gim simulasi membesarkan anak
© PQube / Studio Namaapa

Ciel Fledge, gim terbaru karya Studi Namaapa, salah satu pengembang gim dalam negeri yang berlokasi di Jakarta sejak 2015 ini sebagaimana telah diberitakan sebelumnya akan dirilis pada musim gugur 2019. Kini melalui pengumuman resmi pada 04 Desember 2019, akhirnya telah diumumkan tanggal perilisan oleh PQube Games, publisher gim asal Inggris yang akan merilisnya di bawah label PQube Indies di Nintendo Switch dan Steam, di mana gim simulasi membesarkan anak ini akan dirilis pada 21 Februari 2020 mendatang.

Belum diketahui juga mengapa perilisan diundur hingga menjadi februari 2020 setelah sebelumnya direncanakan dirilis pada musim gugur 2019. Ciel Fledge sendiri adalah gim simulasi membesarkan anak yang bernama Ciel dalam kurun waktu 10 tahun dalam sebuah “Ark” (bahtera) di langit, di mana pemain akan memikirkan untuk bagaimana cara mengasuh anak dimulai dari jadwal kesehariannya sejak pagi hingga malam hari. Keunikan dari gim ini ialah semua pilihan yang dibuat akan memengaruhi watak dan masa depan sang anak ke depannya, sehingga seluruh aksi akan sangat mempengaruhinya baik apakah ia akan menjadi seorang idola, prajurit, atau profesi lainnya.

Selain simulasi merawat anak, gim ini juga memiliki mode Puzzle-RPG di mana pemain nantinya akan berperan untuk keluar dari Ark 3, salah satu dari 7 kapal angkasa yang masih bertahan setelah monster jahat menghancurkan Ark 5, dan membasmi para monster-monster jahat dengan cara yang cukup unik daripada RPG lainnya.

Advertisement Inline

Beberapa waktu lalu staf KAORI Nusantara juga sudah mencicipinya gim ini sewaktu BEKRAF Game Prime 2019, berikut ulasan singkat ketika kami sempat memainkannya walau hanya 30 menit. Intip ulasannya berikut ini:

Ciel Fledge sendiri terinspirasi dari gim-gim simulasi seperti Princess Maker 2, yang memuat aspek simulasi, novel visual, dan pertarungan bersistem puzzle. Yang menarik, dalam kurun waktu 10 membesarkan sang anak, sang anak berikut karakter-karakter lainnya akan mengalami perubahan penampilan sesuai dengan umur masing-masing, bahkan ada juga yang tidak akan hidup hingga 10 tahun. Nantikan segera gimnya 21 Februari 2020 mendatang!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.