Elly Kusumah Berbagi Cerita Tentang Doraemon

0

Elly Kusumah

Seiyuu Senior Elly Kusumah yang pernah aktif dalam penyulihsuaraan Anime Doraemon di Indonesia sebagai Ibu Nobita pada periode 1989-2006 dan 2008-2009 baru-baru ini sedikit berbagi cerita mengenai latar belakang keterlibatan dirinya dalam penyulihsuaraan Doraemon ke dalam Bahasa Indonesia. Berikut ini adalah penuturan singkat dari pengalaman beliau:

Advertisement Inline

Untuk teman-teman yang pernah tanya tentang Seiyuu Doraemon ini kronologisnya: Awalnya untuk dubb diseleksi dengan tes yang cukup sulit oleh orang Jepang Takeda di bawah pimpinan almarhum Olan Sitompul (Suami dari Sri Purwaningsih dan Ayah dari Riki, Lala, dan Oskar Sitompul, semuanya adalah Seiyuu) sampai akhirnya disahkan yang terpilih Anita Riyadi sebagai Doremon, Ivone Rose sebagai Nobita, Mendiang Hamdani Hasni sebagai Suneo, Mendiang Is Andespa sebagai Giant, Prabawati Sukarta sebagai Shizuka, Ana Satria Lubis sebagai Ibu Giant, dan saya Ibu Nobita, kemudian tayang di RCTI bulan November 1989. Beberapa tahun kemudian Anita sibuk shooting maka diganti oleh Nurhasanah yg dipimpin Lukman Hakim sampai 2006. Tahun 2007 dan 2008 grup kami tidak dub lagi kcuali nurhasanah, tahun 2009 akhir, doraemon kembali didubbing oleh kami dan saya menjadi koordinator menggantikan Lukman. Itu terakhir kalinya kami dubbing doraemon. 4 tahun yang lalu. Yang pasti penggemar kami di tahun 89 sekarang sudah dewasa semua hahaha. Semoga maklum adanya. Terima kasih.

Doraemon diangkat dari serial komik karangan Fujiko F. Fujio. Bercerita mengenai sosok robot kucing dari masa depan bernama Doraemon yang membuantu kehidupan seorang bocah bernama Nobita yang selalu dirundung masalah dengan bantuan alat-alat ajaib milik Doraemon. Animenya diproduksi oleh Shin-Ei Animation Co., Ltd dengan distribusi di Jepang oleh Toho Co., Ltd.

Di Indonesia sendiri Doraemon diedarkan awalnya oleh PT. Hikmat & Chusen. Kini lisensi atas Doraemon di Indonesia dipegang oleh Animation International Indonesia dan PT. Perdana IMMG Indonesia selaku pemilik hak siar di Indonesia. Komiknya oleh penerbit Elex Media Komputindo dan Animenya ditayangkan setiap hari Minggu pukul 08.00 WIB di stasiun televisi RCTI.

Seiyuu lama Doraemon

Para Seiyuu Doraemon di masa lalu. Foto pertama paling kiri: Anita Riyadi

Foto kedua dari kiri ke kanan: Is Andespa, Elly Kusumah, Prabawati Sukarta, Nurhasanah, Ivonne Rose, Hamdani Hasni, dan Koordinator Lukman Hakim

Elly Kusumah yang juga pernah berprofesi sebagai penyiar di Radio Republik Indonesia ini memulai karirnya sebagai Seiyuu di bawah asuhan Sanggar Prathivi. Sebagai orang yang banyak berkecimpung di radio dan aktif di Sanggar Prathivi, dirinya aktif dalam Sandiwara Radio sebelum menjadi Seiyuu di film-film salah satunya adalah sebagai narator dalam Sandiwara Radio Misteri Nini Pelet dan memulai debutnya pada Sandiwara Radio Butir-Butir Pasir di Laut. Sebagai Seiyuu,eberapa film garapan Walt Disney Animation Studios seperti Duck Tales, Tarzan dan Anime kerjasama Walt Disney dengan Madhouse Stitch juga pernah disulihsuarakan oleh dirinya.

KAORI Newsline | Courtesy of Elly Kusumah & Tabloid Suar | Photo Courtesy of Asdi Suhastra, Elly Kusumah, dan Koleksi Pribadi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.