Ulasan Gim Animal Crossing: New Horizon: Mari Memulai Kehidupan Baru di Pulau Kecil!

0
Animal Crossing: New Horizon
© 2020 Nintendo

Animal Crossing: New Horizons boleh jadi merupakan salah satu gim yang cukup ngetren di paruh awal tahun 2020 ini. Apalagi di tengah-tengah merebaknya wabah COVID-19 yang mengharuskan orang-orang untuk berdiam diri di rumah selama mungkin membuat gim ini bisa menjadi salah satu media eskapisme bagi jiwa-jiwa yang merindukan kehidupan normal. Penulis sendiri sebenarnya tidak terlalu mengikuti serial gim ini, di mana sebelumnya baru pernah memainkan gim ponsel Animal Crossing: Pocket Camp saja. Jujur, sebelumnya penulis merasa pesimis akan gim ini karena tidak memiliki cerita yang wah ataupun alur yang jelas, karena kita hanya melakukan hal yang sama berulang-ulang setiap harinya. Namun boleh dibilang, “kamu akan tertarik dengan gimnya, jika kamu telah mencicipi sekilas untuk menyelesaikan tugas pertamamu”. Jadi bagaimanakah seri terbaru Animal Crossing ini?

Premis Cerita

Animal Crossing: New Horizon
© 2020 Nintendo

Dalam Animal Crossing: New Horizons, pemain akan berperan sebagai seorang warga yang membeli sebuah paket destinasi liburan spesial dari Nook Inc. Paket ini meliputi kehidupan baru sebagai orang yang hidup di pulau terpencil bersama beberapa kerabat lainnya. Pada pulau ini, pemain dapat melakukan “apapun” yang ingin dilakukan. Ingin menikmati kehidupan sebagai pemburu serangga? Boleh. Ingin membuat pulau ini sebagai pulau bunga? Bisa. Karena pemain merupakan representatif dari komunitas pulau tersebut, maka pemain bisa melakukan apapun yang diinginkan, terutama ketika sudah memutuskan untuk menentukan nama yang sesuai untuk pulau ini. Seiring waktu, pemain dapat membangun rumah asli alih-alih tenda. Dan jika pemain sering menangkap serangga ataupun ikan, maka suatu saat akan ada museum yang dikelola oleh sesosok burung hantu untuk menampilkan seluruh hasil tangkapan yang telah didonasikan ke museum. Bahkan tenda pelayanan komunitas akan berubah menjadi balai kota tersendiri untuk melayani warga pulau tersebut.

Animal Crossing: New Horizons tentu akan memberikan pelayanan spesial untuk meluangkan waktu keseharian pemain. Karena berbeda dengan seri simulasi lainnya, Animal Crossing menggunakan waktu asli sesuai dengan konsol masing-masing di dunia nyata. Sehingga jalannya waktu akan terasa sangat khas ketika mulai memainkan gim ini.

Advertisement Inline

Semua Ada Prosesnya!

Animal Crossing: New Horizon
© 2020 Nintendo

Perlu saya akui bahwa progress untuk memainkan gim ini terasa sangat lama sekali dibandingkan gim simulasi lainnya. Saya tidak menyangka untuk menunggu malam hari atau bahkan keesokan hari akan terasa begitu lama. Membangun musium hingga balai kota memerlukan proses, di mana ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum dibangun. Bila memang sudah bisa dibangun, diperlukan juga satu hari untuk prosesnya agar bangunan tersebut jadi. Ketika bermain gim ini tentu pemikiran awalnya adalah kita perlu bermain dengan santai tanpa terburu-buru. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak kewelahan dengan banyaknya fitur dalam Animal Crossing ini.

Pada awal permainan pemain hanya akan diberikan beberapa peralatan sederhana untuk dibuat, seperti pancingan dan sebuah jaring untuk menangkap ikan dan serangga. Walau peralatan ini cukup rapuh, tapi mencari bahan untuk membuatnya sangat mudah sehingga pemain dapat mencoba mencari berbagai bahan sambil menikmati kehidupan yang masih sunyi di pulau barunya.

Namun bagi beberapa orang, hal ini mungkin akan terasa sangat membebani karena tidak banyak fitur yang dapat kalian miliki secara instan di hari yang sama. Akan tetapi untuk saya sendiri, saya lebih suka untuk mendapati fitur tersebut lebih baik dimiliki secara perlahan daripada terbuka langsung sekaligus. Karena ketika saya sudah mendapati fitur untuk memindahkan rumah saja, saya merasakan kewalahan akibat biaya yang cukup besar dalam renovasi pulaunya.

Sayangnya, sistem crafting di gim ini jauh dari kata efektif. Sebagai contoh; ketika ingin membuat barang baru seperti umpan ikan, saya harus membuat satu-per-satu barang tersebut tanpa opsi untuk membuatnya dalam jumlah banyak. Apalagi dalam mengambil barang yang jatuh di rerumputan, semua harus diambil satu persatu dan hal ini sangat memakan waktu yang cukup banyak bagi saya.

Berbagai Macam Kustomisasi yang Dapat Dilakukan

Animal Crossing: New Horizon
© 2020 Nintendo

Salah satu fitur yang saya sangat nantikan di Animal Crossing: New Horizon adalah fitur kostumisasi desain. Walau memang sudah ada di seri sebelumnya, akan tetapi ketika saya melihat fitur kostumisasi di sini terasa lebih luas dengan grafis yang lebih HD, tentu memberikan kesan kostumisasi semakin indah. Sebelum saya yakin ingin membeli gim ini, saya selalu “tergarami” oleh indahnya berbagai pakaian yang terinspirasi dari karakter anime, dan karena fitur itulah saya memutuskan untuk membeli gim ini secepatnya.

Pada fitur kostumisasi ini pemain dapat membuat desain khusus berupa objek gambar yang dapat digunakan untuk tanah, pakaian, pelindung handphone, dan lainnya. Selain itu fitur kostumisasi ini sangat unik dan sangat intuitif untuk digunakan, saya yang tidak terbiasa dengan penggambaran pixel art menjadi sedikit terbiasa oleh fitur ini. Dapat dikatakan fitur ini juga cocok untuk pemain yang ingin belajar ilustrasi pixel art.

Selain itu, fitur kostumisasi ini juga dapat dilakukan untuk beberapa objek mebel baik lewat warna yang tersedia dalam gimnya atau bahkan dengan desain yang telah kalian buat sendiri. Terkadang juga saya merasa tidak ada ide ingin membuat apa. Tetapi dengan mencari berbagai kreasi milik orang lain, desain tersebut dapat diunduh dan digunakan kepada karakter kita (walau tidak bisa didesain kembali dengan selera kita, tapi setidaknya bagi saya yang kemampuan menggambarnya masih kurang bagus rasanya sudah cukup).

Selain itu tentu fitur yang saya cukup nantikan (walau fiturnya belum terbuka hingga ulasan ini ditulis) ialah fitur terraforming, di mana pemain dapat merubah lingkungan pulaunya sesuka hati, mulai dari bukit hingga sungai. Saya sangat menantikan hal tersebut, di mana saya tidak sabar untuk memindahkan rumah-rumah sekitar setelah membuka fiturnya. Sebelum memiliki fitur terraforming, kamu dapat membangun jembatan, namun dengan harga yang “cukup mahal”, sehingga jika ke depannya memang kamu serius untuk merubah total pulau, saran pribadi ialah untuk menabung sebanyak-banyaknya selagi membayar hutangmu ke Tom Nook.

Visual yang Sangat Mengangumkan

© 2020 Nintendo

Mungkin apa yang saya sukai dari Animal Crossing: New Horizon selain kostumisasi  ialah visualnya yang sangat unik dan berbeda daripada gim lainnya di Nintendo Switch. Baik lingkungan ataupun karakternya yang imut atau bahkan keren membuat saya semakin tergoda untuk terus memainkan gim ini secara terus menerus. Baik lewat mode handheld ataupun docking, gim ini mampu memberikan visual lingkungan yang indah sekali, dan tentu hal ini semakin menarik ketika melihat suasana pagi dan malam harinya yang indah. Malam hari semakin indah terutama bila suasana lingkungannya sedang cerah, di mana  banyak bintang cantik untuk dilihat. Terkadang kamu dapat memohon suatu impian bila ada bintang jatuh nantinya.

Selain visual yang indah, hal lainnya yang saya sukai ialah iringan musik yang santai dan menenangkan sekali. Setiap jam dari waktu gim Animal Crossing memiliki musik berbeda-beda sesuai dengan kondisi saat itu. Kadang ketika lagi bosan, saya hanya menyalakan nintendo switch guna mendengarkan lantunan musik di Animal Crossing selagi menantikan pekerjaan lainnya.

Donasikan Sebanyak Mungkin

© 2020 Nintendo

Menangkap berbagai spesies serangga hingga ikan, tentu memberikan tantangan sendiri, di mana kalau di gim Pokemon terkenal dengan slogan “gotta catch’em all!“. Kali ini hal tersebut dapat diterapkan juga di gim ini. Namun bukannya menangkap semuanya sekaligus, di Animal Crossing setiap spesies hanya akan muncul pada jam tertentu dan musim tertentu saja, sehingga sangat tidak mungkin kalian akan melengkapi seluruh koleksimu dalam satu hari saja. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena setiap kali kamu berhasil menangkap sebuah spesies baru atau menemukan fosil baru, hasil tersebut dapat didonasikan di museum pulaumu untuk dilihat sebagai spesimen di sana. Menurut saya inilah nilai tambah dari museum dalam menampilkan hasil tangkapan ataupun temuan fosilmu. Melihat hasil kerjamu dipajang dengan indahnya memberikan kesan indah terhadap perjuanganmu menemukan suatu spesies atau fosil langka. Keunikannya kalian dapat melihat tanggal berapa kamu memberikan donasi tersebut, sehingga saya berpikir hal itu pas jika sudah di masa yang akan datang untuk mengingat kapan saya pernah menangkap ikan, serangga, atau fosil langka tersebut dengan penuh perjuangan.

Ulasan Animal Crossing: New Horizons berlanjut ke halaman berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.