m bloc space

Pada bulan Oktober ini tiga perusahaan yang bergerak di bidang komik yaitu CIAYO Comics, Kosmik, dan PIONICON mendirikan Pop Culture Hub pertama di Indonesia dengan nama Connectoon. Connectoon adalah ruang yag menghubungkan para pelaku dan penikmat budaya pop, khususnya komik dan IP, untuk saling berkolaborasi, berkreasi, dan tumbuh bersama sebagai sebuah komunitas.

Tiga founder dari ketiga perusahaan pendiri Connectoon sadar di Indonesia belum ada ruang fisik yang bisa memfasilitasi pelaku dan penikmat budaya pop. Dengan hadirnya Connectoon, penggemar budaya pop di Indonesia tidak lagi kesulitan mencari tempat di mana mereka bisa melihat produk IP terkemuka karya kreator lokal khususnya dalam bentuk komik dan juga merchandise turunan lainnya.

Tidak hanya itu, Connectoon juga membantu para kreator untuk mendistribusikan karya melalui tokonya. “Kami menyediakan tempat bagi para produsen komik lokal untuk menjual karyanya dengan biaya konsinyasi yang lebih bersahabat.” Terang Sunny Gho, CEO Kosmik, perusahaan penerbit komik cetak dengan kualitas papan atas.”Pada akhirnya tempat ini bukan sekedar tempat jualan saja. Tapi juga tempat berkumpul antar kreator dan penikmat, antar kreator dan kreator, juga antara calon kreator dengan tutornya.” kata Faza Meonk, CEO PIONICON, perusahaan yang melahirkan dan mengembangkan IP-IP terkemuka di Indonesia. Untuk menjawab tantangan untuk ruang antara calon kreator dengan tutornya, Connectoon mempersiapkan Connectoon Academy, sebuah sistem pendidikan untuk calon kreator yang dibimbing langsung oleh pelaku webcomic di Indonesia dan lulusannya berpeluang bekerja di CIAYO Comics, Kosmik, dan PIONICON.

Advertisement Inline

This slideshow requires JavaScript.

Ketiga pendiri perusahaan yakin dengan dibuka dan diresmikannya Connectoon akan membawa antusiasme dan ruang baru bagi budaya pop dan industri komik di negeri ini. Victorio Primadi, CEO CIAYO Comics merangkumnya, “Tempat ini bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman sesama industri kreatif, bahwa ke depannya harus lebih banyak tempat seperti ini. Tempat-tempat baru untuk lini-lini industri kreatif lainnya di Indonesia.”

Masih banyak kegiatan kolaboratif lain di tempat ini, seperti Connectoon Talks, forum terbuka setiap akhir pekan di mana para pelaku industri komik di Indonesia bisa saling bertemu dan berbagi ilmu juga pengalaman. Komunitas budaya pop dan komik lainnya juga diundang untuk datang dan memanfaatkan ruang di Connectoon Creators Space sebagai platform pertemuan komunitas dan menjadi kesempatan baik untuk mereka saling bertemu dan memajukan industri kreatif Indonesia.

Yang kami harapkan, tempat ini bisa jadi hub bagi penikmat, kreator, dan industri budaya pop Indonesia. Juga menjadi landmark budaya pop di kota Jakarta.” Tutup Faza Meonk.

Connectoon bisa dikunjungi di M Bloc Space Jl. Panglima Polim no 37D Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.