BAGIKAN
kosmik

Masih ingat dengan majalah komik KOSMIK? Setelah berhenti terbit pada akhir tahun 2017 lalu, KOSMIK sebenarnya masih “hidup” dengan mengelola sejumlah komik-komiknya di platform digital. Kini, mereka juga akan hadir kembali dalam dua buah proyek baru yang diberi nama DARK MATTER dan PROJEK (Program Jelajah Komik).

DARK MATTER merupakan label baru dari KOSMIK yang fokus menerbitkan buku komik bertema dewasa dengan tone yang lebih serius. Sesuai dengan deskripsinya, komik-komik yang diterbitkan di bawah label Dark DARK MATTER akan memiliki bobot cerita yang cukup dewasa dan sensitif, bahkan kontroversial. Hal ini diakui sendiri oleh Sunny Gho sang dedengkot Kosmik, sekaligus penggagas DARK MATTER, sebagaimana disampaikan melalui akun twitternya.

Contoh halaman komik
Advertisement Inline

Untuk judul pertamanya, KOSMIK menggandeng penulis Aji Prasetyo (pengarang Si Buta Dari Gua Hantu, Hidup Itu Indah, Teroris Visual) dan Kriswantowhy (Komikus Ranggi, Destined, Hurdles) sebagai ilustrator untuk memproduksi sebuah komik yang terinpirasi kisah nyata tentang orang-orang berkekuatan supernatural yang diburu PETRUS, operasi rahasia bentukan pemerintah Indonesia di awal 80an.

Nana, komikus PROJEK Kosmik

Sementara itu, PROJEK, atau Program Jelajah Komik merupakan program knowledge-sharing di mana KOSMIK akan membagikan tips-tips pembuatan komik secara fun lewat kombinasi komik, podcast dan pertemuan offline. KOSMIK menggandeng Kathrinna Rahmavika (komikus Mera Puti Emas dan Gastronomale) yang sudah berpengalaman dalam membuat komik edukatif sekaligus akan menjadi host podcast KOSMIK.

Work in progress komik untuk PROJEK

Proyek DARK MATTER dan PROJEK sendiri dijalankan melalui platform Karyakarsa, sebuah platform apresiasi kreator di mana fans bisa langsung memberi dukungan ke kreator favorit mereka melalui sistem tipping atau berlangganan bulanan. KaryaKarsa sendiri merupakan platform pendanaan lokal berbasis fans semacam Patreon. Kosmik berkomitmen untuk memproduksi setidaknya 2 judul komik DARK MATTER dengan jumlah minimal 10 chapter dalam setahun dan konten PROJEK setiap minggu selama 6 bulan. Rencananya kedua proyek ini akan diluncurkan secara perdana pada buan Agustus 2019 mendatang. Para penggemar Kosmik juga bisa turut berpartisipasi dengan menjadi “patron” bagi proyek terbaru Kosmik ini di KaryaKarsa.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.