Pemerintah Pusat Dan Pemprov DKI Jakarta Resmikan 4 Stasiun Integrasi

0

Dalam rangka mewujudkan integrasi, Pemerintah Pusat yang diwakili Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menggandeng PT MRT Jakarta (MRTJ) meresmikan 4 stasiun integrasi pada Rabu (17/6).

Empat stasiun integrasi ini diantaranya adalah Stasiun Tanah Abang, Sudirman, Juanda, dan Pasar Senen. Stasiun-stasiun tersebut adalah hasil kerjasama antara KAI dan MRTJ dalam perusahaan patungan, yaitu PT Moda Intergrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) dengan anggaran 25 miliar Rupiah.

Tiap stasiun dilakukan penataan ulang untuk akses keluar masuk penumpang, penataan lokasi transportasi lanjutan seperti Transjakarta, MRT, Mikrotrans, Angkot dan Ojek online dan pangkalan, serta pemasangan penunjuk jalan  yang dibantu oleh komunitas Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ).

Penunjuk jalan baru di Stasiun Tanah Abang | Dok: FDTJ

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan peresmian 4 stasiun ini menunjukkan bahwa telah terbangunnya ekosistem yang sehat antara BUMN, BUMD dan pihak swasta dalam memberikan layanan transportasi terintegrasi bagi masyarakat. Hal ini juga merupakan keinginan dari Presiden Jokowi agar Jakarta sebagai ibukota memiliki sistem pengelolaan transportasi terpadu yang saling terhubung.

Advertisement Inline

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik program penataan 4 stasiun integrasi yang dimana merupakan salah satu program utama Pemprov DKI Jakarta sebagai bagian untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna transportasi umum.

Setelah menata 4 stasiun ini, MITJ akan melanjutkan ke 4 stasiun berikutnya, yaitu stasiun Palmerah, Gondangdia, Manggarai dan Tebet. Selain itu, terdapa 1 stasiun tambahan yang diusulkan oleh Pemprov DKI Jakarta, yakni Jakarta Kota yang dimana akan dilangsungkan juga bersama revitalisasi kawasan Kota Tua. Rencana anggaran untuk 5 stasiun tersebut berkisar 40 miliar Rupiah dengan estimasi waktu 3 bulan pengerjaan.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.