Jumat (10/01), PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi dalam transportasi Jabodetabek dengan membentuk Joint Venture, yaitu PT. Moda Integerasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

Perjanjian hari ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden mengenai pengelolaan sistem moda transportasi yang terintegrasi. “Arahan Presiden adalah untuk membentuk perusahaan yang melakukan pengelolaan moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi. Alhamdulillah arahan tersebut dapat terealisasikan hari ini dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT KAI Persero dan PT MRT Jakarta
Perseroda.” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya.

Joint Venture ini akan mengelola 72 stasiun kereta api yang berada di Jabodetabek, termasuk kereta api bandara, dan commuterline. Akan ada 4 stasiun yang menjadi pilot project dari penataan stasiun yang terintegrasi dengan moda lainnya, yaitu stasiun Pasar Senen, stasiun Sudirman, stasiun Tanah Abang, dan stasiun Juanda.

Advertisement Inline

Penandatanganan kepemilikan joint venture ini dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Direktur Utama PT MRT Jakarta Perseroda William P. Sabandar, dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Persero Edi Sukmoro yang disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan Ph.D.

Belum diketahui berapa investasi yang akan dikeluarkan untuk joint venture ini, namun kepemilikan saham akan dipegang oleh Pemprov DKI Jakarta sebesar 51%, dan KAI sebesar 49%.

Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan dalam pelaksanaan rencana aksi penataan kawasan stasiun-stasiun kereta api milik PT KAI (Persero), PT MRT Jakarta (Perseroda) akan bertindak sebagai project management unit yang memfasilitasi dan memonitor perkembangan pelaksanaan penataan tersebut. Sementara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini menjadi koordinator rencana aksi dengan pelaksanaan teknis oleh dinas-dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga, dst sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.