BAGIKAN
Berdesakan Saat Jam Sibuk

Masalah kepadatan kereta saat jam sibuk memang hal biasa di semua kota besar dunia, termasuk di ibukota negara tetangga kita Filipina, Manila. Diduga karena tak ingin berdesakan saat jam sibuk dengan penumpang lain, seorang pria memilih untuk berbaring di tempat yang tak biasa yakni di rak barang yang berada diatas kursi penumpang.

Kejadian ini berlangsung pada Rabu (20/7) pukul 8 malam waktu setempat, di rangkaian eks kereta rel listrik (KRL) seri 203 eks JR East yang juga ada di Indonesia. Keadaan ajaib ini kemudian diabadikan seorang penumpang bernama Edmer Bade. selanjutnya, Ia mengunggah foto tersebut ke jejaring sosial Facebook. Tak jelas memang siapa identitas penumpang dengan aksi unik dan membahayakan tersebut. Kemudian setelah diunggah, foto ini kemudian viral dan menjadi buah bibir di kalangan netizen Filipina.

Metro Manila memang menghadapi masalah yang sama seperti Jakarta, yakni kemacetan dan padatnya transportasi umum saat jam sibuk. Berdasarkan data sebuah survey daring pada 2015, 3 dari 10 orang Manila menganggap perjalanan dari dan ke kantor merupakan bagian terburuk dalam sebuah hari.

Advertisement Inline

Saat ini Philippine National Railways (PNR) mencatat penumpang komuter harian mereka telah mencapai 70.000 orang per harinya, meskipun dengan dukungan sarana dan prasarana yang sangat terbatas. Bahkan, mereka terpaksa mengoperasikan rangkaian KRL seri 203 eks JR East ini dengan ditarik lokomotif diesel dan mengalami penambahan mesin generator listrik pada salah satu unit kereta dalam tiap rangkaiannya karena tak adanya prasarana listrik aliran atas untuk sumber energi penggerak kereta.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.