Event Creators Super Fest 2019 akhirnya kembali diselenggarakan pada tahun ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, event tahunan yang digelar oleh Sozo ini kini digelar di dua kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya dan Jakarta. Gelaran event Creators Super Fest 2019 di ibukota telah diselenggarakan pada 26-27 Oktober di gedung SMESCO Exhibition Hall.

Seperti pada 2 tahun sebelumnya, berbagai konten acara menarik kembali disajikan di event Creators Super Fest 2019. Mulai dari pasar kreator, turnamen game, hingga penampilan berbagai bintang tamu di panggung utama yang sudah ditunggu-tunggu oleh para penikmat jejepangan Jabodetabek dan sekitarnya.

Kira-kira seperti apa keseruan di acaranya? Inilah laporan KAORI seputar event Creators Super Fest 2019 Jakarta!

Dari Pasar Kreator, Karaoke, Hingga Sally Amaki! (oleh Tanto D)

Creators Super Fest 2019 Jakarta
Foto oleh Keinda Dwi Adilla

Event Creators Super Fest 2019 kembali menghadirkan area booth untuk para lingkar kreatif (circle) yang menjajakan berbagai pernik jualannya. Bila dibandingkan dengan acara pasar kreator lain yang juga diselenggarakan di ibukota, jumlah lingkar kreatif yang mengisi area booth circle di acara ini pun memang lebih sedikit. Namun, berbagai lingkar kreatif yang hadir di sini merupakan nama-nama yang sudah familiar di kalangan penikmat jejepangan Jabodetabek.

Advertisement Inline

Selain berbagai pernik “ekonomis” dan terjangkau seperti pin, gantungan kunci, sticker, dan poster, ada juga booth yang menjual berbagai pernik “lux” seperti kaos dan fanbook/fannovel. Tak hanya berbagai booth circle yang menjajakan pernik dari serial anime seperti Kimetsu no Yaiba, My Hero Academia, Granblue Fantasy, dan Fire Force, ada juga booth yang menjual seri komik yang terinspirasi kisah perwayangan Indonesia, Punakawan Studio.

Selain booth circle, berbagai booth dari beberapa perusahaan yang bergerak di jagad pop kultur jejepangan juga ada di sini. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah booth dari publisher game ternama Bandai Namco yang membawa dua judul game yang sudah familiar oleh para penikmat jejepangan tanah air, yaitu Taiko no Tatsujin dan Code Vein. Selain itu, ada juga booth dari salah satu penyedia streaming anime Asia Tenggara yang juga dapat ditonton di Indonesia, Muse Asia, serta booth dari proyek virtual YouTuber NIJISANJI.id.

Selain di dalam hall, area luar event Creators Super Fest 2019 juga begitu ramai dengan berbagai booth penjaja makanan dan juga karaoke. Di booth ini, Anda bisa ikut menyanyikan lagu anisong favoritnya. Tak ayal, booth ini langsung ramai para pengunjung selama dua hari penyelenggaraannya.

Kembali ke dalam area acara, panggung utama Creators Super Fest 2019 juga menghadirkan berbagai konten acara menarik. Konten acaranya pun beragam, mulai dari sesi sharing dari para kreator, turnamen game. Ada juga penampilan berbagai bintang tamu di sini, mulai dari virtual YouTuber, DJ Anisong, dan tentu saja salah satu personil 22/7 yang kedatangannya sudah ditunggu-tunggu oleh para penikmat jejepangan di tanah air, Sally Amaki! Tidak hanya sekali, Sally Amaki tampil selama dua hari berturut-turut di acara ini.

Baca Juga: Kami Mewawancarai Sally Amaki “22/7” di event Creators Super Fest 2019

Lebih Dekat Dengan Para Kreator (oleh Keinda DA)

creators super fest 2019 jakarta
Tian dan Soyatu (Foto: Keinda Dwi Adilla)

Selain menghadirkan berbagai konten hiburan, panggung utama Creators Super Fesr 2019 juga menghadirkan para kreator, mulai dari ilustrator hingga komikus, sebagai bintang tamunya. Dua dari beberapa ilustrator yang diundang dalam Creator Super Fest 2019 adalah Tian Muhammad dan Soyatu. Di hari pertama, mereka berdua mendapatkan kesempatan untuk membicarakan karya-karya mereka dan tentunya, membagikan pengalaman mereka sebagai ilustrator yang sudah bekerja sama dengan berbagai musisi dan band asal Jepang.

Tian dan Soyatu mengatakan bahwa untuk dapat berkomunikasi dengan pasar yang mereka inginkan, kita harus mengetahui kondisi pasar saat itu untuk melakukan pendekatan ke orang-orang yang ingin mereka ajak bekerja sama. Salah satunya adalah memilih penggunaan media sosial yang akan dilirik oleh pasar mereka. Sebagai contoh, Soyatu menggunakan Twitter untuk dapat lebih banyak berinteraksi dengan audiens dan “calon” kliennya yang berasal dari Jepang dan Instagram untuk berinteraksi dengan audiens dalam negeri. Sedangkan, Tian memilih Instagram untuk menarik perhatian musisi Jepang yang ingin bekerjasama dengannya. 

creators super fest 2019 jakarta
Tian dan Soyatu (Foto: Keinda Dwi Adilla)

Terakhir, Tian dan Soyatu berpesan kepada ilustrator lainnya yang juga ingin memulai karirnya agar selalu mencari referensi untuk ilustrasi dan jangan lupa untuk selalu up-to-date dengan tren ilustrasi dan pasar saat ini.

Tak hanya menjadi salah satu artistee pembicara di CSF 2019, Tian Muhammad dan Soyatu juga ikut meramaikan acara ini dengan membuka booth dan menjual berbagai merchandise mulai seperti art print hingga sticker. Mereka juga menjual limited merchandise hasil kolaborasi mereka berdua yang hanya dijual di CSF 2019.

Artikel liputan event Creators Super Fest 2019 Jakarta berlanjut ke halaman selanjutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.