Menjelang penghujung bulan Mei 2020, Square Enix memberikan kejutan bagi para penggemar gim MMORPG dengan menggratiskan game Final Fantasy XIV: Starter Edition untuk konsol Playstation 4. Meski begitu, gim ini digratiskan hanya di beberapa wilayah saja dan sayangnya tidak termasuk wilayah Indonesia (karena sejak awal gim ini memang tidak ‘dirilis’ untuk wilayah Indonesia). Jangan berkecil hati, dalam artikel kali ini KAORI akan berbagi tips bagaimana cara mengunduh dan bermain FFXIV: Starter Edition secara gratis, lho! Yuk ikuti cara selengkapnyadi artikel ini.

Berkenalan dengan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn

Sebelum mengunduh dan bermain gim ini, ada baiknya mengenal lebih dekat dulu dengan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn. Tenang, kali ini KAORI tidak akan membahas panjang lebar mengenai gim ini (ya, kami tidak akan menceritakan bagaimana game ini sempat gagal dan mengalami “kiamat”), hanya sedikit membuat perkenalan karena gim ini sedikit berbeda dari MMORPG yang ada.

Bila penasaran dengan kisah kegagalan Final Fantasy XIV pada awal perilisannya secara mendalam, kamu bisa menonton video di bawah ini.

Advertisement Inline

Saat ini mayoritas MMORPG yang bisa dimainkan baik di konsol, PC, maupun ponsel pintar memililiki sistem Free to Play (bisa diunduh dan dimainkan secara gratis) ataupun Buy to Play (untuk bermain, perlu membeli gimnya terlebih dahulu. Nah, gim FFXIV ini memiliki sistem langganan (subscription/Pay to Play) serta Buy to Play. Pemain diharuskan membeli gim dan membayar biaya langganan game tiap bulan (seperti halnya langganan Spotify atau Netflix) untuk bisa bermain. Tidak hanya itu saja, setiap (sekitar) 2 tahun sekali, gim ini merilis expansion yang menambah konten baru dan juga cerita baru untuk bisa dimainkan.

Sepertinya terasa sangat “repot” untuk bermain gim ini, karena diharuskan membeli dan juga membayar biaya langganan. Namun hingga tanggal 26 Mei 2020 Square Enix menggratiskan gim Final Fantasy XIV Online Starter Edition versi PS4 di mana pemain mendapatkan base game dan juga bonus berlangganan 30 hari secara gratis. Jadi dengan mengunduh Starter Edition ini pemain benar-benar bisa bermain gim ini dengan tanpa biaya sepeser pun (di luar biaya internet dan membeli konsol tentunya).

Apa Bedanya Final Fantasy XIV Online Starter Edition dengan Free Trial Version?

final fantasy xiv

Sebenarnya hingga saat ini, Square Enix menyediakan gim Final Fantasy XIV secara gratis dalam versi Free Trial. Dalam versi Free Trial ini pemain bisa mengunduh gim ini secara gratis tanpa perlu berlangganan. Kalau begitu, apa bedanya versi Free Trial dengan Starter Edition yang saat ini sedang digratiskan?

Dalam Final Fantasy XIV Free Trial Version pemain bisa bertualang di Eorzea secara gratis tanpa membayar apapun, namun hanya sampai level 35 saja. Karena adanya batasan level tersebut, pemain hanya bisa melakukan story quest hingga quest level 35 saja. Fitur dan konten lain yang bisa diakses oleh level 36 ke atas tidak akan bisa dimainkan oleh pemain Free Trial.

Baca Juga: Aeris Kalah dari Tifa! Inilah “Best Girl” Final Fantasy VII Pilihan Fans di Jepang!

Tidak hanya itu saja, batasan lainnya dalam versi Free Trial adalah tidak adanya “fitur sosial”, di mana pemain tidak bisa membuat/bergabung dalam party (grup berisi 4-8 pemain untuk bertualang bersama), menambah Friend List, serta membuat/bergabung dengan FC (Free Companies, alias “Guild” dalam gim FFXIV).

Sedangkan dalam Final Fantasy XIV Online Starter Edition pemain bisa bermain game ini dengan pengalaman penuh, tidak ada batasan di level 35 dan bisa menggunakan fitur sosial. Satu-satunya keterbatasan yang ada dalam gim versi ini adalah pemain hanya bisa melakukan konten dan story dari base game A Realm Reborn saja. Dalam base game ini, pemain bisa menjalani Main Story Quest, Side Quest, dan berbagai konten lainnya hingga level 50 dikarenakan A Realm Reborn memiliki level cap (batas level) di level 50. Untuk meneruskan petualangan hingga level 80 (level cap saat ini), pemain perlu merogoh kocek ekstra untuk membeli ekspansi Heavensward, Stormblood, dan juga Shadowbringers. Meski hanya bisa menjalani konten hingga level 50 saja, namun Final Fantasy XIV Online Starter Edition bisa menjadi permulaan yang cukup “memorable” untuk pemain yang ingin memulai petualangan sebagai Warrior of Light di Eorzea, apalagi saat ini gim ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

Cara Mengunduh Final Fantasy XIV Online Starter Edition Gratis untuk PS4 di Indonesia

Seperti yang disebutkan di awal, Square Enix menggratiskan gim ini hanya untuk di wilayah tertentu selain Indonesia. Lebih detailnya, gim ini bisa diunduh gratis untuk pemain PS4 di wilayah berikut ini:
– Australia
– Kanada
– Perancis
– Jerman
– Italia
– Jepang
– Selandia Baru
– Spanyol
– Inggris
– Amerika Serikat

Meskipun tidak tersedia di Indonesia, namun pemilik PS4 masih bisa mendapatkan gim gratis ini dengan cara berikut ini:

1. Buat akun PSN (Playstation Network) di wilayah (region) lain

Berbeda dengan PC atau ponsel pintar, pemilik PS4 bisa membeli gim dari wilayah lain tanpa VPN. Pemain hanya perlu memiliki akun PSN dari wilayah lain yang sesuai dengan gim yang ingin diunduh. Untuk gim Final Fantasy XIV Online Starter Edition, pemain bisa memilih membuat akun dengan region Jepang, Eropa, atau Amerika Serikat. Cara membuat akun PSN baru pun sangat mudah, pemain hanya perlu menyalakan PS4 kemudian pilih bagian New
Account saat hendak log in.

2. Mengisi alamat yang tepat

Langkah penting dalam membuat akun PSN yang berbeda wilayah adalah mengisi alamat yang tepat sesuai wilayah yang didaftarkan. Alamat ini digunakan sebagai verifikasi sistem oleh pihak Playstation untuk memastikan apakah pemilik akun tersebut benar-benar berada di wilayah yang didaftarkan. Hal ini bisa diatasi dengan mengisi Virtual Address yang bisa dicari di berbagai situs yang ada di internet. Namun satu yang pasti, setelah mengisi Virtual Address pemain harap mencatat Virtual Address yang diisi untuk berjaga-jaga jika suatu saat akun tersebut diminta konfirmasi ulang.

3. Unduh gim melalui Playstation Store

Setelah membuat dan log in dengan akun PSN dengan wilayah yang sesuai, pemain bisa mengunduh gim ini melalui PlayStation Store. Pastikan kamu mengunduh versi Starter Edition, bukan Free Trial version.

4. Registrasi akun Final Fantasy XIV

Selagi menunggu unduhan gim di Playstation 4, pemain bisa melakukan registrasi akun untuk bermain gim ini. Selain akun PSN, pemain perlu memiliki akun untuk bermain. Registrasi bisa dilakukan di situs berikut ini: https://www.finalfantasyxiv.com/

5. Sinkronisasi akun PSN dengan akun Final Fantasy XIV

Setelah gim selesai diunduh dan akun Final Fantasy XIV berhasil dibuat, pemain bisa mulai bermain. Saat pertama kali membuka gim di PS4, pemain akan diminta log in dan sinkronisasi akun. Setelah melakukan sinkronisasi, akun FFXIV akan tersambung dengan akun PSN. Akun yang sudah tersambung dengan akun PSN hanya bisa dimainkan oleh PS4 dengan akun yang sama. Sehingga jika suatu saat pemain bermain di PS4 milik saudara/teman, pastikan pemain melakukan login akun PSN yang sudah terhubung dengan akun FFXIV miliknya.

6. Atur akun PSN sebagai Primary Account

Jika pemain bermain di PS4 yang memiliki akun PSN lebih dari satu, pemain harus mengatur akun PSN yang sudah terdaftar dengan akun FFXIV sebagai akun primer (Primary Account). Pengaturan ini bisa diubah dalam menu pengaturan akun di PS4. Untuk panduan lengkap mengenai pengaturan ini bisa disimak dalam tautan berikut ini.

7. Memilih Server

Setelah semua persiapan selesai, pemain bisa memulai petualangannya di Eorzea dengan membuat karakter. Saat hendak membuat karakter pemain bisa memilih akan bermain di World (server) sesuai pilihan. Gim ini memiliki banyak World yang terbagi dalam tiga Data Center (megaserver) yaitu Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Pemilihan Data Center dan World ini tidak terikat oleh akun PSN pemain. Pemilik akun PSN wilayah Amerika Serikat bisa bermain di Data Center Jepang dan sebaliknya. Untuk pemain dari Indonesia disarankan bermain di Data Center Jepang karena koneksi servernya lebih stabil dibandingkan bermain di Data Center Amerika Serikat atau Eropa.

8. Bermain di Preferred World (opsional)

Pemain yang bermain di Preferred World bisa mendapatkan bonus exp buff hingga level 70 dan juga tambahan langganan gratis selama 15 hari. Bonus langganan 15 hari didapatkan ketika pemain mencapai level 30. Untuk melihat server mana saja yang termasuk sebagai Preferred World, pemain bisa mengakses tautan berikut ini: https://na.finalfantasyxiv.com/lodestone/worldstatus/

9. Membuat karakter

Saat membuat karakter akan ada pilihan ras dan class awal. Dalam gim ini satu karakter pemain bisa memiliki banyak class/job sekaligus. Jika merasa tidak cocok dengan class yang pertama kali dipilih, pemain bisa saja berganti class lain (fitur ini tersedia di level 10 namun disarankan dilakukan saat mencapai level 15 ketika pemain sudah bisa menggunakan fitur Airship). Pilihan class pertama hanya menentukan kota awal tempat pemain memulai petualang dan menjalani story awal.

Demikianlah langkah demi langkah yang bisa dicoba untuk pemain yang ingin bermain Final Fantasy XIV Online Starter Edition di PS4. Perlu diingat bahwa game ini bisa diunduh gratis hingga tanggal 26 Mei waktu Amerika Serikat, Eropa, maupun Jepang. Selamat mencoba dan sampai jumpa di Eorzea!

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.