BAGIKAN
idle game

Meskipun Idle game tergolong masih muda, genre ini pertama kali muncul di PC 17 tahun lalu di mana para pemain hanya bisa melihat progres mereka di layar berupa teks dan angka yang berubah-ubah. Idle game mulai diminati banyak orang karena mekanismenya yang super simpel dan memungkinkan pemain bermain tanpa harus sering berinteraksi dengan game tersebut.

Belakangan ini idle game mulai dikembangkan secara hati-hati terutama dalam segi grafis dan gameplay, namun pada dasarnya game jenis ini menawarkan permainan tanpa banyak interaksi. Uang game atau item bisa didapatkan secara periodik dan pemain bertugas untuk mengambilnya serta mempercepat proses untuk mendapatkan item dan uang game tersebut. Singkatnya, kamu hanya perlu sentuh, tunggu, upgrade, dan ulangi prosesnya. Sebagian besar idle game juga memungkinkan player untuk bermain tanpa login di dalam game.

Jadi apa yang membuat orang-orang tertarik dengan genre game yang sangat simpel dan tidak membutuhkan banyak usaha dan strategi ini? Jawabannya adalah karena game ini memberikan sensasi atas pencapaian yang didapatkan oleh playernya. Tujuan para player ketika bermain game adalah untuk mendapatkan kesenangan atas pencapaian yang ditorehkan, serta kebanggaan ketika melewati berbagai tantangan yang ada. Idle game mampu memberikan kepuasan kepada para player saat bermain selagi mereka melakukan hal produktif lainnya.

Advertisement Inline

Namun, sejak tahun 2018, genre idle game mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan. Kemudahan bermain mungkin juga membuat para player semakin cepat bosan. Tren dan kompetisi yang sengit dari genre game lain membuat idle game harus “berevolusi” ke bentuk yang lebih baru, yaitu: “Hybrid Idle game”. Sebagai contoh, salah satu idle game terbaru dari Com2uS: DragonSky, game ini menggunakan ciri khas yang sama seperti game “chicken shooting” pada konsol sebelumnya, ditambah dengan elemen RPG sebagai bumbu yang mampu menarik para pemain untuk bermain dalam jangka waktu yang lama.

Bagian idle dari DragonSky membuatnya semakin menarik bagi player saat dikombinasikan dengan faktor “keberuntungan”. Saat mengoleksi dan menggabungkan naga untuk menyelesaikan stage tanpa akhir di DragonSky, player bisa mengoleksi naga yang lebih langka. Kalau kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan naga Rare, Epic atau Legendary. Player juga tidak boleh terlalu “malas” karena masih harus memilih tipe naga yang tepat untuk setiap mode game.

Dengan adanya berbagai mode game seperti stage, PvP, Legendary boss dan Legion, DragonSky adalah generasi baru Idle game, yang punya fitur lebih lengkap dan juga punya tampilan grafis yang baik.

Kamu bisa mencoba DragonSky: Idle & Merge dan memberikan pendapatmu:

Android: http://bit.ly/DSPlaystore

iOS: http://bit.ly/DSAppstore

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.