Gokushufudo: The Way of Househusband ialah komik karya Kousuke Oono, yang akhirnya dirilis secara resmi di Indonesia oleh penerbit Elex Media melalui imprint Level Comics. Komik ini pertama kali diterbitkan di Jepang pada tahun 2018.

Sinopsis

Alkisah, ada seorang yakuza bernama Tatsu yang dijuluki Immortal Tatsu, Sang Naga yang Tak Bisa Mati. Dialah yakuza terkuat yang pernah ada dan melahirkan berbagai legenda. Tapi suatu hari, dia menghilang begitu saja dari dunia hitam…. Dia memilih jalan hidup baru, yaitu menjadi seorang bapak rumah tangga setelah menikahi seorang perempuan bernama Miku! Bagaimana kisahnya menjadi bapak rumah tangga dan suami yang baik demi kekasihnya?

Penampilan Buku

Buku Gokushufudo disandingkan dengan figur Chiwa Harusaki

Volume pertama komik Gokushufudo akhirnya diterbitkan oleh Elex Media Komputindo melalui label imprint Level Comics di Indonesia. Dengan harga Rp 40.000,- , buku ini lebih lebar jika dibandingkan dengan komik-komik lain yang telah beredar lama (contohnya Naruto). Cover buku ini menggunakan kertas yang cukup tebal agar tidak gampang tersobek dengan sengaja, dan juga menggunakan finishing laminasi gloss untuk gambar karakter Tatsu.

Buku Gokushufudo disandingkan dengan figur Azusa Nakano

Isi dari bisa dibilang cukup tebal. Mengingat buku ini juga lebih lebar dari komik lain maka perbedaan ini dapat men-justifikasi harganya. Bagian isi dari komik ini (sampel yang saya dapatkan) sangat konsisten, dan tidak ada halaman yang cacat (seperti halaman yang hilang/toner yang hilang).

Advertisement Inline

Cerita dan Adaptasinya ke dalam Bahasa Indonesia

Penampakan isi dari buku Gokushufudo

Komik ini saya rasa merupakan salah satu komik yang memerlukan effort lebih untuk diterjemahkan, dikarenakan penggunaan ekstensif dari bahasa slang Yakuza yang terus menerus digunakan sebagai punchline dan referensi dalam komik ini. Dalam volume pertama ini, saya rasa para penerjemah telah berhasil menyampaikan inti cerita dan punchlinepunchline yang Tatsu dan teman-temannya gunakan. Salah satu slang yang digunakan ialah seperti “Rembang Pati”, salah satu bahasa sandi polisi yang artinya “Uang”.

Sebagai salah satu pengikut seri ini melalui website fan translation, saya merasa sangat senang bahwa komik ini telah diterbitkan secara resmi di Indonesia dan berhasil menceritakan ceritanya dengan misinterpretasi atau kesalahan minimal.

Ulasan Cerita

Volume pertama dari Gokushufudo berisi mengenai perkenalan terhadap siapa itu Tatsu, bagaimana reaksi orang-orang sekitar terhadap Tatsu, serta strategi Tatsu dalam menjalani kehidupan sehari-harinya menjadi seorang suami rumah tangga. Dalam awal cerita ini, kita dikenalkan kepada beberapa karakter penting yang akan sering muncul, yakni Tatsu sendiri sang mantan yakuza. Kemudian ada istri Tatsu, yakni Miku. Ia seorang desainer yang cukup populer, namun sifatnya saat berada di dekat Tatsu terkadang sangat ceroboh. Kemudian juga ada Masa, salah satu anggota keluarga yakuza Tatsu yang ia tinggalkan. Masa sangat bersikeras menarik kembali big brother-nya untuk kembali bergabung dengan dunia yakuza. Namun, Masa sangat tidak paham dengan hal-hal dasar seperti masak, dan mulai tertarik terhadap hal itu karena Tatsu mau mengajarkan hal tersebut.

Ceritanya dikemas dengan pacing yang cukup cepat, namun tidak membuat kewalahan karena minimnya eksposisi dan teks yang mengarahkan pembaca untuk lebih fokus terhadap ilustrasinya. Untuk memahami seluruh komedi di dalam komik ini, kita harusnya sudah mengetahui setidaknya hal-hal dasar tentang dunia yakuza, seperti apa itu keluarga dalam yakuza, bisnis-bisnis yakuza, dan lain lain.

Penutup

Gokushufudo: The Way of Househusband merupakan salah satu komik populer yang sangat enteng/mudah dibaca karena tidak terlalu banyak teks di dalamnya. Kurangnya teks bukanlah sebuah kelemahan dalam komik ini, karena porsi besar komedinya justru bergantung kepada visual dan dialognya yang beraksen. Komik ini sangat direkomendasikan bagi #Kaoreaders yang sedang mencari komik slice-of-life, komedi, yang menghibur dari awal hingga akhir chapternya.

KAORI Nusantara | Oleh Aulia Nabih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.