Salah satu agensi Youtuber virtual alias Vtuber terkemuka asal Jepang, Hololive Production, secara resmi mengumumkan audisi bagi insan-insan dari Indonesia dengan pengalaman streaming (game, bernyanyi, kreator konten, dll), dan tertantang untuk menjadi Vtuber di Indonesia. Audisi yang dibuka dari tanggal 27 Desember 2019 hingga ditutup pada 13 Januari 2020 ini sukses menarik perhatian serta memberikan antusiasme bagi para penggemarnya di Indonesia.

Hololive adalah proyek Agensi Vtuber yang dikembangkan oleh Cover Corporation. Agensi ini populer tidak hanya di Jepang tetapi juga di Tiongkok, dengan lebih dari 2,7 juta penggemar di Youtube dan lebih dari 3,5 juta penggemar di Bilibili. Dan saat ini, Hololive menjadi perbincangan hangat dalam ranah pop kultur Jepang, terutama bagi para penggemar Vtuber di Indonesia. Hingga pada tanggal 11 Desember 2019, telah dibuat sebuah laman resmi Hololive Indonesia di Facebook yang didedikasikan untuk memberikan info – info terbaru seputar Vtuber mereka kepada para penggemarnya di Indonesia.

Kali ini, tim KAORI Nusantara berkesempatan untuk mewawancarai pihak dari Hololive Production. Lewat wawancara ini, kami mengulik lebih dalam mengenai serba – serbi mengenai proyek Vtuber Hololive serta rencana pelebaran sayapnya di Indonesia dengan mengadakan audisi untuk menarik bakat – bakat baru dalam dunia Vtuber.

Seperti apa wawancaranya? Berikut adalah petikan wawancara KAORI bersama Hololive Production!

Advertisement Inline

Mengapa memilih Indonesia sebagai pasar dari ekspansi proyek Vtuber Hololive?
Keputusan ini berawal dari cukup banyak warga Indonesia yang mengakses Vtuber kami, dan kami melihat adanya Facebook Page buatan fans luar negeri, dan ternyata cukup banyak orang Indonesia di dalamnya. Dari situ kami berpikir untuk mencoba memperluas pasar kami ke Indonesia selain China yang aktif melalui Bilibili.

Bagaimana reaksi Anda ketika mengetahui proyek Vtuber Anda banyak digemari oleh penonton dari Indonesia?
Kami cukup terkejut, bahwa Hololive Production banyak diketahui oleh orang luar negeri terutama Indonesia. Dan kami berterima kasih karena banyak yang antusias untuk mengikuti audisi Vtuber Hololive Indonesia pertama kali ini.

Apa tujuan yang ingin dicapai dengan ekspansinya proyek Hololive di Indonesia?
Kami ingin mengenalkan Hololive pada banyak orang dan tidak hanya di Jepang tapi dapat dinikmati secara global, seperti China, Indonesia, dan mungkin negara lainnya jika ada kesempatan.

Saat ini perusahaan Anda sedang mengadakan audisi untuk menarik bakat di Indonesia dalam proyek Virtual Youtuber Anda. Calon bakat seperti apa yang Anda harapkan dari peserta yg mengikuti audisi tersebut?
Orang-orang yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi Vtuber dan dapat memerankan karakternya dengan baik. Bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris karena kami ada rencana untuk bisa collab dengan member Hololive Jepang dan China yang bisa berbahasa Inggris.

Konten apa yang ingin Anda tawarkan melalui proyek audisi Vtuber tersebut?
Untuk hal ini kami memberikan kebebasan pada Vtuber ingin membuat konten seperti apa selama kami menyetujuinya.

Apakah ada kriteria tertentu dalam audisi kali ini?
Tidak ada kriteria tertentu, hanya saja selama calon Vtuber itu memiliki keinginan kuat untuk menjadi Vtuber dan dapat berbicara bahasa asing agar viewers di luar Indonesia pun bisa menikmatinya. Karena kami ingin memperluas pasar secara global.

Saat ini ada berapa karakter Virtual Youtuber yang ingin Anda tawarkan kepada penggemar di Indonesia?
Hal ini belum kami putuskan, sesuai dari siapa saja yang akan lolos dalam audisi ini.

Apakah ada rencana untuk memperbanyak karakter untuk menarik lebih bakat di Indonesia untuk kedepannya?
Ada, jika proyek ini berjalan dengan lancar dan banyak penggemarnya, tidak menutup kemungkinan kami akan memperbanyak karakter walau tidak dalam waktu dekat.

Lalu, bagaimana harapannya untuk perkembangan proyek Hololive di Indonesia?
Semoga dengan diadakannya proyek ini, Vtuber dari Indonesia pun bisa berkembang menjadi lebih baik, agar perkembangan Vtuber di Indonesia semakin besar. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga seluruh dunia yaitu secara global.

Saat ini pun di Indonesia terdapat proyek Vtuber yang bernama NIJISANJI ID dan beberapa Vtuber lokal lainnya seperti Maya Putri atau Mintchan. Apakah suatu saat ada rencana untuk berkolaborasi dengan mereka?
Pastinya ada untuk menjalin hubungan yang baik dengan para Vtuber lokal.

Dalam proyek Vtuber Anda saat ini, fasilitas apa yang akan Anda berikan agar penggemar di Indonesia dapat men-support para vtuber Anda?
Mungkin untuk sekarang kami akan memakai Streamlabs, jika memungkinkan akan mencoba situs lokal agar mempermudah penggemar Indonesia untuk mendukung Vtuber Hololive Indonesia nantinya.

Terakhir, apakah ada pesan yang ingin disampaikan kepada penggemar Hololive di Indonesia?
Semoga dengan adanya proyek Hololive Indonesia ini dapat disukai oleh penggemar di Indonesia, dan dapat terus mendukung hololive agar lebih berkembang di Indonesia maupun global.

KAORI Nusantara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.