ Bintang Sinergi dengan pengisian suara dipercayakan kepada para Seiyuu seperti Boy Tunjuk, Lala Sitompul, Mayadifka Dhika, Trie Budi Prakoso, Edy Rahmat, dan Rio Fitra. Adapun untuk musik, KukuRockYou juga menggandeng Band kenamaan SLANK dalam pengaransemen musiknya.

Seiyuu Kukurockyou

Para Seiyuu yang tergabung dalam KukuRockYou dari kiri ke kanan: Boy Tunjuk, Lala Sitompul, Mayadifka Dhika, Trie Budi Prakoso, Edy Rahmat, dan Rio Fitra

Menurut Ahmad Rofiq, KukuRockYou merupakan mercusuar tonggak kebangkitan animasi Indonesia. Karena ia yakin potensi insan muda kreatif Indonesia mampu membuat animasi kelas dunia, karena dibalik pengerjaan berbagai animasi luar negeri sering terlibat kreator dalam negeri dalam pembuatannya. Dengan KukuRockYou ini, diharapkan para kreator lokal yang mengerjakan untuk animasi luar negeri tersebut mampu melihat potensi kampung halaman nya dan bersatu padu mengembangkan dunia animasi Indonesia.

Seri KukuRockYou ini bisa disaksikan di stasiun TV Indosiar mulai 17 Agustus 2014. Aksi para ayam ini dapat disaksikan setiap hari minggu pukul 09.00 WIB.

Dan rencananya, akan diadakan sebuah kontes menyanyi anak-anak bertajuk Kid Rock sebagai bentuk promosi seri animasi KukuRockYou. Ahmad Rofiq menyatakan bahwa kontes menyanyi ini akan diselenggarakan di berbagai mal nantinya.

Selain KukuRockYou, Ahmad Rofiq mengakui sedang mengerjakan proyek animasi lain, salah satunya adalah rencana adaptasi layar lebar KukuRockYou yang menyatukan animasi dengan live-action. Selain movie KukuRockYou, diisyaratkan pihaknya tengah menyiapkan animasi bertemakan Silat yang masih dalam tahap pengerjaan.

KAORI Newsline | Teks oleh Rafly Nugroho & Dody Kusumanto | Foto oleh Adi Wibowo Wendar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.