PNR Filipina Tandatangani Kontrak Kereta Barunya dengan CRRC

0
Pamflet Penandatanganan Kontrak antara PNR dan CRRC Zhuzhou (Facebook/Philippine National Railways)

Rabu (18/12) Operator Kereta Api (KA) Filipina, Philippine National Railways (PNR) telah menandatangani kontrak pembelian kereta rel diesel (KRD) dengan lebar jalur 1435 mm dari CRRC Zhuzhou Locomotive Co. Ltd. Proyek ini merupakan salah satu langkah awal PNR untuk mengembangkan layanan KA nya dengan bantuan pemerintah.

PNR sendiri telah mengoperasikan kereta intercitynya yang bernama “Penafrancia Express” dan “Bicol Express”. Namun, keretanya sendiri merupakan kereta pemberian dari Jepang yang melayani rute Manila ke Legazpi. Keretanya digunakan untuk perjalanan sejauh 479 kilometer antara Manila ke Bicol yang akhirnya berhenti beroperasi sejak 2014 akibat banyaknya tantangan di lintas serta kondisi kereta yang menua.

Jajaran Departemen Transportasi Filipina, PNR, dan CRRC Zhuzhou setelah penandatanganan kontrak (Facebook/Philippine National Railways)

Kereta yang akan dibeli ini nantinya juga akan melayani rute intercity antara Calamba dan Naga yang nantinya akan diteruskan sampai kota Legazpi di Region 5. Nantinya, kereta akan dibuat dalam 3 trainset yang terdiri atas 3 kereta (total 9 kereta) yang mulai dilelang sejak 23 Oktober lalu. Kontraknya sendiri sebesar 929 juta Peso atau sekitar. Keretanya dibuat dengan lebar jalur 1435mm dengan kecepatan maksimal 120 km/jam. Keretanya juga akan dilengkapi oleh 3 kelas, yaitu Business class, First Class, dan Second Class. Pada Business Class, keretanya akan dilengkapi 36 kursi sedangkan pada First Class dan Second Class masing-masing akan dilengkapi 52 kursi dan 80 kursi dengan total 168 kursi.

Kontrak ini juga menandai transformasi PNR yang akan mengembangkan area layanan, kapasitas dan keandalan. Selain itu, hal ini juga menjadi transformasi KA dari jalur sempit (1067mm) ke jalur standar (1435mm).

Penandatanganan kontrak ini dilaksanakan di Hall Pandanggo, Hotel Manila dan dihadiri oleh Sekretaris Departemen Perhubungan Filipina, Arthur Tugade, Perwakilan Departemen Perhubungan, Direksi PNR, dan Perwakilan CRRC Zhuzhou.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.