KRL Seri E235 milik JR East sedang berdinas di Jalur Yamanote (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

JR East selaku operator kereta api terbesar di Tokyo mengumumkan layanan Jalur Yamanote dan Jalur Keihin-Tohoku akan dipotong relasinya sehubungan adanya pembangunan jalur di Stasiun Shinagawa. Pembangunan yang dilakukan pada Sabtu (16/11) ini dilakukan untuk menunjang jalur menuju stasiun baru, yaitu stasiun Takanawa Gateway. Pelaksanaanya sendiri akan dimulai dari kereta pertama sampai pukul 16.00 di jalur Yamanote dan di jalur Keihin-Tohoku, di mana perjalanan kereta akan dilakukan perpendekan (pemotongan) relasi.

Rinciannya, Layanan Jalur Yamanote akan ditutup antara Stasiun Osaki-Shinagawa sampai Stasiun Ueno. Sedangkan, jalur yang melewati Stasiun Shibuya-Stasiun Shinjuku masih tetap beroperasi. Sedangkan, di Jalur Keihin-Tohoku layanan yang akan ditutup yaitu diantara Stasiun Tamachi dan Stasiun Shinagawa.

Sebagai gantinya, JR East akan menambah layanan operasi di Jalur Ueno-Tokyo untuk menunjang penumpang yang ingin menuju ke Tokyo dan Shinagawa. JR East juga akan menambah layanan jalur Saikyo diantara Osaki ataupun Shin-Kiba menuju Akabane untuk mengangkut penumpang diantara stasiun tersebut. Selain itu, layanan jalur Rinkai akan ditambah operasinya antara Stasiun Shin-Kiba ke Osaki pada pukul 04.00 sampai 06.00 dan antara Shin-Kiba ke Akabane pada 10.00 sampai 16.00. Jika penumpang ingin naik antara Shinagawa dan Osaki, penumpang juga dapat menggunakan jalur Shonan-Shinjuku dan jalur Yokosuka.

Advertisement Inline

JR East juga akan memfasilitasi penumpang mempergunakan moda alternatif  tiketnya dapat digunakan di seluruh layanan kereta di luar jalur JR East. Aturan ini berlaku kepada pengguna tiket sekali pakai, tiket komuter, dan sejenisnya. Direncanakan, jalur yang dapat dilewati oleh tiket JR East adalah seluruh jalur Tokyo Metro, jalur Toei, Jalur Tokyu, jalur Keikyu, jalur Yurikamome, dan jalur Rinkai di Tokyo Waterfront Area Rapid Transit (TWR).

Rencananya, Layanan jalur Yamanote akan kembali dioperasikan mulai pukul 16.00 namun dengan perjalanan KA hanya 70% dari kapasitas normal, kemudian mulai pukul 18:00 akan beroperasi dengan normal. Lalu pada jalur Keihin-Tohoku, layanan kereta tidak akan melewati kedua stasiun tersebut sampai kereta terakhir.

Pada Minggu (17/11), akan terjadi perubahan jalur di stasiun Shinagawa. Perjalanan jalur Keihin-Tohoku tujuan Omiya yang sebelumnya diberangkatkan dari jalur 3, akan dipindah ke jalur 4.  Apabila pekerjaan dinyatakan tidak dapat diselesaikan pada hari itu (jika adanya gangguan cuaca dsb.) maka, pekerjaan akan ditunda dan dilanjutkan pada Sabtu (14/12).

JR East juga memohon maaf atas ketidaknyamanannya dan meminta para penumpang untuk memahami keadaan ini.

Cemplus Newsline by KAORI | Ramadhan Krisna

Rincian Jalur Yamanote dan Keihin-Tohoku yang ditutup oleh JR East (JR East)
Rencana Operasi setelah pukul 16.00, JR East akan kembalikan operasi Jalur Yamanote secara bertahap (JR East)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.