Ulasan Gim Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX: Penceritaan Kembali Sebuah Cerita Klasik

0
Pokemon Mystery Dungeon Rescue Team DX
©2020 Pokémon. ©1995–2020 Nintendo / Creatures Inc. / GAME FREAK inc. ©1993–2020 Spike Chunsoft.

Seri Pokémon Mystery Dungeon merupakan salah satu seri gim spin-off yang sangat saya gemari di antara seri spin-off lainnya. Seri ini sempat naik dan mati secara cepat, khususnya ketika memasuki era Nintendo 3DS. Dahulu ketika awal-awal memainkan di Nintendo Game Boy, seketika saya langsung tertarik oleh cerita di mana pemain dapat bereksplorasi sebagai Pokémon dan merupakan salah satu cerita yang cukup mengharukan bagi saya sewaktu kecil. Seri ini menjadi favorit hingga sampai saat ini, dengan cerita yang seru dan tantangan yang cukup menantang. Akan tetapi sewaktu seri ini memasuki era Nintendo 3DS, saya sempat tidak memainkan lagi seri ini dikarenakan tantangan yang sekarang menjadi sangat mudah dan cerita yang tidak lagi seru sewaktu awal. Namun pada awal tahun 2020 ini saya cukup berbahagia, bahwasannya gim ini di-remake kembali untuk seri pertamanya yaitu Pokémon Mystery Dungeon Red and Blue Rescue Team dengan nama Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX.

Pertama kali melihat video promosi akan gim ini, membuat saya kembali mengenang masa kecil saya yang selalu memainkan gim ini setiap saat. Rasa nostalgia tersebut masih saya ingat dengan baik terutama ketika memainkan kembali gim ini di Nintendo Switch.

Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX tersendiri adalah sebuah gim seri Mystery Dungeon yang dikembangkan oleh Spike Chunsoft. Di mana gim ini awalnya dirilis pada 17 November 2005 dengan nama Pokémon Mystery Dungeon Red Rescue Team atau Pokémon Mystery Dungeon Blue Rescue Team di Game Boy dan Nintendo DS. Kemudian di-remake dengan menggabungkan kedua versi tersebut menjadi satu judul bernama Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX yang dirilis pada 6 Maret 2020 di Nintendo Switch.

Advertisement Inline

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini apakah remake dari gim orisinal pertama seri ini menjadi remake yang harus kalian mainkan? Atau bahkan apakah gim ini merupakan gim yang wajib kalian mainkan bagi pendatang baru? Simak selengkapnya di ulasan gim Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX berikut!

Premis Cerita

Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX
©2020 Pokémon. ©1995–2020 Nintendo / Creatures Inc. / GAME FREAK inc. ©1993–2020 Spike Chunsoft.

Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX menceritakan kisah berbeda daripada seri utama Pokémon. Di mana pada gim ini, pemain pada awalnya akan diberikan beberapa pertanyaan awal yang mana jawaban dari pertanyaan tersebut akan dijadikan dasar Pokémon apakah kalian? Gim ini dimulai dengan kisah seorang manusia pada suatu hari berubah menjadi sebuah Pokémon. Ketika pemain pertama kali membuka matanya di dunia baru tersebut, ia menemukan teman pertamanya yang juga akan menjadi teman seperjalanan pemain selama gim ini. Di sini pemain akan mendapatkan misi pertamanya untuk menyelamatkan Pokémon bernama Caterpie yang tersesat di hutan.

Setelah misi itu, kisah pemain untuk menjadi sebuah regu penyelamat Pokémon akhirnya dimulai. Selanjutnya pemain akan disajikan oleh berbagai misteri mengapa pemain harus menjadi Pokémon.

Improvisasi Dari Mekanik Klasik Untuk penggemar Setia Seri Mystery Dungeon

Pokémon Mystery Dungeon
©2020 Pokémon. ©1995–2020 Nintendo / Creatures Inc. / GAME FREAK inc. ©1993–2020 Spike Chunsoft.

Bagi yang belum mengenali seri Pokemon Mystery Dungeon, singkat kata seri ini adalah seri eksplorasi dungeon yang mana setiap kali pemain tiba, maka dungeon tersebut akan selalu berubah posisi peletakannya. Dan karena itulah dinamakan “Mystery Dungeon”, karena setiap kali eksplorasi seluruh dungeon akan selalu berubah. Di sini pemain akan bermain sebagai Pokemon yang tergabung dalam regu penyelamatan yang bertugas untuk menolong, mencari, dan membantu Pokemon yang ada di dunia. Dalam perjalanan inilah pemain nantinya akan bertemu dengan Pokemon-Pokemon unik yang membawakan cerita spesial dengan narasi yang baik.

Namun jangan salah sangka, walau premisnya sederhana di mana hanya mengeksplorasi dungeon yang misterius dan menolong Pokemon lainnya, gim ini dapat saya bilang sebagai contoh “easy to learn, hard to master”, di mana selain pemain memang diharuskan untuk mengeksplorasi, akan terdapat banyak rintangan seperti Pokemon liar yang akan menyergap pemain dalam perjalanannya. Lalu terdapat pula mekanik “tingkat kelaparan”. Mekanik ini menegaskan kepada pemain bahwa untuk mengeksplorasi juga perlu tenaga, jadi selalu persiapkanlah sebuah makanan selama perjalanan, jika tidak nantinya pemain akan kehilangan darah seiring waktu dan game over. Semakin tinggi pemain dalam mengeksplorasi dungeon, maka semakin sulit juga Pokemon dan rintangan dungeon itu tersendiri.

Dengan hal tersebut, banyak hal “repetitif” yang akan pemain temui selama perjalanan. Seperti menolong Pokemon yang sama ataupun bertemu dengan Pokemon yang sulit. Namun setiap hal repetitif tersebut merupakan salah satu hal untuk mendorong pemain agar mendapatkan barang yang diperlukan pada eksplorasi selanjutnya serta persiapan agar dapat melawan bos yang sulit nantinya.

Oleh karena itu gim ini menyajikan mekanik baru yaitu hadirnya eksplorasi otomatis, di mana pemain dapat meninggalkan eksplorasi kepada komputer agar mencari barang-barang yang tersebar di peta tersebut. Saya rasa mekanik ini cukup mempermudah permainan karena tidak seluruh aspek diotomatisasi oleh komputer. Bilamana pemain bertemu dengan musuh, maka kendali akan dipegang kembali oleh pemain, sehingga ini “tidak sepenuhnya auto mode”. Begitu pula pada peta, di mana kini pemain dapat melihat lokasi dan pergerakan seluruh musuh yang ada di peta walaupun belum sempat menjelajahi daerah tersebut. Dari sisi inilah pemain dapat memprediksi rute terbaik untuk menghindari bilamana pemain sedang kesulitan atau lainnya.

Visual 3D yang Menawan

Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX
©2020 Pokémon. ©1995–2020 Nintendo / Creatures Inc. / GAME FREAK inc. ©1993–2020 Spike Chunsoft.

Jika dahulu salah satu alasan memainkan seri ini adalah dengan visual 2D pixel yang indah, kini kebalikannya. Alasan yang paling kuat selain nostalgia adalah arahan visual 3D yang indah dan terasa seperti buku cerita. Bagi saya arahan ini merupakan salah satu hal yang paling vital dikarenakan, salah satu keunikan dari gim ini adalah pembawaan cerita yang sangat menarik untuk dilihat. Dengan dibumbui oleh visual 3D yang indah, maka pembawaan cerita-pun terasa lebih segar dan menarik.

Akan tetapi tidak semua arahan visual ini memberikan kesan yang menarik bagi saya, khususnya pada area mystery dungeon. Di mana entah mengapa area tersebut terasa sangat sederhana dibandingkan dahulu sewaktu menggunakan visual 2D pixel. Apalagi jika melihat beberapa area lainnya seperti Pokemon Camp yang menempatkan para Pokemon untuk beristirahat disana, kini area tersebut hanya berbentuk visual 2D biasa dibandingkan dahulu yang masih digambarkan secara utuh peta perkemahan tersebut sekaligus melihat dan berinteraksi dengan para Pokemon yang menetap disana. Beberapa arahan baru itulah yang kerap saya cukup sayangi, namun disisi lain saya sendiri tidak terlalu memperhatikan detil kecil seperti itu apalagi mengakses area perkemahan, sehingga visual tersebut tidak terlalu mengganggu saya dalam bermain gim. Arahan visual ini mampu memberikan kesan nostalgia dan rasa petualangan lebih dibandingkan dahulu.

Ulasan Pokémon Mystery Dungeon Rescue Team DX berlanjut ke halaman berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.