Armada Baru, Sambut KRL Seri E131 untuk Area Boso dan Kashima!

0
jr east krl seri e131
Illustrasi KRL seri E131 (JR East)

East Japan Railway Co. (JR East) sebagai operator kereta bagian timur Jepang mengumumkan pengadaan kereta baru untuk area Boso dan Kashima. Jalur yang akan mendapat kereta baru adalah Jalur Sotobo, Jalur Uchibo, dan Jalur Kashima. Sebelumnya, jalur ini dilayani oleh KRL seri 209 batch 2000 yang sudah beroperasi sejak tahun 2009. Rencananya, KRL ini akan mulai beroperasi pada tahun 2021.

KRL baru dengan seri E131 ini akan beroperasi stamformasi dengan 2 kereta persetnya. Sistem penggeraknya sendiri akan menggunakan kontrol inverter Variable Voltage Variable Frequency (VVVF) dengan perangkat Silicon Carbide (SiC). Sistem ini sama seperti yang ada di KRL seri E235 yang saat ini telah beroperasi di Jalur Yamanote.

jr east krl seri e131
Fitur Utama dari KRL seri E131 milik JR East (JR East)

Pada bagian luarnya, KRL ini akan dilengkapi oleh CCTV yang ada di tiap samping keretanya. Hal ini bertujuan agar nantinya kondektur dapat memantau penumpang tanpa harus melihat keluar kereta. Selain itu, pemasangan CCTV ini juga memungkinkan pengoperasian KRL hanya dengan 1 masinis. Penunjuk perjalananannya sudah menggunakan LED Full Color. Di bawahnya juga sudah terpasang perangkat pemeriksa jalur KA yang nantinya akan memeriksa kondisi jalur kereta yang dilewati.

Interiornya pun hampir sama dengan seri E129. Kursi yang ada di seri E131 ini memiliki lebar 460mm. Hal ini tentunya lebih lebar dari seri 209 yang hanya selebar 450mm. Selain itu, interiornya pun sudah dilengkapi layar LED sebesar 17 inci yang nantinya akan menampilkan informasi kepada penumpang. Di dalamnya juga terdapat toilet ramah disabilitas yang tersedia di tiap setnya. Tentunya ruang bebas untuk pengguna kursi roda dan ibu dengan kereta bayi pun tersedia di ujung kereta.

KRL seri E131 ini nantinya beroperasi di Jalur Sotobo (Kazusa-Ichinomiya-Awa-Kamogawa), Jalur Uchibo (Kisarazu-Awa-Kamogawa), dan Jalur Kashima (Sawara-Kashimajingu) menggantikan seri 209 yang sudah beroperasi di jalur-jalur tersebut. Rencananya, seri ini akan diproduksi sebanyak 24 kereta yang nantinya dibagi 2 kereta/setnya. Seri ini juga direncanakan akan beroperasi pada tahun 2021 nanti.

Cemplus Newsline by KAORI | Press Release by JR East

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.