Ulasan Livestream Debut Moona Hoshinova: Model Rupawan yang Ternyata Memelord

1
hololive
ⓒ 2017-2020 cover corp.

Selama debut para virtual Youtuber (vtuber) Hololive Indonesia yang berlangsung pada 10-12 April 2020 lalu, selain dari antusiasme para penggemar yang menontonnya, nampaknya masing – masing vtuber memiliki pesonanya masing – masing yang dipancarkan dalam live-stream debutnya. Seperti dalam debut Ayunda Risu si tupai ajaib, ia menceritakan berbagai hal menarik tentang dirinya selama stream berlansung, seperti kecintaan besarnya terhadap sang onee-chan (kakak perempuan) dan penggemar nomor satu Inugami Korone yang ternyata sangat mirip dengannya. Hal tersebut sangat melekat pada orang – orang yang menontonnya, bahkan oleh saya yang menulis ulasannya.

Baca Juga: Ulasan Livestream Debut Ayunda Risu: Tupai Menjadi Vtuber? Menarik Sekali!

Namun tidak berhenti sampai di Risu, vtuber Hololive ID lainnya ternyata juga memancarkan pesonanya yang juga tak kalah menarik. Ya, dia adalah Moona Hoshinova, seorang gadis kuliahan yang merangkap menjadi model dan idol, serta kini menjadi vtuber seperti yang terdapat pada deskripsinya. Selain dari parasnya yang menawan, tak banyak yang menyangka bahwa seorang Moona Hoshinova sangat menggemari sebuah humor berkultur seperti meme. Loh, bagaimana ceritanya? Penasaran? Mari simak bersama – sama!

Advertisement Inline

Menawan dan Serba Bisa

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Nama Moona Hoshinova memiliki arti istimewa, yaitu Bintang Baru bernama Moona, bukan Moonaroh, Maemoonah, atau Moona yang lainnya. Ulang tahunnya jatuh pada 15 Februari yang mana bertepatan juga dengan ulang tahun Galileo Galilei, yaitu seorang penemu teleskop yang ciptaannya dapat digunakan untuk melihat benda – benda luar angkasa, dan bahkan mungkin bisa Anda gunakan untuk melihat Moona sekalipun, yang terangnya bagaikan bulan purnama, serta kecantikannya yang secantik galaksi. Namun tidak disarankan untuk benar – benar dilakukan secara nyata karena Anda cukup melihat Moona lewat layar YouTube. Akan tetapi, nama Moona sendiri ternyata memiliki asal – usul yang sangat berhubungan dengan tanggal cantiknya. Dan tahukah Anda, ikon bola kristal Moona ternyata memiliki kemampuannya sendiri, bukan untuk meramal masa depan, tetapi untuk melihat aktivitas para fans nya, jadi bila Anda sedang ghibah tentang Moona, Moona dapat melihatnya dengan jelas dan saksama.

Dengan desain yang dibuat oleh Nyorinyori dan model animasi 2D oleh Mega Jujube, penampilan Moona sangat menawan bahkan rambut ungunya yang ditaburi bintang di dalamnya sangat berciri khas, layaknya menggambarkan sebuah luar angkasa. Penampilannya memang mencirikan seorang model, bahkan sebelum ia terjun menjadi vtuber seperti yang ia ceritakan lengkap dengan visual majalah model yang menampilkan dirinya. mungkin akan menakjubkan bila Moona secara cameo muncul di anime Runway de Waratte.

ⓒ 2017-2020 cover corp.
ⓒ 2017-2020 cover corp.

Selain dari nama beserta penampilannya yang esentrik dan unik, model yang satu ini memiliki banyak sekali hobi. Dimulai dari menyanyi, Moona sangat suka menyanyi, tentu saja karena ia seorang idol juga. Ia pun menambahkan bahwa terkadang ia suka menyanyi di toilet karena ia menanggap suara di toilet itu bagus. Rasanya bila dipikir – pikir lagi, apa yang Moona ucapkan memang ada benarnya juga karena jika Anda pernah iseng – iseng surfing di internet, ada sebuah video yang menampilkan sekelompok orang menyanyikan lagu tema seri gim legendaris Halo di toilet dan suaranya pun terdengar sangat simfonik dan mengguncang. Mungkin ini bisa menjadi ide apabila para vtuber hololive berkolaborasi lagi setelah cover lagu Ochame Kinou.

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Kemudian Moona suka menari. Ia menyatakan bahwa ia sangat jago menari. Bahkan, bila ia sudah bisa streaming dengan model 3D-nya, Moona akan menunjukkan seberapa hebatnya tariannya. Ketika mendengar bagian ini, mungkin mengingatkan Anda pada seorang vtuber automaton yang bernama ZEA Cornelia yang mana dia juga mengatakan bila sudah mendapatkan model 3D-nya, ia akan gunakan untuk menari, terlebih lagi menari dangdut. Kemudian menjadi pertanyaan untuk khalayak masyarakat, apakah nanti di masa yang akan datang mereka berdua akan kolaborasi dengan 3D-nya masing – masing? Tidak ada yang tau, tapi saya berharap iya.

Moona suka menggambar, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk terungkap bahwa 3 siluet yang Anda lihat pada kiriman page hololive Indonesia pada April Mop lalu merupakan gambarnya Moona. Bila Anda berpikir gambarnya itu merupakan 3 member hololive Indonesia dalam bentuk putri duyung, Anda nyaris tepat. Namun sayangnya kurang tepat, karena sebenarnya gambarnya adalah 3 member hololive Indonesia dalam bentuk ikan lele sebagaimana yang dijelaskan oleh Moona. Tampak seperti ikan – ikan dalam film Shark Tale bila dilihat – lihat.

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Dan juga Moona suka bermain gim, dia menyukai gim apa saja, namun biasanya ia main gim yang memiliki storyline, shooting game, atau yang membangun rumah. Memang tak disangka model seperti Moona ternyata seorang epic gamer. Tapi di samping itu semua, bisa dibilang nampaknya tidak ada yang tidak bisa dilakukan dari Moona, karena dia model, bisa nyanyi, bisa menari, bisa menggambar, gamer pula. Maka nikmat Moona mana lagi yang engkau dustakan, sungguh semuanya sudah terpancar dari dirinya.

Penggemar Meme Secara Terselubung

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Bila hololive Jepang memiliki member yang suka nge-meme seperti Shirakami Fubuki yang dikenal dengan video “I’m Scatman“-nya, maka hololive Indonesia memiliki Moona yang senang dengan humor berkultur yang satu ini. Sangat terlihat dari nama fanbase yang ia berikan kepada fansnya, Moonafic. Nama yang bisa dibilang berkultur tapi agak terdengar laknat pada saat yang sama. Ketika pada umumnya vtuber akan memilih nama yang keren, cute, atau wholesome, Moona justru memilih nama yang anti-mainstream seperti yang satu ini, bahkan sebelumnya terdapat pilihan antara Moonarian atau Moonafic.

Akan tetapi, meskipun nama fansnya terdengar ambyar, salah satu impian Moona adalah memiliki “bintang”-nya sendiri yang berasal dari fansnya. Bahkan bila Anda sebagai Moonafic memberikan sesuatu kepada Moona, ia akan menyimpannya untuk “bintang” tersebut. Tentunya sesuatu yang dapat menjadi kenangan bersama – sama, karena mungkin nama fanname-nya terdengar aneh, tapi hubungan antara fans dengan vtuber-nya seperti yang dikatakan oleh mendiang Stephan Karl yang memerankan Robbie Roten di serial Lazy Town, “number one!

Dan tidak banyak yang menyangka bahwa Moona sangat meyukai Spongebob Squarepants. Benar sekali, Moona sangat menyukai kartun makhluk laut berbentuk sponge cuci piring yang satu ini. Dedikasinya terlihat ketika pada akhir – akhir strim ia menyanyikan lagu “Ripped Pants” dengan ukulele yang dimainkannya. Tak hanya sekali, namun dua kali. Mungkin akan menjadi ide yang bagus bila suatu hari nanti kolaborasi dengan Taka Radjiman yang suka monomane suara dari Mermaid Man, seperti bermain tic tac toe, menyelesaikan puzzle, minum coklat panas, dll.

Strim Terganggu, Tapi Acara Harus Tetap Jalan

ⓒ 2017-2020 cover corp.

Apakah ini mengingatkan Anda pada seekor gadis domba yang rajin membuat seri Watame no Uta? Tepat sekali. Bila berbicara tentang masalah koneksi, Tsunomaki Watame yang paling sering menderita akan hal ini sehingga KZSK menjadi julukan akrab bagi dirinya. Tapi kabar baiknya ia sudah lulus dari julukan tersebut. Namun sayangnya, tampaknya kutukan masalah koneksi ini malah sampai pada debutnya Moona. Hal ini bukan tanpa sebab karena Moona menggunakan koneksi paket data selama stream berlangsung, sehingga terdapat beberapa lag ketika siaran.

But the show must go on. Mungkin ini kesan saya terhadap Moona. Meskipun stream terganggu dengan lag, Moona tetap membawakan acara dari awal sampai akhir dengan suasana yang menyenangkan dan hangat. Dan tentunya yang saya harapkan ke depannya adalah koneksi yang lebih baik dan memadai untuk Moona agar strim ke depannya dapat berjalan lebih lancar dan lebih menyenangkan tentunya.

Terutama harapan juga ditujukan kepada para Moonafic di sana untuk terus memberikan support kepada Moona, karena selain impiannya untuk memiliki “bintang”, impian Moona lainnya adalah mencapai 100 ribu subscriber, memiliki versi 3D nya, memiliki konser hololive-nya sendiri, dan tentu saja kolaborasi dengan vtuber hololive lainnya. Ditambah Moona sangat menyukai Minato Aqua dan Oozora Subaru. Akan tetapi, tentu tidak hanya vtuber hololive saja, Moona pun ingin kolaborasi dengan vtuber Indonesia lainnya supaya bisa bareng – bareng bermain tic tac toe, menyelesaikan puzzle, minum coklat panas, dll.

Kesimpulan

Selain Ayunda Risu, Moona Hoshinova pun memiliki pesonanya tersendiri dengan banyak hal unik pada dirinya. Meskipun stream debutnya mengalami gangguan, namun Moona tetap berusaha memberikan yang terbaik dan tetap membawakannya dari awal sampai akhir dengan suasana yang menyenangkan dan hangat. Tentunya saya sendiri tertarik untuk mengikuti kegiatannya dan berharap semoga Moona mendapatkan koneksi yang lebih baik untuk ke depannya. Bila Anda tertinggal stream debutnya Moona namun penasaran seperti apa diri Moona, maka tontonlah siaran debutnya Moona Hoshinova dan ikuti semua media sosialnya. Jangan lupa juga untuk menekan tombol subscribe.

KAORI Nusantara | Oleh Ferdian Tiraska

1 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.