Perdana Menteri Yoshihide Suga Berpidato Sambil Membawa-Bawa Referensi Kimetsu no Yaiba

0
kimetsu no yaiba
Gambar hanyalah ilustrasi

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba memang merupakan fenomena tersendiri. Film layar lebarnya yang telah dirilis di Jepang sejak tanggal 16 Oktober 2020 lalu tercatat telah meraup keuntungan hingga 10 miliar Yen atau sekitar 1,4 triliun Rupiah, dengan jumlah penonton sebanyak hampir 8 juta penonton, atau sekitar 6 persen dari total penduduk Jepang, dan keuntungannya masih akan terus bertambah. Tak lupa lagu temanya yang dinyanyikan oleh LiSApun juga sukses besar. Bahkan sutradara sekaliber Makoto Shinkaipun sempat terkejut dan berdecak kagum atas kesuksesannya. Seri anime dan komiknya sendiri memang cukup populer dan sukses besar. Bahkan di Indonesiapun komiknya juga telah tercatat sebagai best seller.

Rupanya fenomena Kimetsu no Yaiba ini juga disadari oleh Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, hingga ia membawa-bawa referensi Kimetsu no Yaiba saat berpidato dalam sesi rapat di parlemen baru-baru ini. Syahdan saat rapat tersebut, Yoshihide Suga tengah merespon komentar dari anggota Partai Demokratik Konstitusional Jepang, Kenji Eda. Partai Demokratik Konstitusional Jepang sendiri merupakan oposisi di parlemen Jepang. Meskipun begitu, baik Suga maupun Eda sebelumnya merupakan kolega di masa lalu, dan hubungan mereka berdua sampai saat ini masih baik satu sama lain.

Dalam sesi rapat tersebut, Eda yang merupakan oposisi ini menuturkan bahwa dirinya merasa terheran-heran bahwa kini ia harus “melawan” Suga yang merupakan koleganya di masa lalu. Menanggapi hal ini, Suga merespon sambil menyebutkan bahwa ia akan merespon pernyataan Eda tersebut sambil mengonsentrasikan pernafasannya, merujuk pada teknik Zen Shuchu no Kokyu atau teknik Total Concentration Breathing yang ada di dalam komik Kimetsu no Yaiba.

Pernyataan Yoshihide Suga yang merujuk sebuah teknik pernafasan dari komik Kimetsu no Yaiba ini kontan saja menjadi viral di Jepang. Bahkan pernyataan ini juga direspon oleh Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato yang menyadari bahwa pernyataan Perdana Menteri Suga tersebut merujuk pada teknik pernafasan di komik karya Koyoharu Gotouge tersebut. Meskipun begitu, ia tidak terlalu tahu apakah Perdana Menteri Suga membaca komik tersebut atau tidak.

Baca juga:

Produser Kimetsu no Yaiba Berbagi Cerita Mengenai Kesuksesan Animenya

KAORI Newsline | Sumber: Asahi Shimbun, Comicbook.com, Otaku USA, & Anime News Network

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.