Yuk Intip Kereta Buatan Indonesia Untuk Perkeretaapian Filipina!

0

KRD seri 8000/8100

KRD Seri 8000/8100 (Arsip PNR)

Seri 8000/8100 adalah penomoran yang diberikan oleh PNR kepada seri KRD buatan INKA. KRD ini diresmikan pengoperasiannya pada tanggal 16 Desember 2019 oleh PNR di stasiun Dela Rosa yang terletak di Manila dan dihadiri oleh Departemen Transportasi Filipina. KRD ini sendiri memiliki kecepatan maksimal 100 km/jam. Namun, kereta hanya diperbolehkan berjalan pada kecepatan 40 km/jam akibat prasarana perkeretaapian di Filipina yang masih belum memadai. INKA sendiri masih memberi pendampingan kepada PNR tentang perawatan KRD ini sampai nantinya teknisi PNR dapat menangani perbaikannya sendiri.

Baca Juga: KRD Buatan INKA Resmi Beroperasi di Filipina!

Perbedaan paling menonjol dari seri 8000 dengan 8100 terletak pada jumlah kereta pada rangkaiannya, di mana seri 8000 terdiri dari formasi 3 kereta, sedangkan seri 8100 terdiri dari 4 kereta. Saat ini, jumlah KRD seri 8000 ada sebanyak 2 rangkaian dan KRD seri 8100 sebanyak 4 rangkaian.

Lokomotif dan Kereta Penumpang

Kamis (28/5), sebuah video diunggah oleh akun resmi media sosial Facebook milik PNR. Video tersebut menampilkan wujud asli dari unit lokomotif dan kereta penumpang tanpa penggerak milik PNR yang masih berada di pabrik INKA. Dari video tersebut, terlihat desain yang digunakan pada lokomotif pesanan filipina ini sama dengan desain awal seperti lokomotif tipe CC300 batch kedua milik Direktorat Jenderal Perkeretaapian Republik Indonesia namun tanpa lampu semboyan pada bagian tengah dari mukanya. Selain itu, warna yang digunakan berbeda dengan desain awal, di mana pada desain awal menggunakan warna abu-abu dan hitam sedangkan pada realisasinya berubah menjadi warna oranye.

Advertisement Inline

Pada kereta penumpang, terlihat hampir sama dengan desain kereta tengah milik KRD seri 8000/8100 di mana memiliki 3 pintu tiap keretanya dan konfigurasi tempat duduk yang sama. Video tersebut dapat dilihat di sini.

Cemplus Newsline by KAORI

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.