Siap untuk dikirim! (PNR/Junn Magno)
Siap untuk dikirim! (PNR/Junn Magno)

Setelah berbagai uji coba yang dilaksanakan, rangkaian pertama kereta rel diesel (KRD) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) untuk Phillipine National Railway (PNR) akhirnya siap untuk dikirim. Persiapan pengiriman rangkaian untuk PNR ini diumumkan kepada publik Filipina oleh Departemen Perhubungan Filipina melalui laman jejaring sosial Facebook pada Rabu (27/11).

Pada tahap awal, sebanyak 2 rangkaian KRD dengan total 6 kereta yang akan dioperasikan oleh PNR ini siap dikirim menuju Filipina melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Pengiriman KRD merupakan bagian dari pemesanan yang dilakukan oleh PNR kepada INKA pada 2018 lalu dengan total 9 rangkaian KRDE atau 27 kereta. Selain KRD, PNR juga memesan 3 unit Lokomotif dan 15 unit kereta penumpang. Pembelian yang dilakukan oleh PNR ini juga merupakan kesepakatan INKA dengan kontrak total senilai 485 juta Peso Filipina atau setara dengan 349,2 Miliar Rupiah.

Rangkaian KRD buatan INKA yang siap dikirim ke Filipina (PNR/Junn Magno)
Rangkaian KRD buatan INKA yang siap dikirim ke Filipina (PNR/Junn Magno)

Baca Juga: INKA Ujicobakan KRD milik PNR

Advertisement Inline

Dengan datangnya dua rangkaian KRD ini, PNR diperkirakan dapat menambah jumlah perjalanan keretanya sebanyak 18 sampai 20 perjalanan tiap harinya. Rencananya KRDE ini akan dioperasikan pada lintas Tutuban-FTI – Malabon-FTI.

Kedua rangkaian KRD tersebut dijadwalkan akan diberangkatkan dari Surabaya pada 30 November dan diperkirakan akan tiba di Filipina pada 8 – 9 Desember 2019.

KRD pesanan Philipine National Railways (PNR) saat melakukan ujicoba di lintas Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun (Rio Prabowo)

Baca Juga: Inilah Tampilan Lokomotif dan KRDE Buatan Indonesia Pesanan Filipina!

Cemplus Newsline by KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.