Kota Tua
Bus Metrotrans berlantai rendah yang dioperasikan PT Transjakarta | Foto : Transjakarta

Dalam rangka membuka lembaran baru di masa PSBB Transisi, mulai hari Minggu (21/6) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan 2 (dua) rute layanan gratis shuttle bus dari dan menuju museum di kawasan kota tua. Dua rute tersebut adalah Rute GR4: Taman Kota Intan – Museum Bahari dan Rute GR5: Kota Tua Explorer beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Pengoperasian rute ini tetap menggunakan dan memperhatikan protokol kesehatan PSBB dalam masa transisi.

Dengan protokol tersebut, Transjakarta menyiapkan 4 (empat) unit armada Minitrans dengan kapasitas maksimal 15 orang per bus dan 2 (dua) unit Metrotrans berlantai rendah yang ramah disabilitas dengan kapasitas maksimal 30 orang per bus untuk layanan shuttle bus kawasan kota tua ini. Adapun waktu keberangkatan adalah 10 hingga 20 menit. Meski gratis, pelanggan tetap harus melakukan tap on bus (TOB) menggunakan kartu uang elektronik keluaran bank-bank terkemuka di Indonesia dengan tarif 0 rupiah.

Berikut rute perjalanan layanan gratis Shuttle Bus di kawasan Kota Tua:

Rute Shuttle GR4:

Advertisement Inline

Terminal Bayangan Kota Intan – Museum Bahari 2 – Simpang Pakin 2 – Simpang Pakin 3 – SPBU Gedong Panjang – Gedong Panjang 2 – BRI Jakarta Kota – Simpang Kota Roa Malaka – Jembatan Kota Intan – Terminal Bayangan Kota Intan.

Rute Shuttle GR5:

Terminal Bayangan Kota Intan – Taman Kota Intan – BNI 46 – Glodok Plaza – Kali Besar Barat 1 – Terminal Bayangan Kota Intan.

Pada pengoperasian layanannya, Transjakarta tetap memberlakukan protokol kesehatan yang telah ditetapkan selama masa PSBB transisi. Protokol tersebut melingkupi protokol kesehatan dan keselamatan operasional bagi karyawan dan pelanggan Transjakarta yang meliputi sanitasi dan higinitas bus dan halte Bus Rapid Transit (BRT) secara berkala baik sebelum digunakan maupun sesudah digunakan, pemberlakuan perlindungan diri bagi karyawan dan pelanggan dengan wajib masker dan jarak aman dalam mengantri maupun duduk di dalam bus.

Transjakarta tetap memberlakukan protokol kesehatan yang telah ditetapkan selama masa PSBB Transisi antara lain membatasi 50 persen daya angkut kapasitas bus, wajib menggunakan masker selama di area lingkungan Transjakarta, selalu cuci tangan, dan menjaga jarak antar pelanggan, baik di halte maupun di dalam bus.

Baca Juga: Mau Masuk Kerja? Simak Jam Operasional KRL, LRT, MRT, dan Transjakarta Mulai 5 Juni!

Cemplus Newsline By KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.