Indonesia patut berbangga, hasil karya anak bangsa di bidang perkeretaapian mulai dipesan oleh negara tetangga yakni Filipina. Filipina melalui perusahaan kereta api (KA) nasionalnya, Philllippines National Railway (PNR) telah resmi memesan 3 unit lokomotif dan 15 unit kereta penumpang dengan nilai kontrak sebesar US$26,1 juta dan juga 4 rangkaian kereta rel diesel elektrik (KRDE) dengan nilai US$21,4 juta kepada PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun. Diperkirakan pesanan tersebut akan selesai diproduksi pada 2020 mendatang.

Baca Juga: Filipina Memesan Lokomotif Diesel Hidrolik Buatan Indonesia!

Lokomotif pesanan Filipina
Desain Lokomotif pesanan PNR

Dilihat dari desain yang diunggah oleh PNR pada laman jejaring sosial facebook-nya, lokomotif yang dipesan persis seperti lokomotif Hidrolik tipe CC300 batch 2 dengan 4 kaca depan namun dengan warna berbeda. Akan tetapi, lokomotif tersebut belum diketahui spesifikasi teknisnya, apakah akan sama dengan CC300 yang sudah beroperasi di sini atau ada penyesuaian pada spesifikasinya.

Ilustrasi lokomotif PNR menarik kereta penumpang

Berbeda sedikit dengan Indonesia, kereta penumpang yang dipesan oleh PNR akan memiliki 3 pasang pintu di tiap keretanya namun dengan kaca besar seperti KRDE/KRL Bandara yang ada di Indonesia. Selain itu, tiap kereta penumpang akan menggunakan pendingin ruangan sentral yang sama dengan kereta penumpang di Indonesia produksi tahun 2018.

KRDE PNR dengan bentuk yang hampir sama dengan desain KRDE / KRL Bandara di Indonesia

Sementara itu, desain KRDE yang dipesan PNR, 90% mirip dengan KRDE Bandara Internasional Minangkabau dan KRDE Bandara Internasional Adi Soemarmo yang kini tengah dioperasikan sebagai KRDE Solo Ekspres. Perbedaannya, KRDE pesanan PNR menggunakan formasi 3 kereta serta 3 pasang pintu per keretanya.

Sebelumnya, Filipina juga telah memesan 2 rangkaian KRDE kepada INKA yang rencananya akan diselesaikan pada Kuartal III tahun 2019. Dengan tambahan pesanan ini, maka PNR telah memesan sebanyak 6 rangkaian KRDE kepada INKA.

Baca Juga: Mantap! Filipina Memesan Kereta Rel Diesel Elektrik Dari INKA 

Bagaimana menurut kalian Kaoreaders?

Cemplus Newsline by KAORI

1 KOMENTAR

  1. Si banteng merah kok jarang kelihatan ya?
    saya heran produk anak bangsa udah banyak dilirik luar tapi masih jarang dipake di negeri sendiri, ada apakah? gengsi? ragu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.