Pada musim panas 2020 ini, Kanojo Okarishimasu telah diangkat menjadi anime. Karya manga dari Reiji Miyajima ini telah mendapat sambutan positif di kalangan otaku yang ada di Indonesia.

Kanojo Okarishimasu atau bisa disebut Rent A Girlfriend menceritakan tentang kehidupan Kazuya Kinoshita yang baru saja putus dengan Mami Nanami. Kazuya tidak bisa move on dari Mami sehingga ia mencoba aplikasi Diamond yang merupakan aplikasi rental pacar. Kazuya merental Mizuhara Chizuru agar ia dapat move on dari mantannya. Karena pertemuan pertama mereka membuat Kazuya ingin merentalnya lagi. Hingga suatu ketika nenek Kazuya masuk rumah sakit. Kazuya yang kebetulan sedang merental Chizuru terpaksa ikut membawa Chziuru ke rumah sakit. Neneknya Kazuya tidak percaya jika Kazuya sudah mempunyai pacar. Dari situlah kisah Mizuhara dan Kazuya di mulai.

Kini kita akan membahas apa saja sih dibalik keseruan dalam manga atau anime Kanokari. Bagi yang belum mengikuti anime dan/atau manga-nya, harap hati-hati karena tulisan ini mengandung spoiler.

Terpotongnya Chapter dari versi Manga-nya

kanokari kanojo okarishimasu
(©2020 Reiji Miyajima/TMS Entertaiment/Kanokari Project)

Potensi terpotongnya cerita pada versi adaptasi animenya sempat menjadi perdebatan di mana salah satu warganet menyatakan jika Sumi akan hadir dalam episode terakhir anime ini. Sebelumnya telah dikonfirmasi jika jumlah anime Kanokari berjumlah 12 Episode, sementara itu kemunculan Sumi Sakurasawa terjadi dalam manga chapter 42. Ketika tulisan ini dibuat, animenya saat ini telah memasuki episode ketiga yang mengadaptasi cerita dari chapter 7 hingga chapter 11. Namun, menurut saya kemungkinan terbesar akan ada chapter Kanokari yang tidak akan diangkat ke anime alias dilewatkan karena jumlah episode yang terbatas. Saya merasa jika  chapter 49 dari manga Kanokari cocok sebagai penutup season 1 animenya.

Nama Asli Mizuhara

anime kanojo okarishimasu
Bertemu Kembali
(©2020 Reiji Miyajima/TMS Entertaiment/Kanokari Project)

Nama asli Mizuhara Chizuru adalah Ichinose Chizuru. Tujuan memalsukan namanya adalah agar tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Namun, semuanya terbongkar ketika Kazuya bertemu dengan Chizuru di kampus. Bahkan Chizuru juga mengubah tampilannya jika berada di kampus.

Perang Rental Pacar Melawan Mantan

Inilah Mami, sang mantan (©2020 Reiji Miyajima/TMS Entertaiment/Kanokari Project)

Bagi yang sudah membaca manganya pasti akan mengerti siapa musuh yang sebenarnya di serial Kanojo Okarishimasu. Mami Nanami dalam manga Kanojo Okarishimasu digambarkan sebagai karakter penguntit. Semenjak Kazuya memiliki pacar (rentalannya), Mami cemburu karena Kazuya sempat mendapatkan pacar baru. Tidak hanya itu saja, Mami berniat untuk memutuskan hubungan Kazuya dan Chizuru. Selain itu juga dalam manga chapter 45, identitas asli Chizuru juga ketahuan oleh Mami. Saat itu Chizuru tengah disewa oleh seseorang yang bernama Maya. Namun, tidak lain sosok bernama Maya tersebut ialah Mami. Nama Maya ini juga diambil dari nama bayi yang akan diberikan pada anak Mami dan Kazuya jika mereka menikah. Terlihat di chapter berikutnya Chizuru terlihat tengah mendukung Kazuya. Berarti Chizuru sudah masuk ke dalam medan perang.

Kedua adalah Ruka. Ruka juga sempat bertemu dengan Mami di tempat kerjanya. Ruka melihat jika Kazuya dan Mami sangat akrab sehingga membuat dirinya sendiri cemburu. Ruka membela mati-matian Kazuya dan menghina Mami hingga Mami sendiri sebal. Ruka pun juga bergabung dalam pertempuran ini.

Terakhir adalah Sumi Sakurasawa. Sebelumnya tokoh Sumi akan dibuat serial komiknya tersendiri. Sumi juga terlihat sudah akrab dengan Mami. Namun saat ia melihat Kazuya dan Sumi jalan bersama itu malah membuat Mami makin jengkel. Sumi pun bergabung dalam perang.

Dengan adanya konflik seperti itu, menurut saya perang waifu dalam manga atau anime Kanojo Okarishimasu ini tidak berlaku sama sekali karena Chizuru, Sumi, dan Ruka terlihat berada di tim yang sama sedangkan Mami berada di tim posisi yang di mana ingin menjatuhkan mereka. Hal ini wajar karena Mami tidak ingin melihat Kazuya bahagia.

Momen Terbaik Kanokari

kanokari kanojo okarishimasu
Momen ketika (MK) Anda dicampakkan mantan…. (©2020 Reiji Miyajima/TMS Entertaiment/Kanokari Project)

Setiap orang pasti memiliki impian dan cita-cita yang bahkan di mana semua itu perlu usaha yang sangat keras dan pengorbanan. Hal ini juga ada dalam manga Kanokari.

Chizuru ternyata memiliki alasan mengapa ia menginginkan untuk bekerja rental pacar. Bagi yang sudah membaca manganya pasti tahu mengapa Chizuru bekerja sebagai pacar rental. Chizuru ingin sekali menjadi artis. Namun, setelah penampilan pertamanya Kazuya cukup terkesan dengan penampilan Chizuru. Chizuru memberitahu alasan yang sebenarnya pada Kazuya. Peran yang dimainkannya kurang menarik sehingga Chizuru menjadi sangat sedih. Kazuya pun berusaha untuk membantu Chizuru dan rela untuk merental dirinya agar Chizuru dapat menjadi artis sesuai dengan impiannya. Antara Chapter 99-100, Chizuru mendapatkan pesan bahwa ia ditolak dalam audisi. Ia hampir menyerah, apalagi ditambah neneknya yang sudah tidak akan berumur panjang. Chizuru menganggap ini adalah kegagalannya. Meski begitu Kazuya datang untuk menolongnya dan bersiap untuk mewujudkan mimpinya Chizuru.

Chapter 98 hingga 151 adalah momen di mana kita akan melihat kedekatan hubungan antara Chizuru dan Kazuya yang perlahan mulai saling menumbuhkan perasaan. Menurut saya di sinilah puncak dari manga Kanokari karena penuh dengan momen perjuangan mereka berdua yang emosional. Siang malam mereka bekerja bersama-sama menyebarkan pamflet downpayment untuk pembuatan film Chizuru dengan dibantu Ruka, Sumi, dan Yaemori. Benar-benar momen yang cukup emosional dan serasa ingin terus membaca manganya. Entah saya tidak tahu mau mengomentari apa lagi, karena bagi saya adegan ini cukup memainkan perasaan dan saya juga terkesan dengan perjuangan mereka.

Untuk momen komedi tentunya masih ada, hanya saja tidak selucu chapter-chapter sebelumnya. Bahkan bagi saya sendiri momen komedinya sudah tidak membuat saya tertawa.

Perkembangan Kazuya Kinoshita

Tidak lengkap jika tanpa adegan fanservice yang tidak disengaja (©2020 Reiji Miyajima/TMS Entertaiment/)

Kazuya sempat dianggap sebagai tokoh utama yang sampah. Setiap hari kerjaan Kazuya adalah… (kalian pasti tahu) sehingga kamar Kazuya penuh dengan tisu. Seiring berkembangnya cerita, Kazuya terlihat sudah mulai berubah, terutama hubungannya dengan Chizuru.

Dalam chapter 98 diceritakan saat itu Kazuya sedang kencan dengan Sumi. Kazuya curhat dengan Sumi mengenai temannya, yang tidak lain adalah Chizuru, yang di mana saat itu Nenek Chizuru sedang mengalami sakit keras dan masa hidupnya tinggal sedikit. Kazuya sendiri ingin menolong Chizuru, tapi ia tidak tahu apa yang harus ia lakukan. Dalam chapter ini Kazuya sendiri sudah memiliki perasaan pada Chizuru meski ia berada di posisi sedang berpacaran dengan Ruka. Bahkan dalam chapter sebelumnya seperti di chapter 52, Kazuya terlihat sangat kagum melihat penampilan Chizuru.

Setelah mendengar cerita Chizuru mengenai penampilannya yang tidak disorot oleh sutradara atau produser, pada chapter selanjutnya Kazuya memutuskan untuk terus menyewa Chizuru agar dapat melatih aktingnya dan mendukungnya menjadi artis. Memang dari chapter sebelum-sebelumnya Chizuru terlihat tsundere. Tapi makin lama Chizuru mulai memiliki rasa terhadap Kazuya (tetap tsundere, hanya saja tidak separah sebelumnya). Bisa dikatakan saat proses pembuatan film untuk Chizuru dan neneknya tersebut merupakan momen pendukung kedekatan hubungan antara Kazuya dan Chizuru. Bahkan Kazuya sendiri rela berkeliling mencari downpayment dan semua itu hanya untuk Chizuru dan semua perlu usaha yang benar-benar maksimal.

Selain kisah romcom-nya yang seru dan lucu, ternyata ada berbagai pesan-pesan ingin disampaikan oleh author kepada para pembacanya, seperti satu-satunya keluargamu karena kita tidak tahu kapan keluargamu akan pergi meninggalkanmu untuk selama-lamanya. Lalu juga ada raihlah mimpimu dan jangan sampai kalian menyerah.

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mengikuti seri Kanojo Okarshimasu?

Ditulis oleh Adi Suryo Nugroho | Artikel ini adalah pendapat pribadi dari sang penulis dan tidak berarti merefleksikan kebijakan maupun pandangan KAORI Nusantara.

KAORI Nusantara membuka kesempatan bagi pembaca untuk menulis opini tentang dunia anime dan industri kreatif Indonesia. Opini ditulis minimal 500-1000 kata dalam bahasa Indonesia/Inggris dan kirim ke halo@kaorinusantara.or.id.

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.