Yuk Intip Kereta Buatan Indonesia Untuk Perkeretaapian Filipina!

0
Filipina
Barisan KRD seri 8000/8100 buatan INKA Madiun (Arsip PNR)

Dua tahun berlalu setelah operator kereta api (KA) Filipina, Philippines National Railway (PNR) resmi menyepakati kontrak pengadaan sejumlah sarana perkeretaapian dengan perusahaan manufaktur KA milik Indonesia, PT Industri Kereta Api (Persero) atau yang lebih dikenal dengan nama INKA. Kontrak pengadaan sarana perkeretaapian dari PNR kepada INKA ini dilakukan sebanyak 2 kali pada tahun yang sama. Kontrak pertama diteken pada Januari 2018 yang meliputi pemesanan 2 rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD) oleh PNR, dan dilanjut kontrak kedua pada Mei 2018 yang meliputi pemesanan 4 unit rangkaian KRD, 3 unit lokomotif dan 15 unit kereta penumpang tanpa penggerak.

Dari seluruh pesanan tersebut, 6 rangkaian KRD telah tiba di Filipina dan telah dioperasikan oleh PNR. Sementara itu, unit lokomotif dan kereta penumpang masih berada di pabrik INKA di Madiun yang mana sebagian besar dari unit tersebut masih dalam tahap perakitan.

Diesel Hidrolik Buatan Indonesia
Penandatanganan kontrak antara PNR dan INKA di Manila. (Arsip Kementerian BUMN)

Baca Juga: Mantap! Filipina Memesan Kereta Rel Diesel Elektrik Dari INKA 

Masyarakat Filipina terlihat sangat antusias dan gembira saat rangkaian KRD tersebut tiba di pelabuhan dan juga pada pengoperasian KRD tersebut yang dilakukan secara bertahap di jalur milik PNR. Sebelumnya, PNR hanya mengoperasikan beberapa rangkaian kereta yang ditarik lokomotif diesel serta rangkaian KRD seperti KRD buatan Hyundai Rotem, dan beberapa rangkaian kereta eks Jepang seperti KiHa 52-100 eks-JR East, KiHa 350 eks Kanto Railway, KiHa 59 Kogane eks-JR East dan KRL seri 203 ex-JR East.

Advertisement Inline

Uniknya, rangkaian eks-JR 203 yang dihibahkan kepada PNR dioperasikan dengan cara ditarik lokomotif dan dipasang generator diesel sebagai sumber listrik penerangannya karena jalur PNR tersebut tidak memiliki jaringan listrik aliran atas (LAA) yang berfungsi sebagai penyuplai tenaga listrik. Sayangnya, kondisi KRL seri 203 PNR ini nasibnya tidak sebaik KRL seri 203 yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Filipina Memesan Lokomotif Diesel Hidrolik Buatan Indonesia!

Dengan kehadiran sarana perkeretaapian baru dari INKA, PNR yang kini tengah berbenah berharap dapat meningkatkan minat masyarakat filipina untuk menggunakan layanan kereta yang dioperasikan oleh mereka.

Rangkaian KRDE yang siap dikirim ke Filipina (PNR/Junn Magno)
Rangkaian KRDE yang siap dikirim ke Filipina (PNR/Junn Magno)

Bersambung ke halaman berikutnya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.