psycho-pass 3
©Psycho-Pass Production Committee · Production I.G

Sinopsis

Pada tahun 2120, Jepang menjadi satu-satunya negara yang berstatus sebagai negara yang damai dan sejahtera. Semua itu dapat tercapai berkat Sybil System yaitu sistem informasi yang mengatur perilaku masyarakat melalui pengukuran angka dari mental seseorang yang di sebut sebagai Psycho Pass. Saat ini kepanjangan tangan Sybil System yaitu Biro Investigasi Kriminal dan Keamanan Publik memiliki dua inspektur baru yaitu Shindou Arata dan Ignatov Kei Mikhail yang berusaha untuk memahami dan mencari kebenaran dari dunia melalui kasus kriminal yang mereka hadapi.

Komentar

Psycho-Pass 3 adalah kelanjutan cerita dari trilogi film Psycho-Pass Sinner Of The System yang tayang di Jepang tahun 2018 silam. Season ke-tiga ini memiliki durasi per episode yang kurang lebih sekitar 45 menit ini sepertinya menjanjikan cerita yang padat dan menarik untuk diikuti.

Jika sebelumnya Psycho-Pass hanya berfokus dengan lika-liku pekerjaan Biro Investigasi Kriminal dan Keamanan Publik untuk menangani para kriminal, pada season ke-tiga ini organisasi-organisasi lain penunjang di negara Jepang pun mulai disinggung. hal ini seakan-akan menunjukan bahwa Psycho Pass ini membangun dunia yang lebih kompleks dan tidak berfokus pada satu titik saja.

Advertisement Inline

Perubahaan karakter utama di season ketiga ini menjadi hal yang menarik. Karena motivasi dari Shindou Arata dan Ignatov Kei Mikhail sepertinya untuk menginvestigasi rahasia dari Sybil System sendiri yang sebelumnya hanya diketahui oleh Akane Tsunemori dan Mika Shimotsuki. 

Shindou Arata sendiri memiliki kemampuan unik untuk melakukan investigasi karena sebelumnya dia adalah seorang “Mentalist”, sehingga Arata mampu untuk me-reka ulang adegan-adegan kecelakaan atau kriminal yang terjadi di masa lalu. Namun, sosok manusia berwajah binatang yang menghantui Arata ini adalah titik utama yang akan menjadi masalah bagi karakter ini di episode-episode mendatang.

Di lain sisi Ignatov Kei Mikhail sepertinya terlihat bagaikan seorang pria normal. Namun, mengingat latar belakang pekerjaan sebelumnya berada dalam ranah militer, apa mungkin Ignatov bergabung ke dalam Biro Investigasi Kriminal dan Keamanan Publik untuk menginvestigasi Sybil System atau mencari suatu rahasia? Karena selama epidose pertama ini Ignatov dan Arata terlihat seperti menjalankan rencana yang telah mereka buat secara matang.

Psycho-Pass 3 tidak kehilangan sentuhan utama mereka, yaitu bumbu-bumbu cerita misteri yang kental akan investigasi di sebuah TKP dan tentu saja senjata Dominator masih menghakimi para kriminal dengan cara yang sangat khas, walaupun penggunaan Dominator mode Lethal Eliminator atau Decomposer belum diperlihatkan kembali di sini.

Bukan hal aneh jika Psycho-Pass 3 memunculkan banyak pertanyaan awal pada awal episodenya, terutama persoalan hilangnya Akane Tsunemori atau mungkin lebih tepatnya mengapa dia tahan dalam sebuah fasilitas dan dikabarkan terlibat dalam sebuah insiden besar. Apakah hal ini memiliki hubungan dengan cerita yang sudah terjadi atau mungkin ada sebuah konspirasi yang terjadi?

Terlihat jika Mika Shimotsuki memerintahkan para bawahannya seperti Ginoza Nobuchika untuk menginvestigasi suatu hal. Namun pada episode pertama ini belum dijelaskan motivasi dari investigasi tersebut.

Selain itu ada sebuah indikasi jika sebuah organisasi besar memiliki rencana untuk menganggu keamanan negara atau bahkan akan kembali mengancam keberadaan Sybil System, terutama disinggung sebuah sistem bernama Bifrost yang sepertinya akan menjadi salah satu kunci cerita di season ketiga ini. 

Psycho-Pass 3 kembali menimbulkan pertanyaan besar yaitu apakah Sybil System pada akhirnya akan hancur atau bahkan berhasil mencapai supremasi untuk mengontrol total seluruh harkat hidup manusia di dunia?

Seluruh pertanyaan ini mungkin dapat terjawab di akhir season ke-tiga ini dan Psycho-Pass 3 masih membuka kemungkinan baru untuk sekuel selanjutnya!

Fakta dan Data

Karya asliGen Urobuchi (kreator)
Pengisi suara
Akio Ohtsuka sebagai Temma Todoroki
Atsuko Tanaka sebagai Sayako Saisonotera
Ayane Sakura sebagai Mika Shimotsuki
Hiroshi Naka sebagai Yōhiroshi Daiginsaki
Hiroki Touchi sebagai Teppei Sugo
Junichi Suwabe sebagai Kazumichi Irie
Kana Hanazawa sebagai Akane Tsunemori
Kaori Nazuka sebagai Mao Kisaragi
Kenji Nojima sebagai Nobuchika Ginoza
Kenyuu Horiuchi sebagai Kōichi Azusawa
Mamoru Miyano sebagai Shizuhi Hōmura
Miyuki Sawashiro sebagai Shion Karanomori
Noriko Hidaka sebagai Dominator
Sayuri Yahagi sebagai Senya Obata
Shizuka Itou sebagai Yayoi Kunizuka
Takako Honda sebagai Frederica Hanashiro
Takahiro Sakurai sebagai Sho Hinakawa
Tomokazu Seki sebagai Shinya Kōgami
Toshiyuki Morikawa sebagai Round Robin
Yōko Hikasa sebagai Karina Komiya
Yūichi Nakamura sebagai Kei Mikhail Ignatov
Yuuki Kaji sebagai Arata Shindō
SutradaraNaoyoshi Shinotani (Psycho Pass Franchise)
Penulis skenario

Makoto Fukami (Berserk dan Psycho Pass), Ryo Yoshigami (Psycho Pass Sinner Of The System) dan Tow Ubukata (Ghost In The Shell:Arise, Psycho Pass 2)

Desain karakterAkira Amano (Psycho Pass Franchise) dan Naoyuki Onda (Gantz, Mobile Suit Zeta Gundam : A New Translation dan Psycho Pass Franchise)
MusikYugo Kanno (Ajin, Gundam Reconguista In G dan Psycho Pass Franchise)
Lagu pembukaQ-vism” oleh Who-ya Extended
Lagu  penutupBullet” oleh Co Shu Nie
StudioProduction I.G (Psycho Pass Franchise, 009 Re:Cyborg, Ace Of Diamond, Blood+)
Situs resmihttps://psycho-pass.com/
Twitterhttps://twitter.com/psychopass_tv/
Mulai tayang pada24 Oktober 2019 (1545 GMT, 2245 WIB) 24 Oktober 2019 (0045 JST)

Screenshot dan Video

psycho-pass 3
©Psycho-Pass Production Committee · Production I.G
©Psycho-Pass Production Committee · Production I.G
©Psycho-Pass Production Committee · Production I.G
©Psycho-Pass Production Committee · Production I.G

 

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.