Pembukaan Atraksi Gundam Bergerak Ditunda Sampai Waktu yang Belum Ditentukan

0
gundam
© SOTSU・SUNRISE

Masih ingat dengan proyek super ambisius Gundam bergerak? Proyek atraksi super ambisius yang sedianya akan dibuka pada bulan Oktober 2020 mendatang ini akhirnya harus ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan akibat masih meajalelanya pandemi COVID-19. Bahkan acara pre-opening yang sedianya akan diselenggarakan di bulan Juli juga harus dibatalkan. Meskipun begitu, pihak Evolving G yang turut bertanggung jawab terhadap proyek tersebut masih tetap berencana untuk membuka atraksi replika Gundam 1/1 yang dapat bergerak itu di tahun 2020, meski masih belum ada informasi lebih lanjut kapan kiranya hal itu bisa terealisasi.

Proyek replika robot Gundam skala 1/1 yang dapat bergerak merupakan bagian dari proyek Gundam Global Challenge. Replika robot ini rencananya akan selesai dibangun pada musim panas 2020, berbarengan dengan penyelenggaraaan pesta olahraga Olimpiade Tokyo 2020 (yang juga harus ditunda hingga tahun 2021 mendatang akibat ancaman pandemi). Dilansir dari ANN, robot yang diproduksi oleh tim yang kini bernama “Gundam Factory Yokohama” (bekerja sama dengan pemerintah kota Yokohama) ini nantinya akan dipajang di Pelabuhan Yamashita selama setahun.

Untuk mewujudkan proyek luar biasa ini, tim Gundam Global Challenge menggaet para pendesain dan ahli yang bergerak di bidang robotika dari dalam dan luar Jepang, salah satnua adalah Pitoyo Hartono yang berasal dari Indonesia. Lulus dari SMA Pangudi Luhur Jakarta pada 1988, ia kemudian melanjutkan menempuh pendidikan tingkat S1 hingga S3 di Universitas Waseda, Tokyo. Beliau kini menjadi profesor di Universitas Chukyo, Nagoya dan turut melakukan riset di bidang neural network dan teori kecerdasan komputasional untuk bidang robotika.

Proyek Gundam Global Challenge sendiri sebenarnya telah dibentuk sejak 2014 untuk menyambut perayaan ulang tahun ke-35 dari serial mecha ini. Awalnya mereka menargetkan akan membuat replika robot Gundam raksasa yang dapat bergerak tepat pada perayaan ke-40 serialnya dan kini targetnya diundur setahun. Walaupun dapat “bergerak” dengan kapasitas yang lebih terbatas, dua replika robotnya yang dipajang di Jepang, RX-78-2, dan RX-0 Unicorn masing-masing memiliki fitur menarik yang dipamerkan pada saat-saat tertentu, seperti kokpit yang dapat terbuka secara otomatis dan kepala yang bisa bergerak (RX-78-2), dan bagian panel di badan RX-0 Unicorn yang dapat berubah menjadi “Unicorn Mode” dan “Destroy Mode.”

KAORI Newsline | Sumber: Gundam Factory Yokohama, Gundam.info, & Anime News Network

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.