Remajakan Armada, Sambut Kereta seri E8 untuk Yamagata Shinkansen!

0
Yamagata Shinkansen
Bentuk 3 Dimensi dari Shinkansen seri E8 (JR East)

Selasa (3/3) Operator Kereta Api bagian Timur Jepang, JR East, mengumumkan pembelian kereta shinkansen yang baru. kereta ini nantinya akan berseri E8 ini akan beroperasi di jalur Yamagata untuk menggantikan seri E3 yang telah berdinas dari 1999. Rencananya, seri baru ini akan mulai beroperasi pada tahun 2024.

Digarap oleh desainer kenamaan yaitu Ken Okuyama. Shinkansen seri E8 ini akan memiliki 7 kereta per 1 set yang akan terdiri dari 5 kereta penggerak atau 2 kereta trailer. Kereta ini juga akan menggunakan Full Active Suspension pada seluruh rangkaiannya sama seperti seri E6. Kecepatannya pun ditingkatkan dari 275 km/h di seri E3 menjadi 300km/h. Dan seperti seri-seri sebelumnya, kereta ini juga akan dilengkapi oleh WiFi di setiap setnya.

Interior dari Green Class dari seri E8 saat diperkenalkan oleh JR East (JR East)

Kereta ini dapat menampung 355 orang. Meskipun lebih sedikit, kereta ini dapat menampung 2 pengguna kursi roda per kereta yang tentunya lebih banyak dari seri sebelumnya. Selain itu, seri ini juga memiliki bagasi yang lebih luas dari seri sebelumnya. Untuk keamanan, kamera pengawas pun dipasang pada plafon serta di atas lorong kereta.

Interior Kelas Reguler dari seri E8 saat diperkenalkan oleh JR East (JR East)

Warna eksteriornya merupakan gabungan dari warna Pastel Purple, Zao Bianco dan Safflower Yellow. Sedangkan interiornya sendiri memiliki tema Sungai Mogami dan Tsukiyama-Chuo. Pada Green Car, lorongnya menggambarkan aliran sungai Mogami sedangkan kursinya menggambarkan hijaunya Tsukiyama. Pada kereta lainnya, temanya adalah Sungai Mogami dan Bunga Kesumba. Dengan lorong yang menggambarkan sungai Mogami dan kursinya sendiri mengambarkan proses mekarnya bunga dengan gradasi.

Advertisement Inline

Seri ini rencananya akan diperlihatkan langsung kepada publik pada September 2022. Nantinya, seri ini akan diproduksi sebanyak 17 set yang ditargetkan akan selesai seluruhnya pada 2026.

Cemplus Newsline by KAORI | Press Release by East Japan Railway Company

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.