Menghindari Kerusuhan, Tokyo Metro Batalkan Event “Arigato” untuk Tokyo Metro seri 03

0
KRL TM seri 03 saat berdnias melalui jalur Tobu Skytree (Wikipedia/TRR2000)

Pada Jumat (28/2) lalu, operator Kereta Api (KA) bawah tanah Tokyo, Tokyo Metro mengumumkan penghentian pengoperasian KRL seri 03 dari jalur Hibiya. Namun, di hari itu TM tidak mengadakan event “Arigato” seperti yang dilaksanakan pada KRL seri 6000 pada 2018 lalu.

Ditemui oleh Railway Press Net, Tokyo Metro sendiri menyatakan bahwa mereka dengan resmi menghentikan layanan KRL seri 03 dari jalur Hibiya, namun tanpa perayaan. Hal ini dikarenakan adanya “kerusuhan” yang terjadi di kereta dan peron selama event berlangsung. Railfans yang ingin mengabadikan KRL ini sampai membuat keributan di peron.

“Saat penghentian pengoperasian seri 6000, ada beberapa penggemar kereta yang memenuhi peron dan kereta yang mengakibatkan adanya gangguan operasi serta membuat banyak penumpang terganggu. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membatalkan event penghentian operasi (untuk seri 03)”

Seri 03 sendiri telah beroperasi di jalur Hibiya sejak tahun 1988. Seri ini hadir sebagai bagian dari peremajaan armada dari seri 3000 yang telah menua. Sampai tahun 1994,  seri 03 telah diproduksi sebanyak 336 kereta yang terbagi atas 42 set. Namun pada 2001,  keretanya kembali diproduksi 1 kereta untuk mengganti kereta yang rusak dalam kecelakaan di tahun itu.

Advertisement Inline

Selain beroperasi di jalur Hibiya, seri 03 juga beroperasi di jalur Tobu Isesaki (Jalur Tobu SkyTree) dan Tokyo Kyuko Railway (sekarang Tokyu Railways) di jalur Toyoko.

Seri 03 sendiri biasanya terdiri atas 8 kereta, satu kereta biasanya sepanjang 18m. 1 kereta sendiri memiliki 3 pintu yang terletak di sebelah kanan dan kiri kereta (ada juga kereta yang 5 pintu di tiap sisinya). Namun karena perencanaan pemasangan Platform Safety Door (PSD), Tobu dan Tokyo Metro pun memperkenalkan seri selanjutnya yang akan terdiri atas 7 kereta dengan 4 pintu di tiap sisinya. Dan akhirnya pada 2017, Tokyo Metro pun memperkenalkan seri 13000 dan Tobu pun memperkenalkan seri 70000.

Dikarenakan pengadaan tersebut, TM pun memulai penghentian pengoperasian seri 03 secara berurutan. Sampai Februari 2020, TM hanya mengoperasikan 1 set yang terdiri atas 8 kereta (Set 36). TM sendiri sudah menjual beberapa keretanya ke Kumamoto Electric Railway (Kumaden) dan Nagano Electric Railway (Nagaden). Kumaden pun sudah mengoperasikan seri 03nya sejak April tahun lalu.

Tobu sendiri masih menggunakan seri 20000-nya sebagai terusan untuk menuju ke jalur Hibiya dengan stamformasi 8 kereta. Namun, sebentar lagi akan segera dipensiunkan. Tobu sendiri telah memensiunkan seri 20000 pada 29 Februari lalu. Seri 20000 sendiri perlahan telah dirombak dan dipindahkan ke jalur Nikko dan jalur Utsunomiya dan telah berubah nomor menjadi seri 20400 untuk menggantikan seri 8000 yang telah menua

Cemplus Newsline by KAORI | Oleh Ramadhan Krisna Adi P.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.