Takhta ialah komik karya Kathrinna Rakhmavika dan Kello, yang dirilis oleh penerbit KOSMIK. Komik ini sendiri ditulis oleh Kathrinna Rakhmavika dan digambar Kello Rayder. Komik ini sendiri merupakan bagian dari lini Dark Matter, sebuah terobosan dari KOSMIK untuk menghadirkan komik bertema dewasa dengan tone yang lebih serius, dan memiliki bobot cerita yang cukup dewasa dan sensitif, bahkan kontroversial. Komik ini sendiri bisa dibaca secara online melalui laman Karyakarsa dari Dark Matter.

Sinopsis

Seorang penyusup cerdik menyelinap ke dalam kapar pesiar mutakhir Welenrenge yang membawa 200 remaja terbaik negeri untuk menghadiri acara penghargaan Pelajar Mahadaya Nasional yang diselenggarakan di sebuah pulau di timur Indonesia.

Namun, hal yang tak terduga terjadi selama perjalanan mereka yang mengubah sang penyusup menjadi kunci penting atas keselamatan mereka semua.

Siapakah dia, dan apa tujuannya?

Ulasan Cerita

Komik Takhta menurut saya merupakan salah satu komik yang ditulis dengan mempertimbangkan hal-hal di dunia nyata, atau bisa dibilang grounded in reality. Dalam lima chapter pertama yang saya terima untuk ulasan ini, saya rasa penulis berhasil menciptakan sebuah cerita yang di mana pacingnya tidak terburu-buru, namun juga tidak lambat sehingga pembaca bosan. Sang illustrator yang menggambar komik ini juga telah berhasil mentranslasikan cerita sang penulis menjadi sesuatu yang bisa saya secara pribadi nikmati, sebagai penikmat berbagai macam genre komik yang ada di dunia sekarang.

Screenshot K
Character Cast Komik yang cukup diverse membuat saya tertarik

Salah satu faktor yang membuat saya terkejut ketika membaca ialah, keputusan sang penulis untuk menggunakan cast yang sangat diverse di komik Takhta. Saya tidak berekspektasi bahwa 200 siswa yang terlibat dalam ekspedisi ini adalah siswa-siswa dari seluruh Indonesia. Sang penulis juga mengimplementasikan bahasa daerah masing-masing karakter ke dalam dialog mereka. Harapan saya untuk ke depannya (karena saya baru sampai pada chapter lima, pada saat ulasan ini dibuat) ialah sang penulis mampu untuk menggunakan potensial diverse cast yang ia buat secara optimal, namun tidak dalam pandangan yang “memaksakan” unsur cerita tersebut. Secara umum, saya cukup senang saat membaca komik ini.

Penutup

Objection! hehe, maaf Uni

Takhta merupakan komik lokal Indonesia pertama yang saya baca setelah bertahun-tahun tidak menyentuh topik ini. Bisa dibilang, saya merasa senang, bahwa dunia perkomikan Indonesia terus berkembang, dan berharap bahwa karya-karya yang dihasilkan akan semakin bagus dan berkembang secara popularitasnya. Komik ini direkomendasikan bagi #Kaoreaders yang sedang mencari komik yang berisi mengenai politik, bertahan hidup, serta misteri.

KAORI Nusantara | Oleh Aulia Nabih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.