NIJISANJI id
Booth NIJISANJI id di Creators Super Fest 2019 Jakarta (Foto: Ferdian Tiraska)

Acara pop kultur Creators Super Fest 2019 Jakarta yang telah digelar pada 26-27 Oktober lalu kian semarak dan meriah dengan kehadiran NIJISANJI id, yaitu grup Virtual Liver yang saat ini menjadi fenomenal dalam ranah pop kultur Jepang, terutama para penggemar VTuber. Proyek yang dikembangkan bersama NIJISANJI di Jepang oleh Ichikara inc dengan para karakter VLiver nya, yaitu Hana Macchia, ZEA Cornelia, dan Taka Radjiman, telah sukses menjadi pusat perhatian dalam perkembangan budaya VTuber di Indonesia. Penggemar mereka bahkan pun tersebar, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di acara yang digelar di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta ini, mereka tampil selama dua hari berturut-turut dan penampilan mereka disambut dengan penuh antusiasme dari para penggemar yang datang untuk menyambut mereka.

Tak hanya sampai disitu, sebuah pengumuman mengejutkan datang di sela – sela penampilan mereka di acara ini. Pada 27 Oktober 2019 lalu, dalam sesi penampilan kedua di Creators Super Fest 2019 Jakarta, mereka mengumumkan bahwa audisi untuk gelombang kedua Virtual Liver NIJISANJI  id telah dibuka pada 1 November 2019 hingga 17 November. Dalam pengumuman tersebut ditampilkan juga siluet keempat karakter VLiver baru untuk gelombang kedua tersebut.

Advertisement Inline

KAORI Nusantara berkesempatan untuk mewawancarai salah satu staf dari NIJISANJI id di sela-sela event Creators Super Fest 2019 Jakarta pada Minggu (28/10) di SMESCO Exhibition Hall. Dalam wawancara ini, kami mengulik serba – serbi mengenai proyek NIJISANJI id di Indonesia serta pengumuman audisi VLiver gelombang kedua.

Penasaran dengan wawancaranya? Inilah petikan wawancara kami bersama NIJISANJI id!

Mengapa memilih Indonesia sebagai ekspansi dari proyek NIJISANJI?

Alasan utamanya kalau di Indonesia budaya animenya sangat kuat. Untuk ke depannya, ekonomi Indonesia jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk, akan terus naik.

Bagaimana harapannya untuk perkembangan NIJISANJI id di Indonesia?

Tentu saja kita ingin dilihat oleh para penggemar pop kultur Jepang. Tetapi untuk ke depannya tidak hanya menyasar penggemar pop kultur Jepang saja, tapi juga berekspansi untuk menggaet fans di luar bidang itu.

Apa tujuan jangka pendek saat ini dari proyek NIJISANJI id?

Tentunya karena hari ini kita sudah umumkan audisi yang kedua, kami akan menambahkan karakter Liver baru. Untuk ke depannya kami sudah menyiapkan beberapa proyek – proyek baru. Bukan maksudnya di luar NIJISANJI id, tetapi masih di dalam NIJISANJI id untuk menyebarkan konten kami di seluruh Indonesia. Kami akan umumkan beberapa informasi baru yang kami utamakan reaksi audiencenya supaya ada dukungan dari fansnya yang sama – sama kita buat kontennya.

Berbicara soal gelombang kedua NIJISANJI id, apakah ada target untuk orang yang ikut dalam audisi kali ini?

Jadi sebenarnya untuk audisi kedua, kami hanya menyiapkan 4 Liver baru. Tetapi jika menemukan calon – calon terbaik dan kurang cocok sama yang kami akan umumkan, kami menyiapkan Liver baru juga di luar pengumuman audisi yang kedua.

Apakah ada rencana untuk berkolaborasi dengan virtual YouTuber Indonesia lainnya?

Tergantung harapannya Liver. Kalau Liver mau collab dengan Virtual YouTuber lainnya, kemungkinan besar kami bisa, tapi dari manajemen tidak begitu memaksa.

NIJISANJI id selama ini belum ada fitur superchat seperti yang ada di Jepang. Adakah rencana untuk dihadirkan? Apakah ada alternatif lain agar fans di Indonesia dapat men-support para VLiver-nya?

Jadi kami ada rencana untuk menjual yang namanya voice content, dan juga beberapa merchandise yang akan kami jual di Indonesia. Dan untuk ke depannya masalah superchat tadi, meskipun di Indonesia tidak ada superchat, kami akan menggunakan aplikasi lain supaya fans bisa mendukung aktivitas para VLiver.

KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.