BAGIKAN
indocomtech

Indocomtech, pameran teknologi tersbesar di Indonesia tahun ini telah memasuki tahun ke-27. Mempunyai tujuan di tahun ini yaitu mengembangkan tren teknologi terkini untuk hadapi Revolusi Industri 4.0 . Pada perhelatan indocomtech 2018 yang lalu, event ini sukses menyedot animo tinggi dari masyarakat dan mendapat tren positif. Selain itu, event ini mencatatkan transaksi sebesar Rp 639 Miliar dengan total pengunjung sekitar 185.000 orang yang hadir. 

Pada perhelatan Indocomtech 2019 ini, mereka menyuguhkan beragam tren teknologi terkini. Ada 250 perusahaan teknologi dari lokal maupun internasional seperti HP, acer, ASUS, MSI, Dell, intel, EPSON, V-Gen, dan Apple (iBOX) sebagai platform jual beli aset digital terbesar di Indonesia. Selama event ini berlangsung, para ekshibitor memamerkan produk anyarnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam beberapa hal seperti accessories, audio, camera, gaming equipment, laptop & PC, TV, Telco, smartphone, smarthome dan wearable device.

Pada perhelatan Indocomtech 2019 kali ini menghadirkan turnamen esports pertamanya yaitu OMEN Challenger Series 2019 yang diselenggarakan oleh HP inc. Selain kompetisi esports ada pula Cosplay dan Coswalk Competition yang dinilai oleh juri Cosplayer terkenal dan jangan lupa, ada penampilan dari Weird Genius dan ramengvrl yang siap mewarnai panggung Indocomtech 2019.

Advertisement Inline

Terselenggaranya Indocomtech mendapatkan sambutan positif dari Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI). Ketua Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI), Hidayat Tjokrodjojo mengatakan bahwa Indocomtech adalah bukti komitmen dalam mendukung program pemerintah. “Pemerintah telah memiliki perhatian serius dalam menghadapi arus revolusi industri 4.0 yang begitu canggih. Dengan suguhan beragam tren teknologi terkini yang ditampilkan di Indocomtech, kami berharap dapat turut menyukseskan program yang telah pemerintah jalankan yakni “Making Indonesia 4.0.”

Seperti yang disampaikan oleh pihak yayasan APKOMINDO Indonesia (YAI), pemerintah telah melakukan terobosan dalam menyiasati Revolusi Industri 4.0. Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya Peta Jalan (roadmap) Revolusi Industri 4.0 bernama “Making Indonesia 4.0” yang disahkan oleh Presiden Jokowi pada 2018 lalu.

Dengan menargetkan dikunjungi  200.000 pengunjung, Indocomtech tidak hanya menjadi ajang pameran jual beli beragam produk teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), financial technology, smart health, drone, blockchain dan virtual reality saja, tetapi sekaligus juga wahana edukasi dan sharing perkembangan teknologi yang saat ini mengarah pada pemanfaatannya yang lebih luas.

Dari lima sektor manufaktur yang difokuskan di peta jalan, salah satunya adalah sektor elektronik yang mencakup berbagai produk gawai dan teknologi informasi seperti smartphone, laptop, komputer, kamera dan sebagainya. Di samping itu, dukungan dari pemerintah juga diberikan lewat peresmian tol langit berupa Palapa Ring sejak 14 Oktober 2019 oleh Presiden Joko Widodo yang menghubungkan konektivitas di 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya HP Indonesia akan memperkenalkan printer toner tank pertama di dunia, HP Neverstop Laser. Seri printer terbaru ini didukung oleh tanki toner revolusioner yang dapat dengan mudah mengisi ulang sendiri dalam 15 detik. HP juga menawarkan promosi untuk seluruh pengunjung Indocomtech, sepuluh pembelian HP Neverstop Laser pertama akan mendapatkan hadiah koper eksklusif. Kunjungi booth HP di Hall A, JCC, dan dapatkan promosi spesial untuk seluruh rangkaian PC, printer, tinta dan toner asli, serta aksesoris HP.

“Sesuai dengan temanya “Never Stop Exploring”, Indocomtech senantiasa berusaha memberikan pengalaman lebih kepada masyarakat lewat berbagai inspirasi teknologi serta beragam kegiatan yang menarik dan menghibur. Itulah kenapa tahun ini kami mengadakan turnamen esports, esports exhibition hingga pertunjukan cosplay.” kata Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional Bambang Setiawan.

Sebagai ajang edukasi dan transfer pengetahuan untuk merespon perkembangan teknologi terkini, Indocomtech mengadakan sejumlah program talkshow dan seminar, diantaranya workshop bidang animasi, digital marketing, dan entrepreneurship.

Untuk mendukung upaya internaliassi program  pendidikan berbasis 4.0 dan penerapan  Indocomtech bekerja sama dengan Persatuan Guru Indonesia (PGRI) menyelenggarakan Olimpiade TIK Nasional  bertema ICT for Better Future  yang diiikuti hampir 600 peserta yang terdiri dari para siswa mulai dari SD, SMP dan SMA se-Indonesia. PGRI juga mengadakan workshop dan seminar nasional untuk para guru.

Sejumlah kompetisi yang digelar diantaranya robotic, membuat games, coding, video kreatif, ICT for math, blog, fotografi dan sebagainya. Khusus untuk para pendidik juga dapat mengikuti serangkaian workshop dan seminar yang tentang penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi yang mendukung pendidikan 4.0 berbasis cloud.

Pelaksanaan Olimpiade TIK  tersebut menurut Ketua Yayasan Apkomindo Indonesia, Hidayat  Tjokrodjojo menjadi ajang sosialiasasi kepada para guru dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis STEAM (Science- Technology – Engineering – Art – Mathematics). “STEAM ini sangat penting dipahami dan dikuasai para guru sehingga semua mata pelajaran dapat diaplikasikan secara STEAM. ujar Hidayat Tjokrodojo.

Lebih lanjut Hidayat mengatakan, Indcomtech akan terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan sejumlah kementerian terkait, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwiasata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan instansi terkait lainnya.

Indocomtech adalah pameran teknologi yang mendapatkan animo tinggi dari masyarakat. Dari tahun ke tahun, Indocomtech senantiasa mengalami tren yang positif. Tahun lalu, pameran ini mencatatkan transaksi sebesar Rp 639 miliar dengan total pengunjung sekitar 185.000 orang. Bambang Setiawan berharap, Indocomtech 2019 akan terjadi peningkatan baik dari jumlah pengunjung maupun nilai transaksi. Indocomtech tahun ini disponsori oleh Telesindo, Kalbe Nutritionals, Mayora dan Hanamasa.

Indocomtech 2019 yang tahun ini mengusung tema “Never Stop Exploring” akan diselenggarakan di Hall A, Hall B dan Cendrawasih Hall – Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta pada tanggal 30 Oktober – 3 November 2019 dengan tiket masuk seharga Rp. 25.000 (untuk weekday) dan Rp. 35.000 (untuk weekend). 

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.