BAGIKAN
Filipina Memesan Kereta Rel Diesel Elektrik
Penandatanganan kontrak pemesanan rangkaian KRDE.

Setelah sebelumnya resmi akan memasok rangkaian LRT Jabodebek, kali ini kabar membanggakan kembali hadir dari PT Industri Kereta Api (INKA). Kali ini Filipina memesan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) dari INKA.

Hal ini dipastikan dalam kontrak pembelian yang ditandatangani oleh General Manager Phillipine National Railway (PNR), Junn Magno dan Direktur Utama INKA Budi Noviantoro, serta disaksikan oleh Menteri Transportasi Filipina Arthur Tugadeb dan pejabat Kedutaan Besar Indonesia untuk Filipina.

PNR sendiri membeli 2 rangkaian KRDE dari INKA seharga 485,3 Juta Peso atau senilai dengan 130 Miliar Rupiah. Pembelian KRDE ini sendiri menggunakan anggaran Departemen Transportasi Filipina.

Baca juga: Pemerintah Indonesia Tawarkan Produk INKA Untuk Kostarika

Rencananya dua rangkaian KRDE ini akan rampung pada Kuartal III 2019 dan nantinya akan dioperasikan untuk jalur baru PNR. Presiden Rodrigo Duterte sendiri menargetkan Filipina akan mempunyai jalur KA baru sepanjang 1900 km.

Ini merupakan sebuah pembelian bersejarah bagi kedua negara, sebab ini kali pertama INKA mengekspor KA dengan sistem penggerak sendiri setelah sebelumnya hanya mengekspor gerbong barang dan gerbong penumpang yang ditarik lokomotif. Sedangkan untuk PNR, ini kali pertama sejak 4 tahun lalu mereka membeli armada baru sendiri bukan hasil hibah atau kereta bekas dari negara lain.

INKA sendiri sudah dipercaya untuk memenuhi pengadaan rangkaian kereta dalam negeri. Sebelumnya INKA juga pernah memenuhi pesanan ekspor kereta penumpang ke Malaysia dan Bangladesh, serta gerbong barang ke Australia, Thailand, dan Singapura.

Cempus Newsline by KAORI