Sudah terasa lama sekali saya tidak sempat memainkan gim seri Fire Emblem. Saya masih teringat ketika masih baru memainkan seri ini, saya berhasil tertarik ke dalam dunianya dan memainkan hingga lebih dari puluhan jam hanya demi menyelamatkan satu orang saja. Setelah saya memutuskan “vakum” memainkan seri ini sewaktu di Nintendo 3DS, saya memutuskan untuk menunggu seri terbarunya yang mungkin saja akan dirilis di konsol Nintendo Switch. Tampaknya rasa penantian saya ini tidak sia-sia karena saya berhasil tergoda oleh dunia Fire Emblem: Three House selama puluhan jam dan mengulangi berbagai rute cerita yang ada. Bagi saya sendiri, gim ini termasuk pada jenis gim “tanggung satu gim lagi” dan seketika tak terasa sudah beberapa jam memainkan misi yang sama demi menyelesaikannya tanpa ada korban satupun.

Gim Fire Emblem: Three House merupakan gim RPG taktikal yang dikembangkan oleh Intelligent System bersama Koei Tecmo untuk konsol Nintendo Switch dan dirilis pada 26 Juli 2019 lalu. Gim ini merupakan seri utama dari seri Fire Emblem yang akhirnya kembali hadir ke konsol, setelah sebelumnya dirilis di konsol handheld. Seri ini telah memasuki seri ke-16 sejak pertama kali dirilis pada tahun 1990 di konsol Famicom / Nintendo Entertainment System.

Dengan kembalinya seri ini di konsol utama Nintendo, kira-kira akan seperti apakah seri ini dan apakah gim ini cocok untuk dimainkan hingga puluhan bahkan ratusan jam? Simak selengkapnya di ulasan gim Fire Emblem: Three House berikut!

Advertisement Inline

Premis Cerita

©2019 Nintendo / INTELLIGENT SYSTEMS. Co-developed by KOEI TECMO GAMES CO

Fire Emblem: Three House mengambil kisah di sebuah benua bernama Fódlan di mana wilayahnya terbagi atas tiga negara yang bersaing satu sama lain. Namun setelah peperangan besar yang terjadi, kini negara tersebut akhirnya berdamai. Negara-negara tersebut adalah Adrestian Empire, Holy Kingdom of Faerghus, dan Leicester Alliance. Di antara ketiga negara yang dulu berseteru tersebut, terdapat Church of Seirosyang berada di tengah benua, sebuah daerah khsus yang diperkasai oleh dasar agama dan kekuatan di Fódlan itu tersendiri. Dahulu kala, sebuah perang berkecamuk di benua Fódlan antara pendiri Seiros dan “King of Liberation” Nemesis, pada zaman di mana berdiri Seiros Empire. Setelahnya, negara tersebut akhirnya terpecah belah menjadi tiga negara yang dikenali saat ini. Dengan adanya beragam konflik yang terjadi di benua Fódlan, Church of Seiros berperan penting dan bertanggung jawab untuk mempertahankan kedamaian antara negara-negara yanng ada.

Para bangsawan yang hidup di Fódlan memiliki suatu keunikan, yaitu mereka memiliki “Crests”, sebuah tanda khusus yang diturunkan oleh setiap keturunannya sehingga memungkinkan mereka memiliki kekuatan khusus. Memiliki tanda ini membuat mereka memiliki pengaruh besar pada dunia politik di setiap negaranya dan membuat mereka berada di atas seluruh warga biasa.

Pemain akan berperan sebagai seorang prajurit bayaran bernama Byleth, di mana pada suatu hari pemain akan bertemu oleh ketiga calon penerus pemimpin negara di Fódlan. Melalui pertemuan yang tidak diduga itulah, pemain akhirnya menjadi salah satu pengajar di Akademi Garreg Mach Monastery.

Ubahlah Presepsi Lamamu

fire emblem three house
©2019 Nintendo / INTELLIGENT SYSTEMS. Co-developed by KOEI TECMO GAMES CO

Dahulu pemain seri lama Fire Emblem mengenal mekanik bernama weapon triangle yang berfungsi untuk menunjukkan titik kekuatan dan kelemahan dari satu tipe senjata ke tipe senjata lain. Namun di gim ini, mekanik tersebut resmi dihilangkan dan digantikan oleh sistem kekuatan dari setiap senjata. Akan tetapi mekanik seperti senjata panah menang terhadap unit pasukan terbang masih ada. Jadi secara kasar, mekanik ini berubah seperti logika bagaimana unit tertentu dapat menang terhadap unit tertentu daripada sebelumnya yang harus berdasarkan faksi tertentu.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Gim Diskon Steam Summer Sale 2020 dari KAORI!

Dengan perubahan mekanik weapon triangle tersebut, gim ini mampu memberikan opsi baru lainnya untuk kalian coba. Jika sebelumnya pilihan faksi menjadi faktor penentu untuk mengubah unit menjadi kelas yang lebih kuat, kini kalian dapat memilih faksi yang memang diinginkan sejak awal. Ingin mengubah unit yang memiliki spesialisasi sihir untuk menjadi ksatria? Bisa, tapi tentu dengan usaha pelatihan yang sepadan agar unit tersebut mencukupi persyaratan yang ada. Hal ini memungkinkan untuk merancang sebuah tim dengan unit yang punya spesialisasi khusus dan dilatih menyesuaikan kebutuhan yang ada.

Seperti yang diketahui, seri Fire Emblem sendiri terkenal dengan fitur permanent death. Jika salah satu karakter kalian gugur di tengah pertempuran, maka selamanya mereka akan mati dan tidak akan hadir lagi dalam ceritanya. Hal tersebut cukup memberikan kesan untuk terus memilih strategi yang baik agar karakter yang disukai tidak gugur di tengah peperangan. Namun tenang, karena ada fitur khusus untuk mengulang kembali langkah yang telah kalian lakukan. Pada setiap pertarungan, kalian dapat menggunakan pemutar balik waktu agar kesalahan langkah yang dibuat tidak akan terjadi. Saya berpikir fitur ini cukup bagus dibandingkan sebelumnya, di mana saya harus repot-repot me-reset konsol ataupun me-load kembali data gim saya jika salah membuat kesalahan.

Selain itu, di dalam pertarungannya kalian juga akan disajikan informasi berupa seberapa besar serangan dan akurasi yang akan diberikan oleh karakter kalian pada musuh. Fitur ini lebih bagus dibandingkan fitur di gim sebelumnya yang masih agak susah untuk melihat seberapa besar serangan yang akan diberikan oleh karakter kalian. Terdapat juga fitur tambahan di mana kalian dapat menaruh sebuah batalion pada karakter kalian. Fungsinya selain untuk melihat karakter bertarung bersama pasukannya dalam adegan sinematis, batalion ini juga bersifat seperti kekuatan khusus yang dapat digunakan untuk menyerang musuh dengan kekuatan besar hingga mampu memberhentikan musuh sementara. Terlepas dari itu, saya pikir setiap pertarungan yang disajikan di sini terasa lebih seru dan kalian juga dapat mengambil misi sampingan yang ada.

Pilihlah “Faksi” yang Akan Kalian Ajari

fire emblem three house
©2019 Nintendo / INTELLIGENT SYSTEMS. Co-developed by KOEI TECMO GAMES CO

Sebagaimana telah dijelaskan dalam bagian Premis Cerita, benua Fódlan terbagi atas 3 negara yang dahulu bertempur. Saat kalian sudah memulai menjadi pengajar di Akademi Garreg Mach Monastery, kalian akan memilih salah satu dari 3 “house” / faksi yang nantinya akan diajari selama 1 tahun ke depan. Faksi tersebut ialah:

Blue Lions (Holy Kingdom of Faerghus)

Salah satu dari tiga faksi yang dapat kalian ajari, Blue Lions merupakan faksi yang terdiri atas siswa-siswi dari Holy Kingdom of Faerghus. Berikut merupakan karakter yang nantinya akan kalian ajari dan berlatih bersama:

KarakterPersyaratanCrestKeahlian
DimitriTidak dapat di rekrutMinor Crest of BlaiddydSword, Lance, Authority
DedueLance, Axe, Brawl, Heavy Armor
AnnetteMagic, FaithMinor Crest of BlaiddydAxe, Magic, Authority
AsheCharm, LanceAxe, Bow
FelixSpeed, SwordMinor Crest of FraldariusSword, Bow, Brawl
IngridDexteriry, FlyingMinor Crest of DaphnelSword, Lance, Riding, Flying
MercedesMagic, BowMinor Crest of LamineReason, Faith
SylvainCharm, ReasonMinor Crest of GautierLance, Axe, Riding

Black Eagles (Adrestian Empire)

Salah satu dari tiga faksi yang dapat kalian ajari, Black Eagles merupakan faksi yang terdiri atas siswa-siswi dari Adrestian Empire. Berikut merupakan karakter yang nantinya akan kalian ajari dan berlatih bersama:

KarakterPersyaratanCrestKeahlian
EdelgardTidak dapat di rekrutMinor Crest of SeirosSword, Axe, Authority, Heavy Armor
HubertBowsm Reason, Authority
BernadettaStrength, BowMinor Crest of IndechLance, Bow
CasparStrength, BrawlAxe, Brawl
DorotheaCharm, AuthoritySword, Reason
FerdinandDexteriry, Heavy ArmorSword, Lance, Axe, Riding
LinhardtMagic, ReasonMinor Crest of CethleannReason, Faith
PetraDexterity, RidingSword, Bow, Flying, Axe

Golden Deer (Leicester Alliance)

Salah satu dari tiga faksi yang dapat kalian ajari, Golden Deer merupakan faksi yang terdiri atas siswa-siswi dari Leicester Alliance. Berikut merupakan karakter yang nantinya akan kalian ajari dan berlatih bersama:

KarakterPersyaratanCrestKeahlian
ClaudeTidak dapat di rekrutMinor Crest of RieganSword, Bow, Authority, Riding, Flying
HildaCharm, Axe (Tidak dapat di rekrut bila tergabung Black Eagles)Minor Crest of GonerilLance, Axe
IgnatzDex, AuthoritySword, Bow, Authority
LeonieStrength, LanceLance, Bow, Riding
LorenzCharm, ReasonMinor Crest of GloucesterLance, Reason, Riding
MarianneMagic, RidingMystery CrestSword, Faith, Riding, Flying
LysitheaMagic, FaithMinor Crest of Charon & GloucesterReason, Faith, Authority
RaphaelStrength, Heavy ArmorAxe, Brawl, Heavy Armor

Sudah menentukan ingin memilih faksi yang mana selama permainan kalian? Atau masih bingung memilih faksi yang mana? Tenang, karena kalian dapat merekrut hampir seluruh karakter yang ada kecuali karakter yang berperan penting di setiap faksi tertentu. Salah satu fitur yang saya sukai dari seri ini adalah kita dapat memilih karakter di luar faksi dan membentuk tim yang diinginkan sekaligus.

Ulasan Fire Emblem: Three House berlanjut ke halaman berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.