Koordinator Dubbing Anime Naruto dan Boruto di GTV Berbagi Cerita Mengenai Pengalamannya

0
naruto

Boruto Uzumaki, kisah petualangan dari sosok putra dari Naruto Uzumaki yang ditayangkan di Indonesia melalui GTV sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, akan berlanjut lagi episodenya. Hal ini dikonfirmasikan oleh Hardi yang merupakan seiyu dari karakter Mitsuki versi bahasa Indonesia, di mana dalam status di media sosial dan video akun youtubenya, ia memperlihatkan foto dan video dirinya yang tengah menunjukkan dubbing untuk episode ke-104 hingga 156 dari anime tersebut. Episode terbaru ini awalnya akan ditayangkan di GTV mulai tanggal 23 November 2020 lalu, dan ditayangkan setiap pukul 17.00 WIB. Namun belakangan jadwal tersebut diundur sampai waktu yang belum ditentukan akibat belum siap semuanya episode-episode baru yang akan ditayangkan tersebut.

Atas permasalahan ini, dan juga menanggapi keluhan dari para fans, Hardi yang merupakan seiyu dari Mitsuki, dan seringkali berbagi cerita mengenai praktek dubbing anime di akun youtube resminya tersebut mencoba mewawancarai pihak koordinator anime Boruto. Melalui akun youtubenya, Hardi sempat memublikasikan video wawancaranya dengan Imam Antero yang merupakan salah satu tim koordinator dubbing dari anime Naruto dan Boruto. Koordinator yang akrab disapa Ero tersebut mulai menangani dubbing anime Naruto sejak anime SD/chibi Naruto & Rock Lee pada tahun 2015 lalu, dan berlanjut pada anime Naruto Shippuden, dan berlanjut hingga Boruto sekarang. Dalam video wawancaranya ini, Ero banyak berbagi cerita mengenai pengalamannya menangani dubbing anime Naruto dan Boruto seperti pemilihan jajaran seiyu, manajemen dan pemilihan peran, terutama untuk peran-peran multiple cast, pola episode di Boruto, keputusan untuk menyebut nama-nama jurus yang kini menggunakan nama asli Jepangnya, tidak seperti sebelumnya di mana nama-nama jurus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, perbedaan intonasi di film bahasa Inggris dengan film berbahasa Jepang, dan tentu saja pertanyaan yang paling banyak ditanyakan fans, yaitu kapan Boruto akan lanjut lagi penayangannya di GTV. Intip video wawancaranya berikut ini:

Terdapat beberapa fakta-fakta menarik dalam pengalaman Ero menjadi tim koordinator dubbing anime Naruto dan Boruto, seperti praktek pemilihan seiyu lepas untuk sejumlah karakter tertentu. Praktek ini cukup jarang dilakukan dalam praktek dubbing anime di Indonesia, di mana anime-anime yang didubbing di televisi Indonesia, umumnya sejak awal sudah memiliki jajaran seiyu yang “fix”, di mana kalau ada karakter baru di episode-episode selanjutnya, biasanya akan di-multiple cast dengan seiyu yang sudah ada. Namun rupanya di anime Naruto Shippuden, ada sejumlah seiyu yang didatangkan khusus untuk mendubbing satu karakter tertentu, untuk kemudian berakhir perannya setelah karakter yang bersangkutan tidak muncul lagi. Hal ini pernah dilakukan untuk karakter Hagoromo yang diperankan oleh Solihin Bumi, ataupun Kaguya yang diperankan oleh Aish Daeng Mizuki. Selain itu Ero juga membeberkan perbedaan filosofi antara kisah Naruto dengan kisah Boruto.

Boruto sendiri adalah anak dari Naruto Uzumaki sang ninja legendaris karya Masashi Kishimoto. Kisah petualangannya dituturkan dalam sebuah komik berjudul Boruto yang merupakan sekuel dari komik Naruto, dan digambar oleh Mikio Ikemoto, yang sebelumnya bertanggung jawab sebagai asisten Masashi Kishimoto di komik Naruto terdahulu dengan naskah ditulis oleh Ukyo Kodachi yang sebelumnya menulis novel tentang Gaara dan sempat terlibat dalam pembuatan Boruto the Movie lalu. Adapun Masashi Kishimoto sendiri bertindak sebagai supervisi atas proyek komik ini. Komik inipun telah berjalan di Jepang sejak tahun 2016 lalu, dan telah diterbitkan di Indonesia penerbit Elex Media Komputindo. Animenya juga diputar di Indonesia melalui stasiun televisi GTV (dahulu bernama Global TV).

Berikut adalah susunan seiyu yang akan turut mendubbing episode-episode terbaru ini:

boruto

Marin sebagai Boruto Uzumaki & Kurenai Sarutobi

naruto

Jane Leisilla Zahara sebagai Hinata Uzumaki, Sakura Uchiha, & Sumire Kakei

hana bahagiana
Photo courtesy of Hana Bahagiana

Hana Bahagiana sebagai Naruto Uzumaki & Metal Lee

boruto

Ladi Carmelita Novita sebagai Chocho Akimichi & Himawari Uzumaki

Mayadifka Difka sebagai Sarada Uchiha & Tenten

Mohammad Romli sebagai Sasuke Uchiha & Onoki

Bima Sakti

Bima Sakti sebagai Orochimaru, Kurama, & Inojin Yamanaka

Salman Borneo sebagai Shikamaru & Shikadai Nara

Jeffry Sani sebagai Iwabee Yuino

Harry Suseno sebagai Konohamaru, Kuu, & Killer B

Hardi sebagai Mitsuki, Sai, Rock Lee, & Gaara

Naruto adalah komik karya Masashi Kishimoto, yang pertamakali diterbitkan di Jepang melalui Weekly Shonen Jump pada tahun 1999. Ditulis berdasarkan cerita pilot berjudul sama yang ditulis oleh Kishimoto pada tahun 1997 melalui majalah Akamaru Jump, komik ini bercerita mengenai petualangan Naruto Uzumaki seorang Ninja yang bercita-cita menjadi pemimpin di negaranya dan meraih sambutan yang luas dan kesuksesan bahkan di luar Jepang. Kesuksesan serialnya telah diangkat ke dalam serial Anime sejak tahun 2002. Komik ini sendiri sudah tamat tahun 2016 lalu.

Baca juga:

Masashi Kishimoto Kini “Turun Gunung” Menggarap Cerita Boruto

KAORI Newsline | Courtesy of Hardi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.