Tri Adi Setiawan: Seiyuu Kotaro Minami 2 Zaman yang Juga Seiyuu Sento Kiryu

0
masked rider black

Masked Rider Black, serial tokusatsu yang juga dikenal di Indonesia sebagai Satria Baja Hitam ini saat ini tengah ditayangkan melalui stasiun televisi Rajawali Televisi atau RTV. Bagi yang sempat ketinggalan setiap episodenya, kini RTV turut memublikasikan episode-episodenya secara berkala melalui akun youtube resmi Masked Rider Indonesia RTV. Adapun bagi yang ingin menyaksikannya secara berkala di televisi, RTV saat ini menayangkan Masked Rider Black setiap hari Senin sampai Jumat, pada pukul 19.30 WIB, di mana penayangannya rencananya akan berakhir pada hari Rabu, tanggal 14 Oktober 2020.

Sebagaimana lazimnya film-film Jepang yang ditayangkan di televisi Indonesia, dan sebagaimana penayangan Satria Baja Hitam di TV-TV sebelumnya, Masked Rider Black juga turut didubbing dalam bahasa Indonesia. Dan seperti kebanyakan anime dan tokusatsu yang ditayangkan di RTV, Studio Erfas juga dipercaya untuk mendubbing Masked Rider Black ke dalam bahasa Indonesia. Tri Adi Setiawan adalah seiyuu yang dipercaya untuk mendubbing sang karakter utama, Kotaro Minami ke dalam bahasa Indonesia.

Yang menarik, ini bukan pertama kalinya Tri Adi Setiawan mendubbing karakter Kotaro Minami. Pasalnya ketika Satria Baja Hitam ditayangkan oleh Indosiar pada tahun 2004 lalu, seiyuu dari Katsuki Bakugo dan Shoto Todoroki di anime My Hero Academia ini rupanya juga pernah dipercaya oleh pihak Indosiar untuk mendubbing Kotaro ke dalam bahasa Indonesia. Dan rupanya Tri Adi Setiawan juga sudah bukan lagi sosok yang asing dalam seri tokusatsu Kamen Rider. Seiyuu yang memulai debutnya pada tahun 1997 ini juga pernah mendubbing sejumlah karakter Kamen Rider seperti Shinji Kido di Kamen Ridder Ryuki, maupun sebagai Sento Kiryu di Kamen Rider Build.

Masked Rider Black atau dikenal di Jepang sebagai Kamen Rider Black, atau dulu dikenal di Indonesia sebagai Satria Baja Hitam sendiri memang merupakan serial Kamen Rider yang cukup sering ditayangkan di Indonesia. Seri tokusatsu ini sendiri sebelumnya juga pernah ditayangkan di Indonesia pada tahun 1991 lalu melalui stasiun televisi RCTI, di mana pada saat itu karakter Kotaro Minami awalnya didubbing ke dalam bahasa Indonesia oleh Ario Sugiharto, untuk kemudian diganti oleh Adang Sudarto. Kemudian pada tahun 2004, Indosiar menayangkan ulang Satria Baja Hitam, di mana Kotaro didubbing oleh Tri Adi Setiawan. Kini hampir 2 dekade setelahnya, RTV kembali menayangkannya, di mana Tri Adi Setiawan kembali dipercaya untuk mendubbing Kotaro. Hanya saja berbeda dengan versi RCTI dan Indosiar, terdapat perbedaan untuk penayangan versi RTV, di mana Satria Baja Hitam kini disebut sebagai Masked Rider Black, dan nama-nama jurus yang dahulu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia eperti “Mantra Aji/Berubah”, “Pukulan Maut”, dan “Tendangan Maut” kini disesuaikan sesuai dengan versi aslinya menjadi “Henshin”, “Rider Punch”, dan “Rider Kick”. Menurut Tri Adi Setiawan, sebagaimana dituturkan olehnya olehnya dalam video yang direkam oleh rekannya sesama seiyuu, Darmawan “Aji” Susanto, hal ini dikarenakan tuntutan naskah, di mana dirinya cukup berdialog sesuai dengan naskah yang sudah tersedia.

Masked Rider Black sendiri berkisah mengenai Kotaro Minami (diperankan oleh Tetsuo Kurata) yang berubah menjadi Kamen Rider Black atau Satria Baja hitam, dalam menghadapi organisasi jahat bernama Gorgom yang ingin menguasai dunia dan menimbulkan kekacauan di masyarakat. Selain serial tokusatsunya, di Indonesia dahulu juga pernah ada serial kaset drama Satria Baja Hitam, di mana karakter Kotaro Minami diperankan oleh Ferry Fadly. Selain itu Bonar yang menjadi seiyuu dari Baraom juga pernah mendubbing Kotaro Minami versi tua dalam movie Kamen Rider Decade pada tahun 2013 lalu.

KAORI Newsline | Photo & Video courtesy of Aji Darma Susanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.