Rudi Sukistiyono: Seiyuu Shadow Moon di RTV yang Juga Pernah Menjadi Eiji Hino

0
shadow moon

Masked Rider Black, serial tokusatsu yang juga dikenal di Indonesia sebagai Satria Baja Hitam ini saat ini tengah ditayangkan melalui stasiun televisi Rajawali Televisi atau RTV. Bagi yang sempat ketinggalan setiap episodenya, kini RTV turut memublikasikan episode-episodenya secara berkala melalui akun youtube resmi Masked Rider Indonesia RTV. Adapun bagi yang ingin menyaksikannya secara berkala di televisi, RTV saat ini menayangkan Masked Rider Black setiap hari Senin sampai Jumat, pada pukul 19.30 WIB, di mana penayangannya rencananya akan berakhir pada hari Rabu, tanggal 14 Oktober 2020.

Sebagaimana lazimnya film-film Jepang yang ditayangkan di televisi Indonesia, dan sebagaimana penayangan Satria Baja Hitam di TV-TV sebelumnya, Masked Rider Black juga turut didubbing dalam bahasa Indonesia. Dan seperti kebanyakan anime dan tokusatsu yang ditayangkan di RTV, Studio Erfas juga dipercaya untuk mendubbing Masked Rider Black ke dalam bahasa Indonesia.Salah saatu seiyuu yang ikut bermain di sini adalah Rudi Sukistiyono alias Ruddy Bonham yang dipercaya untuk mendubbing karakter Nobuhiko Akizuki alias Shadow Moon.

Rudi Sukistiyono, atau juga dikenal sebagai Ruddy Bonham sendiri adalah seiyuu yang memulai debutnya sebagai seorang seiyuu pada tahun 2000, dan sudah banyak mengisi suara sejumlah serial anime yang tayang di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sebagai Takumi Fujiwara dari anime Initial D hingga Ichigo Kurosaki dari anime Bleach. Bahkan ia juga pernah mendubbing Spongebob dalam serial Nickleodeon Spongebob Squarepants. Rudi Sukistiyono sendiri juga aktif menjadi seiyuu di Sturio Erfas yang merupakan langganan mendubbing serial anime dan tokusatsu di RTV. Hal ini menjadikan suaranya akrab terdengar di sejumlah serial anime maupun tokusatsu yang tayang di RTV, dari mulai Super Sentai, Kamen Rider, hingga Power Rangers, dan hampir dipastikan ia juga akan turut berperan di entah serial anime atau tokusatsu apa lagi yang akan ditayangkan oleh RTV ke depannya.

Bagi para fans yang kerap kali menonton serial anime maupun tokusatsu yang tayang di RTV, suaranya kerap kali terdengar dalam sejumlah judul seperti Kamen Rider Ex-Aid sebagai Emu Hojo, Kyuuranger sebagai Naga Ray, Lupin Ranger vs Patranger sebagai Good Striker & Jackpot Striker, hingga Power Rangers Ninja Steel sebagai Preston. Selain itu Rudi Sukistiyono juga pernah mendubbing Eiji Hino dalam Kamen Rider OOO yang ditayangkan oleh Indosiar pada tahun 2014 lalu.

Masked Rider Black atau dikenal di Jepang sebagai Kamen Rider Black, atau dulu dikenal di Indonesia sebagai Satria Baja Hitam sendiri memang merupakan serial Kamen Rider yang cukup sering ditayangkan di Indonesia. Seri tokusatsu ini sendiri sebelumnya juga pernah ditayangkan di Indonesia pada tahun 1991 lalu melalui stasiun televisi RCTI, di mana pada saat itu karakter Nobuhiko Akizuki awalnya didubbing ke dalam bahasa Indonesia oleh Bonar yang saat ini menjadi seiyuu dari Baraom juga pernah mendubbing Kotaro Minami versi tua dalam movie Kamen Rider Decade pada tahun 2013 lalu. Saat itu sosok Shadow Moon yang menjadi “kembaran” dari Masked Rider Black sendiri dikenal dengan nama Bayangan Hitam. Kemudian pada tahun 2004, Indosiar menayangkan ulang Satria Baja Hitam, Shadow Moon didubbing oleh Ferry Kurniawan.

Masked Rider Black sendiri berkisah mengenai Kotaro Minami (diperankan oleh Tetsuo Kurata) yang berubah menjadi Kamen Rider Black atau Satria Baja hitam, dalam menghadapi organisasi jahat bernama Gorgom yang ingin menguasai dunia dan menimbulkan kekacauan di masyarakat. Selain ditayangkan di televisi, RTV juga menayangkan Masked Rider Black melalui youtube.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.