7 Juli adalah tanggalnya festival Tanabata, saat Orihime (diwakili oleh bintang Vega) dan Hikoboshi (diwakili oleh bintang Altair), yang dipisahkan oleh Amanogawa (Bima Sakti), dapat bertemu setahun sekali. Asosiasi Ponytail Jepang juga menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Ponytail, konon karena sosok Orihime dari legenda memiliki gaya rambut seperti itu dan gaya rambut kuncir kuda terlihat bagus dengan yukata yang sering dipakai untuk festival. Satu episode dari anime Lucky Star bahkan mendiskusikan hari tersebut, dengan Konata, Kagami dan Tsukasa mencoba menguncir rambut mereka. Tapi apa pun alasannya, ini adalah kesempatan yang pas untuk menghormati karakter berkuncir kuda favorit kita.

Inilah karakter-karakter yang dipilih oleh staf-staf KAORI untuk kesempatan ini!

Hange Zoe (Attack on Titan)

© Hajime Isayama, Kodansha / “ATTACK ON TITAN” Production Committee

Dikenalkan di seri Attack on Titan sebagai karakter yang super eksentrik yang jenius mengenai Titan, Hange Zoe menjadi karakter yang vital dan penting untuk jalan cerita Attack on Titan. Tidak tanggung-tanggung, Erwin-pun mempercayakan Hange untuk menjadi komandan Scouting Legion setelahnya. Alasan tambahan, seiyuu Hange, Romi Park adalah seiyuu yang sudah kondang dengan salah satu perannya sebagai Edward Elric (FMA). Romi Park berhasil membawa elemen gender ambiguity dari Hange Zoe lebih lanjut! (Keinda D. Adilia – The Indonesian Anime Times)

Hazuki Fujiwara (Ojamajo Doremi)

© ABC, Toei Animation

Hmm … Alasan saya memilih Hazuki sebenarnya simpel sih, karena dengan gaya rambut ponytail-nya membuat dia terlihat lebih … anggun daripada karakter Ojamajo Doremi yang lain. (Tanto D – KAORI Newsline)

Advertisement Inline

Hibiki Ganaha (THE iDOLM@STER)

© BNEI / PROJECT iM@S

Ponytail-nya sangat khas, tebal memanjang ke bawah dengan warna biru yang medok dan ikat warna kuning yang menonjol. (Ferdian Tiraska – KAORI Newsline)

Baca Juga: The IDOLM@STER Million Live Akan Diadaptasi Menjadi Anime!

Juna Crawford (Trails of Cold Steel)

© Falcom

Juna Crawford adalah gadis yang energik dan senang melakukan olahraga tenis. Anak sulung dari tiga bersaudara, mempunyai adik kembar. Juna berasal dari provinsi Crossbell yang sebelumnya adalah negara kecil yang diperebutkan Oleh Kekaisaran Erebonia dan Republik Calvard, namun telah dianeksasi oleh Erebonia. Karena hal itu, dia mempunyai pandangan yang buruk dengan Erebonia, bahkan dengan orang-orangnya. Namun setelah dia bertemu dengan Claire dan bersekolah Di Akmil Thors Cabang Leeves (terutama di kelas VII), pandangan Juna terhadap Erebonia sedikit membaik. Dia berhasil melawan stigma jeleknya terhadap orang Erebonia, namun tidak begitu dengan pemerintahnya.

Juna memiliki sifat cukup keibuan, hal ini dapat dilihat bagaimana dia mengetahui perasaan sakit hati Kurt akibat tidak diizinkan Rean dengan cara yang keras untuk membantu Rean dalam menjalankan misi khusus dari pemerintah Erebonia. Juna dapat melihat perasaan sakit hati Kurt karena dia memiliki adik laki-laki.

Kalau di game-nya, posisi idle-nya adalah memperbaiki ponytail-nya. Juna memiliki ukuran tubuh 86/59/88 serta tinggi badan 162 cm. (Andira Indrawan – Direktorat Komersial)

Kei Karuizawa (Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e)

© Shougo Kinugasa / Shunsaku Tomose / MF Bunko J

Dari sekian banyak karakter ponytail, Kei berhasil merebut perhatian para pembaca Youzitsu. Memang Kei tidak banyak muncul di anime, tetapi perkembangan karakternya di volume-volume selanjutnya membuat rakyat pembaca novel ringan di Jepang memilihnya sebagai heroine no.1 (berdasarkan Kono Ranobe ga Sugoi 2020). Tabik! (Kevin Wilyan – Newsline)

Kenshin Himura (Rurouni Kenshin/Samurai X)

© Nobuhiro Watsuki/ Shueisha

Karakter samurai yang pertama dikenal semenjak mengenal dunia anime. Desainnya dalam OVA Trust & Betrayal sangat keren. Walau di cerita ini dia lebh muda 14 tahun dari seri-nya, wajahnya telihat dewasa. (Hamdan Maulana – Media Sosial)

Korrina (Pokemon)

© Nintendo · Creatures · GAME FREAK · TV Tokyo · ShoPro · JR Kikaku © Pokémon

Mungkin banyak orang kerap memilih karakter dengan gaya rambut ponytail karena menampilkan kesan kedewasaan atau keseriusan dalam melakukan sesuatu. Namun bagi saya, gaya rambut ponytail juga dapat melambangkan keimutan juga (apalagi dengan gaya visual yang tepat). Oleh karena itu saya memilih Korrina yang merupakan seorang pemimpin gym dari gim Pokemon X&Y.

Sosok dia di sana adalah sebagai orang yang lebih tua dan mewakili sebuah gym, maka ia harus berpenampilan selayaknya agar tidak diperlakukan semena-mena. Namun, bukan berarti sebagai pemimpin gym ia harus merelakan apa yang ia sukai di dunia. Sebagai seorang pemimpin gym tipe fighting, orang mungkin akan melihat sosok yang suka berlatih keras atau menggunakan pakaian latihan yang dimilikinya. Ketika pertemuan awal dengan Korrina, pastinya kita tidak akan menyangka bahwa ia merupakan adalah pelatih tipe fighting. Tapi, inilah hal yang saya sukai. Ia mampu menyeimbangkan apa yang menjadi tanggung jawabnya dan apa yang ia sukai. Lihat saja desainnya yang sangat hiper-aktif dibandingkan pemimpin gym tipe fighting lainnya. Dengan menggunakan pakaian olahraga yang didesain untuk sepatu roda, tidak heran dia kerap disangka sebagai pelatih biasa.

Sosok yang biasa namun tetap mempertahankan keimutan adalah apa yang saya sukai dari Korrina. Gaya rambut ponytail tersebut juga mampu merepresentasikan bahwa gaya rambut ponytail tidak hanya digunakan untuk menampilkan kesan serius ataupun dewasa, namun juga bisa untuk “gaya” yang imut. Dari sisi manapun kita dapat melihatnya sebagai gadis periang biasa, dan saya suka karakter yang seperti ini (karena saya suka karakter twintail sebenarnya). Jarang sekali saya melihat desain karakter ponytail yang dapat dibentuk seperti Korrina. Karena itulah Korrina merupakan waifu pertama saya yang menggunakan gaya rambut ponytail dan merupakan langkah awal saya untuk menyukai gaya rambut ini secara perlahan (tapi tentu tidak menikung dari twintail). (Cakra Bhirawa – Media Sosial)

Lyse Hext (Final Fantasy XIV)

karakter ponytail
© 2010 – 2020, SQUARE ENIX CO., LTD. All Rights Reserved. Final Fantasy XIV

Alasan singkat: Cakep sih mau gimana lagi :9

Alasan agak panjang: Lyse Hext adalah salah satu karakter dengan perkembangan karakter yang sungguh tidak terduga dan sangat menakjubkan. Berawal dari seorang anggota Scions of the Seventh Dawn yang memiliki sifat kekanakan, humoris, dan ceroboh, awalnya saya kira Lyse, atau yang pada waktu itu masih memakai nama Yda Hext, adalah karakter gag bahan lawakan dalam game FFXIV ini. Namun saat bermain hingga post-Heavensward, karena suatu kejadian akhirnya Lyse menunjukkan jati dirinya bahwa dia memiliki impian untuk membawa kemerdekaan pada tanah airnya dari cengkeraman jajahan kerajaan Garlemald.

Karakter yang sejak awal saya kira hanya karakter gag ternyata tiba-tiba menjadi karakter utama dari cerita Stormblood di mana Lyse bersama Warrior of Light memimpin sebuah gerakan revolusi untuk memerdekakan tanah airnya. Lyse adalah seorang pahlawan yang berjuang bagi kemerdekaan bangsanya, yang menyembunyikan pedih dan duka kengerian penjajahan di balik senyuman riang dan celetukan humornya, yang senantiasa ia haturkan untuk memberi semangat kepada rekan-rekannya bahwa dengan perjuangan, kemerdekaan kelak akan diraih. Seorang karakter yang berawal sebagai karakter gag, berkembang hingga menjadi pemimpin pasukan revolusi. Warna merah dari pakaian yang dikenakannya seakan-akan memberi pesan bahwa “Darah itu merah jend….”, tidak, bukan begitu maksudnya, namun warna merah tersebut seakan menyuarakan keberanian hati seorang Lyse yang terus membara demi tanah airnya tercinta. (Rafly Nugroho – KAORI Newsline)

Saaya Yamabuki (BanG Dream!)

karakter ponytail anime
© Bushiroad

Tokoh berkepala dingin dan woles yang berperan seperti “kakak” yang penolong bagi tokoh-tokoh lainnya. Tidak mudah baginya untuk menolak permintaan dari teman-temannya karena sifatnya yang baik hati. Singkat kata, Saaya benar-benar tipe oneesan. (V – KAORI Newsline dan Antek Bushiroad)

Signum (Lyrical Nanoha)

©NANOHA The MOVIE 2nd A’s PROJECT

Karakter ksatria yang desain karakternya memadukan elemen-elemen gagah dari armor dan senjatanya dengan sentuhan-sentuhan manis seperti rambut merah mudanya yang panjang dan diikat rapi. Sosok kakak yang gigih melindungi Hayate yang sudah menjadi keluarga tersayang. Juga dengan desainnya itu, dia karakter yang menyenangkan untuk digambar.(Halimun – The Indonesian Anime Times)

Tetora Bouhatei (Joshiraku)

©Kouji Kumeta・Yasu・Kodansha/Joshirakugokyoukai

Berbeda dari karakter-karakter lainnya di Joshiraku seperti Kukuru yang selalu muram atau Kigurumi yang memalsukan sifat polos dan kekanakan, Tetora tidak memiliki perwatakan yang menonjol. Bisa dibilang dia karakter yang paling “plain” di antara mereka, tapi bukan berarti dia jadi membosankan. Justru perwatakan ini membuat karakterisasinya bisa lebih luwes dalam berbagai situasi, menjadikannya seperti seseorang yang bisa saja pernah kita temui di mana saja. Tidak lupa, dia juga yang membuat saya berpikir bahwa ponytail yang pendek itu juga bisa manis. (Halimun – The Indonesian Anime Times)

Tokine Yukimura (Kekkaishi)

karakter ponytail anime
©2004 Yellow TANABE・Shogakukan

Heroine di komik shonen Kekkaishi karya Yellow Tanabe yang dibuat lebih tua dari tokoh utamanya, Yoshimori. Image-nya anggun dan berwibawa, tapi punya sisi nekat juga kalau tidak sedang mesti mengawasi Yoshimori yang lebih muda. Sebagaimana dikatakan oleh komikusnya sendiri, kuncir kudanya adalah salah satu poin appeal-nya sebagai karakter “kakak”. Ditambah lagi dalam komik shonen yang banyak aksi, banyak kesempatan untuk melihat kuncir kudanya yang panjang meliuk dan melambai. (Halimun – The Indonesian Anime Times)

Apakah ada karakter dalam daftar ini yang merupakan favorit #Kaoreaders juga? Atau adakah karakter berkuncir kuda lain yang lebih menarik bagi #Kaoreaders? Mari berkomentar di kolom komentar di bawah ini!

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.